5 Karakteristik Anak SD (Sekolah Dasar) Menurut Para Ahli

Diposting pada

Karakteristik Anak SD (Sekolah Dasar) Menurut Para Ahli Lengkap

Karakteristik Anak Sekolah Dasar yang disingkat SD sangatlah penting untuk dipahami dan diketahui oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, baik yang berprofesi sebagai tenaga pendidik, mahasiswa, ataupun orangtua. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas ulasan tentang gambaran menggenai karakteristik anak SD menurut para ahli.

Anak Sekolah Dasar

Anak sekolah dasar adalah anak yang memiliki usia dari 7 sampai 12 tahun. Pada usia ini menanamkan kecintaan terhadap ilmu pengetahuan sangatlah muda, bahkan menurut Inhelder (2010), usia sekolah dasar terdapat progresi berkesinambungan dari gerakan dan refleks spontan ke kebiasaan yang diperoleh, dan dari kebiasaan itu menuju kecerdasan.

Analoginya anak usia sekolah dasar adalah tunas yang akan tumbuh menjadi pohon yang kokoh, maka budaya literasi harus diterapkan sejak usia sekolah dasar, sehingga literasi bukan hanya menjadi kegiatan membaca, menulis dan berdiskusi formalitas. Namun menjadi keterampilan (lifeskill) yang akan diimplementasikan sepanjang masa.

Pengertian Karakteristik Anak SD Menurut Para Ahli

Adapun definisi karakteristik anak SD menurut beberapa ahli, diantaranya;

  1. Piaget (Dalam Desmita, 2011)

Anak usia sekolah dasar merupakan usia manusia aktif dan peniru yang ulung serta tahap perkembangan kognitif anak usia sekolah dasar berada pada tahap pra operasional konkrit.

  1. David (2001).

Menurutnya, karakteristik anak sekolah pada dasarnya mengalami perkembangan neuron pada otak anak, membuat lebih banyak koneksi dibandingkan neuron pada otak manusia dewasa.

  1. Piaget (Dalam Snowman, 2010)

Menurutnya, karakteristik anak sekolah dasar percaya berkembang lebih cepat ketika mereka berinteraksi satu sama lain.

  1. Suyadi (2009).

Arti karakteristik anak-anak usia sekolah dasar adalah anak yang suka bermain. Dunia anak adalah dunia bermain dan belajarnya anak sebagian besar melalui permainan yang mereka lakukan Bermain menurut Ade (2011), memiliki fungsi sebagai sarana refreshing untuk memulihkan tenaga seseorang setelah lelah bekerja dan dihinggapi rasa jenuh.

  1. Miftahul (2010)

Menurutnya, anak-anak di Usia sekolah dasar juga menyukai hal-hal yang mampu membangkitkan imajinasi mereka. Mereka menyenangi tempat belajar yang nyaman dan sesuai dengan dunia mereka sehingga belajar menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Belajar akan lebih efektif dan terkondisikan ketika suasana belajar menyenangkan. Suasana, keadaan ruangan akan menunjukkan arena belajar yang dipengaruhi emosi.

Demikianlah ulasan mengenai karakteristik anak SD (Sekolah Dasar) menurut para ahli, lengkap. Semoga ulasan ini dapat memberikan pengetahuan sekaligus mampu memberikan pemahaman bagi setiap orang yang sedang mencarai referensi mengenai “Apa sih karakteristik anak SD?”.

Rate this post