2 Contoh Penulisan Manfaat Teoritis dan Praktis dalam Penelitian

Diposting pada

Manfaat Teoritis dan Praktis dalam Penelitian

Manfaat teoritis dan praktis dalam setiap kepenulisan karya tulis ilmiah senantisanya mudah ditemukan. Contohnya saja untuk skripsi, tesis, desertasi, proposal pengajuan penelitian, dan lainnya. Namun yang pastinya adalah sistematika dalam kepenulisan manfaat penelitian ini tidak jauh berbeda dengan latar belakang yang ada.

Sehingga sebagai bahasan lebih lengkapnya berikut ini akan memaparkan tentang contoh kepenulisan untuk manfaat teoritis dan manfaat praktis dalam penelitian.

Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian menjadi bagian daripada BAB 1 yang berisi “Pendahuluan” bersamaan dengan tujuan penelitian sekaligus rumusan masalah. Secara garis besarnya sendiri manfaat penelitian ada yang merujuk secara teoritis dalam ilmu pengetahuan yang dipelajari ataupun secara praktis yang merujuk pada kegunaan untuk beragam keperluan.

Penjelasannya;

  1. Manfaat Teoritis

Manfaat teoritis adalah bagian kepenulisan yang berisi terkait kegunaan dalam pengembangan sistem ilmu pengatahuan yang diminati oleh setiap penelitian. Sehingga hal ini biasanya merujuk pada landasan teori yang digunakan.

  1. Manfaat Praktis

Manfaat praktis adalah penjelasan terkait dengan nilai kegunaan yang berguna untuk memecahkan masalah dalam beragam keperluan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bisa saja merujuk bagi perusahaan, organisasi sosial, civitas akademika, dan lainnya.

Contoh Manfaat Teoritis dan Praktis

Adapun untuk sistematika yang bisa dicontohkan dalam kepenulisan manfaat teoritis dan manfaat praktis. Misalnya saja;

  1. Penelitian Ilmiah

Prihal kepenulisan dalam penelitian ilmiah bisa saja merujuk pada sksipsi, tesis, atau keperluan lainnya. Pembuatannya bisanya beragam sesuai dengan objek penelitian dan subjek penelitian yang ada. Contohnya ketika akan mengkaji tentang “Sistem Manajemen Gas Buang Pada Industri dan Pembangkit Listrik Melalui Penerapan 4 CS“.

Penulisannya;

Manfaat Teoritis dan Praktis dalam Penelitian

Manfaat Teoritis

Manfaat teoritis dalam penelitian ini, antara lain;

  1. Menggambarkan desain 4CS dalam merancang sebuah desain dan konsep sistem manajemen gas buang pada industri dan pembangkit listrik
  2. Mampu mengetahuai proses penyelesaian masalah polusi udara menggunakan sistem manajemen 4 CS dilakukan dengan menemukan literatur yang relevan.
  3. Mampu untuk menganalisis dan membahas bagaimana
    konsep kerja 4 CS yang diusulkan.

Manfaat Praktis

Manfaat praktis yang diperoleh dari penelitian ini yakni:

  1. Bagi industri dan pembangkit listrik, gagasan ini dapat diimplementasikan untuk mengurangi tingkat polusi udara akibat tingginya kadar polutan dan emisi gas buang hasil pembakaran yang dihasilkan.
  2. Bagi masyarakat dan lingkungan, gagasan ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi polusi udara dan meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan, ekosistem, serta makhluk hidup yang bebas dari polusi.
  3. Bagi pemerintah, gagasan ini dapat membantu mewujudkan salah satu tujuan dari SDGs 2030, yaitu “Penanganan Perubahan Iklim”.
  4. Bagi pembaca dan penulis, gagasan ini dapat menambah pengetahuan mengenai sistem manajemen gas buang melalui penerapan CC dan CCS dalam mereduksi emisi gas polutan akibat aktivitas perindustrian serta pembangkit listrik sebagai upaya menyelamatkan lingkungan
    hidup
  1. Karya Ilmiah

Sistematika kepenulisan dalam karya ilmiah yang dibuat dalam menjelaskan tentang manfaat teoritis dan praktis tidaklah jauh berbeda. Prihal ini sesuaikan saja dengan bidang studi yang dijadikan konsep dasar dalam penyelesaiannya.

Manfaat Teoritis dan Praktis dalam Karya Ilmiah

Manfaat Teoritis

Manfaat teoritis dalam penelitian ini adalah;

  1. Mendesain hetric (hydro electric) dalam pemanfaatan limbah cair laundry sebagai sumber energi listrik alternatif dengan penerapan elektrolisis

Manfaat Praktis

Manfaat praktis yang didapatkan dari penelitian ini adalah:

  1. Bagi masyarakat, dapat meningkatkan pengetahuan mengenai manfaat dari air limbah laundry yang dapat menjadi energi alternatif dengan abu gosok sebagai bahan aktifnya
  2. Bagi pengusaha, sebagai pengembangan dan pemanfaatan pengetahuan tentang air laundry dan
    energi alternatif.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh penulisan untuk manfaat teoritis dan manfaat praktis dalam penelitian ilmiah yang bisa dipergunakan. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

5/5 - (1 vote)