2 Jenis Kata Majemuk dan 6 Contohnya

Diposting pada

Jenis Kata Majemuk

Kata mejemuk pada dasarnya dibagi atas 2 jenis. Yaitu bisa diklasifikasikan berdasarkan unsur pembentuk dan berdasarkan pembentukan kata. Meskipun begitu tak jarang banyak diantara kita kurang mengetahui jenis kata majemuk tersebut.

Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini, akan mengupas tentang jenis kata majemuk beserta contoh kepenulisannya.

Daftar Isi

Kata Majemuk

Kata majemuk adalah gabungan yang terdiri dua kata (morfem) sehingga pada akhirnya menghasilkan kata dengan makna baru. Dimana kata ini sendiri mempunyai pola khusus yang membedakannya dengan frasa. Sehingga penggunannya legal untuk beragam jenis karya tulis ilmiah, essay, ataupun artikel.

Jenis Kata Mejemuk

Untuk pembagian jenis kata majemuk. Antara lain;

  1. Berdasarkan Unsur Pembentuk

Macam kata majemuk yang dilihat berdasarkan unsur pembentuknya. Antara lain;

  1. Kata majemuk setara adalah kata majemuk yang unsur-unsur  pembentuknya memiliki kedudukan  yang sama. Contohnya saja dalam kalimat kaki tangan, tanah air, remuk redam, dan mencumbu rayu.
  2. Kata majemuk tak setara adalah bagian kata majemuk yang dibentuk dari unsur-unsur kata tak setara. Salah satu unsur kata majemuk itu kedudukannya lebih tinggi daripada  yang  lain. Contohnya saja kamar mandi, meja hijau, kapal terbang, tangan kanan, kambing hitam, kamar tidur.
  3. Kata majemuk yang salah satu bentuk komponen berbentuk unik. Contohnya saja seperti simpang siur, gelap gulita, dan tua renta.
  1. Berdasarkan Pembentuk Kata

Jenis kata majemuk jikalau dilihat berdasarkan pembentuk kata, yaitu:

  1. Kata majemuk yang membentuk kata kerja. Contohnya saja seperti adu domba, temu wicara, dan adu argumen.
  2. Kata majemuk yang membentuk kata benda.  Contohya saja seperti air terjun, sapu tangan, dan saksi mata.
  3. Kata majemuk yang membentuk kata sifat. Contohnya dalam kaliat darah tinggi, ringan tangan, dan lanjut usia.

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis kata majemuk beserta contohnya lengkap. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari referensi tentang kata majemuk.

Rate this post