16 Contoh Konflik Sosial yang Terjadi di Indonesia

Diposting pada

Contoh Konflik Sosial di Indonesia

Arti konflik diakui ataupun tidak, secara etimologi berasal dari Bahasa Inggris “conflict” Bahasa Latin “configure” yang dimaknai saling memukul. Konflik ini sendiri cukup perpotensi terjadi di Indonesia, alasannya karena Indonesia menjadi bagian daripada makna negara berkembang sekaligus negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki berbagai macam suku, agama, dan ras.

Sehingga sangatlah pantas jikalau keaneragaman masyarakat tersebut bernilai seperti dua sisi ganda, yang satu menguntungkan dan yang satunya merugikan, seperti halnya contoh konflik sosial sebagai keadaan yang berakibat pada rusaknya persatuan dan kesatuan masyarakat.

Konflik Sosial

Masalah terjadinya arti konflik sosial dan kerusuhan sosial telah banyak terjadi di Indonesia mulai dari wilayah Banyuwangi hingga ke Ternate atau dari Aceh hingga ke Papau. Penyebabnya beragam, prihal ini bisa karena adanya faktor masyarakat multikultural sampai dengan adanya kebijakan dalam sistem sosial kepemerintahan.

Contoh Konflik Sosial

Adapun untuk contoh konflik sosial yang pernah terjadi di Indonesia, antara lain;

  1. Kabupaten Lampung Selatan

Konflik sosial yang pernah terjadi di Indonesia salah satunya di Kabupaten Lampung Selatan (Lam-Sel) di wilayah kabutepen ini bahkan pernah menyorot perhatian sekala nasional. Misalnya pada saat itu Yusuf Kalla datang menyenguk warga masyarakat yang mengalami konflik.

Penyebab terjadinya konflik di Kabupaten ini antara lain karena adanya warga dari Desa Balinuraga (yang mayoritas di huni oleh warga dari suku bali) mengganggu salah satu anak gadis dari desa Agom (Mayoritas bersuku Lampung). Karena merasa di diremehkan maka warga Desa Agom kemudian menyerang seluruh masyarakat di Desa Balinuraga.

  1. Tolikara

Konflik sosial lainnya yang pernah terjadi di Indonesia, ialah konflik di Tolikora tahun 2016. Penyebab konflik ini menurut pengamatan masyarakat karena adanya pembagian bantuan dana dari pemerintah yang dinilai tidak adil, antara masyarakat satu dengan masyakat lainnya yang akhirnya menyebabkan perpecahan dalam kehidupan masyarakat.

  1. Kabupaten Flores Timur

Contoh konflik sosial di Kabupaten Flores Timur, NTT Tahun 2013 tepatnya berada di Desa Wulublolong dan Desa Lohayong. Penyebab konflik sosial di kedua desa ini adalah sikap saling rebutan material yang tepatnya berada di batas desa.

  1. Kabupaten Sumbawa Besar

Konflik sosial yang pernah terjadi Kabupaten Sumbawa besar, Nusa Tenggara Barat (NTB) terjadi pada tahun 2013. Konflik ini bahkan menyebabkan banyak dmasyarakati Desa Sekateng yang mengungsi, karena merasa takut akan ancaman dan ketentraman kehidupan mereka.

  1. Kabupaten Maluku Tengah

Konflik sosial yang pernah terjadi di Indonesia salah satunya di Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Konflik di daerah ini sering terjadi yang pada akhirnya menyebabkan kerugian materi yang sangat banyak, baik dirasakan masyarakat atupun dirasakan oleh pemerintah karena rusaknya infrasturuktur yang ada.

  1. Kabupaten Rembang

Contoh konflik sosial yang terjadi di pulau jawa ini, tepatnya di daerah Rembang terjadi Tahun 2016. Konflik ini bermula dari adanya pertambangan, antara warga dann Perusahaan Sewan di Indonesia, latar belakang terjadinya konflik bermula dari adanya praduga masyarakat mengenai Amdal yang tidak sesuai.

  1. Aceh Singkil

Konflik sosial lain yang pernah terjadi di Aceh pada tahun Tahun 2015 diakibatkan adanya pembakara di berapa gereja yang sebelumnya diawali dengan demonstrasi. Konflik ini bahkan mengakibatkan 1 orang warga dari umat kristiani tewas dan 4 orang lainnya mengalami luka-luka.

  1. Provinsi Jawa Barat

Contoh konflik sosial di jawa barat ini terjadi karena adanya pertentangan dari Anggota FPI (Front Pembela Islam) dan GMBI pada tahun 2017. Konflik ini bahkan menyita pertain sekala nasional, karena pada saat itu kisruh FPI dan terhadap kasus penistaan agama yang dilakukan Ahok sedang menyita perhatian publik.

  1. Lampung Tengah

Konflik sosial yang pernah terjadi lainnya berada di Lampung Tengah (Lampung), konflik ini bermula dari adanya Warga Desa yang bersuku Jawa berlawanan dengan Warga Desa dari Suku Lampung. Konflik ini tidak gencar sebagimana yang terjadi di daerah lainnya, meskipun begitu dalam konflik ini memakan korban Jiwa.

  1. Mesuji

Konflik di Kabupaten Mesuji, lagi-lagi di Daerah Lampung menyita banyak perhatian nasional. Apalagi setelah pembunuhan pada konflik di di unggah pada akun youtube. Permasalah yang mendasari konflik antara lain karena adanya permusuhan antara perusahaan dan masyarakat. Masyakat di usir secara paksa oleh perusahaan karena tanah yang ditempatinya adalah milik perusahaan.

  1. Yogjakarta

Contoh konflik sosial yang lain, yang pernah terjadi di Indonesia adalah konflik di yogjakarta yang terjadi karena danya rencana aksi Mahasiswa Papua dan aktivis Pro demokrasi yang mendukung Persatuan Pergerakan Pembebasan untuk Papua Barat.

Kemudian rencana aksi tersebut mendapat kecamatan dari berbagai pihak, yang akhirnya terjadi konflik sosial. Bahkan konfil ini menjadi salah satu penyebab Mahasiswa Papau di Jogjakaryta didekriminasikan.

  1. Penolakan RUU Omnibus Law

Rancangan Undang-Undang Omnibus Law atau yang kemudian dikenal dengan adanya undang-undang cipta kerja menjadi hal yang cukup menjadi kontroversial di masyarakat.

Dimana dengan adanya kebijakan tersebut dianggap merugikan pekerjaatau. Sehingga pada akhirnya membuat Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) menolak RUU Omnibus Law melalui beragam demontrasi yang ada. Adapun terjadinya konflik ini pada Tahun 2020.

  1. Desa Wadas, Jawa Tengah

Pada tahun 2022 yang terbaru ini adanya konflik sosial juga terjadi di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Alasannya karena adanya keinginan masyarakat yang menolak terjadinya pembangunan penambanganan yang dinilai dapat merusak ekosistem kehidupan di daerah tersebut.

  1. Kabupaten Poso

Konflik Poso adalah salah satu contoh konflik sosial berhubungan dengan agama. Yang tentusaja prihal adanya permasalahan ini mengindentifikasi kurangnya integrasi sosial di masyarakat sekaligus menjadi penyebab adanya masyarakat saling mengklaim kebenaran.

  1. Jakarta

Kasus adanya konflik sosial yang dialami oleh Ibu Kota Jakarta ini misalnya adanya gerakan Aksi 212 yang diikuti oleh sejumlah tokoh agama, khususnya Islam dan beberapa massa. Konflik ini penyebabnya ialah adanya ucapan Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dikenal Ahok akan pidatonya yang dianggap menistakan ajaran beragama.

  1. Kementrian Agama

Belum lama terjadi, bahkan ada dalam ingatan kita pada Tahun 2022 terkait dengan adanya konflik di masyarakat terkait dengan ucapan Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas yang mengungkapkan adanya aturan dalam azan dan ibadah pelaksanaan Ramadhan.

Dalam pidatonya tersebut dinilai oleh beberapa golongan agama Islam sebagai upaya mendekriminasikan namun yang pastinya, apa yang disampaikan oleh mentri agama sebagai jalan dalam menjaga keharmonisan dalam beragama.

Demikianlah contoh adanya konflik sosial yang pernah terjadi di Indonesia. Dimana untuk konflik sosial ini umumnya mengakibatkan kerugian, baik fisik maupun non fisik. Oleh karenanya sebisa mungkin konflik masalah harus dihindari.

5/5 - (1 vote)