4 Fungsi Sikap Beserta Penjelasan dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Fungsi Sikap– Setiap kali kita memutuskan untuk bersikap tentunya ada konsekuansi yang harus diatnggung. Konsekunesi tersebut hadir karena adanya keadaan yang turut mempengaruhi fungsi dalam bersiap. Sebenarnya funsgi bersikap ini telah dijelaskan oleh Katz (Luthans, 1955) yang mana Katz menjelaskan abhwa dalam bersikap akan memiliki fungsi. Adapun fungsi sikap tersebut adalah sebagai berikut:

Fungsi Sikap


Berikut ini akan dijelaskan mengenai fungsi sikap menurut Katz berseta penjelasan, dan contohnya, semoga bisa kita perdalam bersama

Fungsi Penyesuaian
Fungsi penyesuaian adalah salah satunya fungsi sikap. Fungsi penyesuaiann disini dapat diartikan bahwa seseorang cenderung mengembangkan sikap yang akan membantu mencapai tujuan. Sebagai contohnya fungsi penyesuaian adalah keadaan seseorang yang cenderung menyukai partai politik yang mampu memenuhi dan mewakili aspirasi-aspirasinya.

Fungsi Pertahanan
Fungsi pertahanan dapat diartikan sebagai sikap seseorang yang dapat melindungi keharusan untuk mengakui kenyataan tentang keadaannya. Sebagai contoh fungsi pertananan disini adalah perilaku proyeksi yang dilakukan seseorang dalam melindungi drinya agar tidak dianggap memiliki ciri-ciri tertentu, sesuai dengan keadaannya.

Fungsi Ekspresi
Sikap memiliki fungsi ekpresi artinya bahwa sikap akan membantu seseorang untuk mengekpresikan dirinya dalam bertindak positif atau negatif, tujuannya ialah untuk memamerkan citra dirinya yang ingin dianggap baik atau buruk di mata masyarakat.

Fungsi Pengetahuan
Sikap juga memiliki  fungsi pengetahuan, itu artinya bahwa bahwa sikap akan dapat membantu seseoarang untuk menetapkan standar evaluasi terhadap sesuatu hal. Sebagai contoh bahwa memiliki fungsi pengetahuan misalnya adalah pemilik sepeda akan mengubah sikap positif terhadap sepeda seiring dengan peningkatan status sosialnya. Ia memutuskan untuk membeli sepeda motor karena ia yakin bahwa sepeda motor akan lebih sesuai dengan status sosialnya yang baru, yaitu sebagai Pegawai Negri Sipil (PNS).

Demikilah untuk ulasan mengenai penjelasan tentang fungsi sikap dan contohnya, semoga dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari refernsi tentang hal ini. Trimakasih, jangan lupa baca artikel lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *