Bimbingan Konseling di SD (Sekolah Dasar) Lengkap

Diposting pada

indonesiastudents.com– Bimbingan yang terjadi di sekolah, secara sederhana dapat diartikan sebagai bentuk  bantuan yang diberikan tenaga pendidik (guru) kepada peserta didik (murid/siswa) agar dapat mengembangkan kemampuannya semaksimal mungkin. Mulai dari berusaha memberikan pemahaman tentang dirinya sendiri (self understanding), menerima dirinya sendiri (self acceptance), mengarahkan dirinya sendiri (self direction), dan terakhir merealisasikannya.

Baca: Manfaat Mempelajari Bimbingan Konseling

Perlunya bimbingan dan konseling ini di lakukan di SD/MI/Sederjat, jikalau dikaji secara tuntas dan mendalam, Setidaknya ada tiga unsur utama yang melatarbelakangi perlunya bimbingan tersebut dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut;

Bimbingan Konseling di SD


Menjadi latar belakang perlunya bimbingan konseling di SD (Sekolah Dasar) jika tinjauan secara sederhana, terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek pedagogis, sosio-kultural, dan terkhir adalah aspek psikologis. Penjelasan ketiga aspek tersebut adalah sebagai berikut;

Pedagogis
Bahwa yang menjadi inti daripada diselenggarkannya pendidikan ialah untuk dapat perkembangan kepribadian secara optimal bagi  setiap anak didik yang ada di lembaga pendidikan. Sebab pendidikan disini berfungsi sebagai suatu usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian peserta didik yang ada di lingkunga  sekolah maupun di luar sekolah dan juga berlangsung seumur hidup.

Secara umum, perlunya bimbingan konseling di SD berhubungan erat dengan pencapaian tujuan pendidikan  nasional yang telah dicita-citakian, yaitu  meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berkualitas, baik jasmani atapun rohaninya.

Sosio-Kultural
Aspek sosio-kultural ini berkaitan erat dengan suatu perkembangan zaman (globalisasi) yang dapat menimbulkan perubahan dalam kehidupan bermasyarakat. Aspek perubahan yang biasanya terkait dengan sosio-kultural meliputi; sosial, politik, ekonomi, industri, informasi dan lain sebaginya sebagainya.

Oleh karena itulah, Bimbingan dan konseling di SD sangat dibutuhkan sebagai wujud bantuan terhadap menyelesaikan permasalahan yang awal mulanya akibat berbagai perubahan sosio kultural yang ada.

Psikologis
Aspek psikologis sangat erat kaitannya dengan suatu proses perkembangan psikologis seoraang anak yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor yang muncul dari dalam seperti pembawaan dan kematangan, atapun faktor yang berasal dari luar, seperti  pendidikan dan  lingkungan.

Oleh karena itulah sangat penting melakukan bimbingan konseling SD diselenggarakan, karena hal itu menjadi bentuk fasilitas untuk mengembangkan aspek-aspek prikologis yang telah terjadi pada diri seorang anak SD, yang rata-rata berumur 7-13 tahun.

Demikianlah ulasan mengenai bimbingan konseling di SD (Sekolah Dasar) yang sudah dijelaskan, semoga bimbingan konseling SD ini mampu menambah pengetahuan bagi setiap pembaca yang ingin melakukan atau terjun langsung dalam membimbing para siswa Sekolah Dasar. Trimakasih

Baca Juga Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *