4+Contoh Konflik Antar Suku di Indonesia Lengkap

Diposting pada

Contoh Konflik Antar Suku di Indonesia

indonesiastudents.com-Indonesia adalah negara kepulauan terbesar didunia yang memiliki berbagai  macam suku yang akhirnya melahirkan beraneka ragam budaya. Tercatat dari ujung barat Indonesia yaitu pulau Sabang sampai ujung timur Indonesia yaitu Merauke, Indonesia memiliki 1.128 suku bangsa serta 237.641.326 jiwa (BPS; 2015).

Baca: 7 Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli

Beranekaragamnya suku di Indonesia bisa memberikan dampak postif, akan tetapi juga dapat melahirkan dampak negatif. Dampak negatif yang bisa dilahirkan salah satunya menimbulkan konfilk. Sebagai ulasan lebih anjut dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan memberikan beberapa contoh konflik antar suku yang pernah terjadi di Indonesia.

Contoh Konflik Antar Suku


Berikut, beberapa suku yang pernah mengalami konflik;

Konflik Antar Suku di Kalimantan Tengah

Contoh konflik antar suku yang ada di Kalimantan Tengah ini terjadi antara Suku Dayak dan Suku Madura pada tanggal 18 Februari tahun 2001 dan berlangsung sepanjang tahun. Konflik antar suku ini sangat dikenal diseluruh Indonesia, konflik ini terjadi di Kota Sampit yang pada akhirnya melus ke sluruh Provinsi di Kalimantan Tengah.

Akbiat konflik yang terjadi di Sampit sekitar 500 masyarakat meninggal dunia dengan lebih 100.000 Suku Madura kehilangan tempat tinggal, usaha, dan bebarapa hewan ternak mereka.

Konflik Antar Suku di Lampung Tengah

Konflik antar suku selanjutnya terjadi di Kabupaten Lampung tengah, tepatnya konflik ini di almi oleh Suku Asli dan Suku Pendatang. Suku Jawa dan Suku Lampung, perosalan konflik terjadi di Lampung berawal dari kesenjangan ekonomi, dimana masyarakat Lampung yang notabene masyarakat asli hidup di bawah garis rata-rata, sedangkan masyarakat jawa yang notabene suku pendatang hidup dengan makmur.

Konflik Antar Suku di Papua

Contoh konflik antar suku selanjutnya, terjadi di Papua, tepatnya konflik ini melibatkan Suku Dani dan Suku Moni pada hari Jumat 7 Maret 2014, dalam konflik ini banyak masyarakat yang meninggal dunia, bahkan karena sering terjadi konflik beberapa aparat pada tahun ini disiagakan sepanjang bulan.

Konflik Antar Suku Di Lampung Selatan

Konflik antar suku di Lampung Selatan ini terjadi pada suku pribumi, yakni Suku Lampung dan Suku Bali. Bahkan konflik ini menjadi genjcar di media sosial karena keinginan sebagian suku asli (suku Lampung) untuk memindahkan seluruh warga Bali di Desa Balinuraga.

Adupun kejadian konflik antar suku ini pada tahun 2012. Alasan Lampung menjadi salah daerah yang berpotensi memiliki kekerang kanfilik karena Lampung menjadi daerah pertama kali dilakukan transimigrasi di Indonesia, sehingga keanekarangaman budaya, suku, adat dan sitidat di Lampung bisa dikatakan melebihi daerah lainnya.

Demikianlah tulisan mengenai 4 contoh konflik antar suku di Indonesia, baik konflik antar suku di Kaliamantan, Papua, dan Lampung semuanya menimbulkan kerugian. Baik fisik ataupun non fisik. Semoga bermanfaat, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;