Cara Daftar SBMPTN Online dan Persyaratannya (Awal hingga Akhir)

Diposting pada

Cara Daftar SBMPTN Online– Bagi kalian yang membaca indonesiastudents.com kali ini, sepertinya sudah siap mengikuti SBMPTN. Mungkin kalian semakin penasaran dengan TES SBMPTN ya? Nantikan saja sebentar lagi juga akan tiba. Tak usahlah terburu-buru dalam mendaftar SBMPTN, persiapkan saja senjata kalian untuk menaklukan lawan-lawan kalian karena saat ini SBMPTN sudah menjadi ajang yang bergengsi di kalangan siswa SMA/MA/SMK yang duduk di bangku kelas 3 atau kelas 12.

Sebab semakin berkembangnya zaman dan semakin tingginya teknologi standar rata-rata pendidikan pun semakin hari semakin meningkat, jadi kalian harus semakin siap untuk menimba ilmu sampai standar rata-rata pendidikan saat ini.

Baca: 11 Tips Lulus Tes SBMPTN Kedoketran

Sobat, jika kalian saat ini sedang sibuk belajar soal-soal SBMPTN dan sedang sibuk Bimbel dimana-mana jangan lupakan mencari-cari info seputar SBMPTN. Jadi, jika kalian ketinggalan info atau bakan tidak tahu info seputar SBMPTN kalian akan kalah pada tahap awal, oleh karena itu perluaslah pandangan kalian tentang SBMPTN ini. Jangan hanya fokus ke target tapi kalian juga harus melihat medan disekitar kalian, karena sebelum kalian melakukan TES SBMPTN kalian harus melewati gerbang  SBMPTN. Apa gerbang SBMPTN itu? Pendaftran, sebelum kalian memasuki tahap TES kalian harus mendaftar dulu. Dimana daftarnya? Apakah harus datang ke universitas yang dipilih? Tidak, pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online, jika kalian datang ke universitas terdekatpun pendaftaran dilakukan secara online tapi yang melakukan jasa pendaftaran bukan dari pihak universitas hanya biro jasa yang hanya dibuka didekat universitas. Apakah disitu juga bisa? Ya bisa, tapi jika kalian dapat melakukannya sendiri kenapa tidak?.

Kembali kependaftaran online, pendaftaran SBMPTN dapat dilakukan secara online dan bisa dilakukan oleh semua orang tanpa terkecuali. Akan tetapi sebelum melakukan pendaftaran online atau memikirkan ingin mendaftar sebaiknya kalian mempersiapkan persyaratan pendaftaran SBMPTN. Apa saja itu?

Peryaratan Pendaftar SBMPTN


Ada 4 persyaratan pendaftaran dalam SBMPTN , berikut persyaratan utama tersebut;

  1. Kalian bisa mendaftar jika kalian lulusan SMK/MA/SMA 3 tahun terakhir.
  2. Kalian yang lulus tahun 2016 dan 2017 wajib sudah memiliki Ijaza SMA/SMK/MA.
  3. Kalian yang lulus tahun 2017 minimal memiliki surat tanda/keterangan  lulus dari SMK/MA/SMA yang kalian peroleh dari pihak sekolah kalian berisi info pribadi serta foto kalian dengan dibubuhi cap dan tandatangan yang sah
  4. Kalian harus sehat karena hal ini berkaitan penting tentang keberlangsungan tes SBMPTN

Setelah persyaratan di atas kalian penuhi baru kalian bisa mendaftar SBMPTN. Bagaimana caranya? Simak cara daftar sbmptn online dengan mudah dibawah ini.

Cara Mendaftar SBMPTN Online

Tulisan selanjutnya, kita akan mengulas lebih dalam tentang cara daftar SBMPTN online. Diantaranya mengisi data pada  pendaftaran AWAL SBMPTN. Bagi kalian yang bidik misi tidak usah melakukan ini, kalian bisa langsung ke tahap pendaftaran online SBMPTN.

Pendaftaran Tahap  Awal SBMPTN Online


  • Pertama kalian buka website pendaftaran resmi SBMPTN pendaftaran.SBMPTN.ac.id

  • Setelah memasuki websitenya lakukan pengisian identitas nama dan tempat tanggal lahir kalian, jangan menggunakan nama samaran atau nama singkatan.
  • Setelah itu cetak/foto/screenshoot/catat hasil pendaftaran awal dan lakukan pembayaran.
  • Pembayaran dapat dilakuakn dengan online, jika orang tua kalian memiliki kartu kredit atau kalian dapat melakukannya di ATM, atau kalian juga dapat langsung melakukannya ke BANK BNI atau Mandiri. Kalian hanya bisa membayarnya melalui bank BNI atau Mandiri.
  • Biaya yang dikeluarkan untuk pendaftaran SBMPTN sebesar Rp 200.000 (pada 2016).
  • Setelah membayar kalian akan mendapatkan KAP dan PIN atau dapat menggunakan KAP dan PIN yang sudah ada pada cetakan hasil pendaftaran awal.
  • simpan KAP dan PIN tadi karena akan digunakan untuk  pendaftaran online.

Pendaftaran Tahap Akhir SBMPTN Online


  • Pertama kalian buka website pendaftaran resmi SBMPTN pendaftaran.SBMPTN.ac.id

  • Masuk/login dengan PIN dan KAP yang kalian simpan tadi jika kalian bidik misi kalian dapat menggunakan KAP dan PIN bidikmisi kalian.
  • Login berhasil? Jika berhasil lakukan pengisian identitas kalian dengan benar, boleh mencontek karena ini bukan ujian. Lihatlah ijaza supaya sesuai dengan identitas kalian.
  • Siapkan file pas poto dengan ukuran kecil max 100kb. INGAT!!! PAS FOTO tidak sah selain itu.
  • Seteah itu, isi pilihan PTN yang kalian inginkan.
  • Agar tidak terjadi kekeliruan, periksalah kembali dari awal hingga akhir.
  • Setelah kalian klik selesai maka akan keluar kartu tanda bukti pendaftaran.
  • Simpan kartu tersebut karena akan sebagai bukti kalian telah mendaftar, bisa langsung kalian cetak tetapi tidak bisa di download. Jika kalian ingin memilikinya dalam bentuk soft file cuku screen shoot saja.
  • Bawa kartu tanda peserta tadi ketika TES SBMPTN nanti.
  • Dalam kartu tersebut sudah tercantum kalian akan melakukan ujian di mana dan ruangan mana.

Demikianlah cara mendaftar SBMPTN online dan persyaratannya awal hingga akhir atau cetak. Sebenarnya cukup mudahpendaftarannya jadi, jika kalian bisa melakukannya kenapa harus orang lain atau membayar ke pihak penyedia jasa pendaftaran SBMPTN. Jangan Lupa Baca Artikel SBMPTN Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *