7 Pengertian Konservasi Menurut Para Ahli dan Tujuannya

Diposting pada
Pengertian Konservasi Menurut Para Ahli
Pengertian Konservasi Menurut Para Ahli

Konservasi menjadi istilah penting bagi pelestarian lingkungan, dimana konservasi ini juga banyak dipelajari dalam semua disiplin ilmu, baik sosial ataupun eksakta. Secara sederhananya konservasi diartikan sebagai suatu upaya yang dilakukan manusia untuk mengelola sumber  daya  alam secara bijaksana dengan berpedoman atas pelestarian lingkungan.

Disisi lainnya, konservasi secara khusus diatur dalam Undang-Undang pasal 1 nomor 5 Tahun 2005 tentang  Konservasi  Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam tulisan ini akan mengraikan pengertian koservasi.

Konservasi

Koservasi adalah upaya yang dilakukan manusia untuk menjaga kelestarian alam secara berkesinambungan baik dari segi mutu atau jumlahnya, agar sekiranya SDA (Sumber Daya Alam) yang ada dapat ikut dirasakan oleh genrasi mendatang.

Pengertian Konservasi Menurut Para Ahli

Adapun definisi konservasi menurut para ahli, diantaranya;

  1. Adishakti (2007)

Menurutnya, pengertian konservasi adalah suatu proses pengolahan tempat, ruang, objek agar memiliki makna kultural yang didalamnya dapat terpelihara dengan berorientasi pada sumber daya alam.

  1. Mochamad Hadi

Menurutnya, arti konservasi adalah penghematan yang dilakukan dalam penggunaan Sumber Daya Alam (SDA) yang berdasarkan hukum alam

  1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Mengartikan, jika konservasi adalah pengelolaan yang dilakukan terhadap sumber daya alam dengan acarayang  bijaksana, sehingga dapat menjamin  kesinambungan  persediaan dan kualitas nilai dan keragamannya.

  1. Margaretha

Pengertian konservasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menjaga Sumber Daya Alam (SDA) dari kerusakan, kehancuran, kepunahan, dan lain sebaginya.

  1. Narton

Sebagai ahli biologi, ia mengatakan jika konservasi adalah penyesuaian terhadap mekanisme alam untuk tujuan kehidupan.

  1. IUCN

Menurutnya, definisi dari konservasi adalah kegiatan mamanajemankan kehidupan manusia dan sumber daya alamnya sehingga dapat dipertahakan atau dilestarikan bagi kehidupan.

  1. Alison Backer

Makna konservasi adalah proses yang dilakukan dengan berkesinambungan terhadap sumber daya alam, sehingga dapat bertahan dan dipergunakan oleh generasi sekarang atau generasi masa depan.

Tujuan Konservasi

Tujuan dilakukannya konservasi. Antara lain;

  1. Konservasi bertujuan untuk preservasi artinya suatu upaya untuk perlindungan SDA (Sumber Daya Alam) terhadap segala bentuk eksploitasi komersial.
  2. Koservasi bertujuan untuk restorasi, yakni koreksi atas kesalahan masa lalu yang dinilai membahayakan produktivitas SDA (Sumber Daya Alam).
  3. Konservasi dilakukan untuk penggunaan SDA seefesien mungkin, agar kiranya genrasi penerus dapat ikut merasakan kekayaan Sumber Daya Alam.
  4. Konservasi dilakukan untuk mencari soslusi atas sumber daya alam  yang dinilai menggurang atau menipis.
Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat di ambil kesimpulan, jika konservasi adalah suatu kegiatan pelestarian lingkungan agar memiliki implikasi dalam mempertahankan sumber daya alam. Adapun pernting untuk dipahami pula jika konsevasi ini memiliki beberapa tujuan yang setidaknya menjadi alasan mengapa harus dilakukan. Salah satunya ialah menggunaan keyayaan alam dengan efesien mungkin.

Demikianlah pembahasan menganai pengertian konservasi menurut para ahli. Semoga pengertian konservasi ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari referensi mengenai “konservasi”

Rate this post