Pengertian Pramuka Penggalang, Syarat, dan Kode Kehormatannya

Diposting pada

Pramuka penggalang ialah bagian daripada gerakan pramuka yang ditentukan berdasakan jenjang pendidikan dan usia. Sehingga dalam kaidahnya sendiri ketentuan pramuka penggalang hampir tersedia diseluruh institusi pendidikan di Indonesia.

Meskipun diakui ataupun tidak, adanya katagori dalam arti pramuka penggalang ini memiliki batasan-batasan mengapa mereka tergolong sebagai pramuka penggalang. Salah satunya dilihat dari segi usa yang minimalnya beusia 11 sampai dengan 15 Tahun. Oleh karena itulah, sebagai ulasan lebih lanjut akan memberikan ulasan mengenai pengertian pramuka penggalang dan kode kehormatannya.

Daftar Isi

Pengertian Pramuka Penggalang

Pramuka penggalang adalah tingkatan kelompok kedua dalam urutan gerakan pramuka di Indonesia. Dimana cangkupan dalam pramuka penggelang dikhusunkan untuk pelajar yang berusia 11 sampai 15 tahun, maka semua gerakan pramuka yang berusia 11 tahun lebih disebut penggalang.

Pramuka Penggalang
Pramuka Penggalang

Disisi lainnya, kata penggalang sendiri diambil dari suatu peristiwa besar bangsa Indonesia. Peristiwa tersebut ialah “Sumpah Pemuda”. Penggalang diambil dari sari kata“Penggalangan pemuda” pada saat kongres pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Syarat Pramuka Penggalang

Untuk batasan yang menjadi syarat katgeori dalam pramuka penggalang. Antara lain;

  1. Pramuka penggalang penyebutan untuk seseorang anak yang berada di jenjang pendidikan SD/MI sampai di jenjang pendidikan SMP (Sekolah Menengah Pertama)
  2. Batas usia penyebutan dalam pramuka penggalang antara lain berada di diatas 11 tahun sampai 15 tahun

Kode Kehormatan Pramuka Penggalang

Kode Kehormatan yang dimiliki oleh pramuka penggalang sejatinya sama dengan pramuka siaga, yaitu;

  1. Memakai Tri Satya
  2. Dasa Darma

Namun, disisi lainnya. Perbedaannya disini jikalau Pramuka Penggalang memakai Tri Satya sedangkan Pramuka Siaga memakai istilah Dwi Satya.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai pengertian pramuka penggalang dan kode kehormatannya semoga ulasan ini dapat memberikan pemahamn bagi siapapun yang sedeng mencari referensi mengenai pramuka penggalang. Trimakasih,

Rate this post