Pengertian Bahan Bakar Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

pengeratian Bahan Bakar Menrur Ahli

Pengertian Bahan Bakar Menurut Para Ahli


indonesiastudents.com– Pada hakekatnya alam telah memberikan banyak manfaat kepada manusia. Salah satu manfaat yang diberikan oleh alam yaitu bahan bakar. Seiring dengan perkembangan zaman, jumlah penduduk dunia juga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, sehingga peningkatan akan kebutuhan bahan bakar tidak dapat dihindarkan lagi.

Baca Juga: 4 Pengertian Energi Panas dan Contohnya

Pengertian Bahan Bakar Menurut Ahli


Wikipedia

Dalam situs ini, bsahan bakarecara umum didefinisikan sebagai  jenis materi yang bisa dirubah menjadi suatu energi. Oleh karenannya bahan bakar seringkali dan selalu mengandung energi panas yang dimanipulasi dan dilepaskan.

Imam (2011)

Bahan bakar adalah suatu reaksi redoks (reaksi pembakaran) yang mampu melepaskan panas setelah terekasi dengan oksigen.

Jenis Bahan Bakar


  • Bahan bakar alternatif, adalah bahan bakar yang dipergunakan untuk menghemat bahan bakar konvensional yang biasanya berasal dari fosil. Contoh bahan bakar ini misalnya saja memanfaatkan tumbuhan alga atau lain sebagainya.

  • Bahan Bakar Konvensional, adalah jenis bahan bakar yang biasanya kita pergunakan yang mana bahan bakar ini tersedia dari adanya sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, misalnya saja adalah minyak bumi, batubara, dan lain sebagainya.

Pengunaan Bahan Bakar Alternatif dan Konvensional


Menurut Energy Information Administration (2007), bahwa pada tahun 2007 sumber utama energi terdiri dari minyak bumi 36,0%, batu bara 27,4%, gas alam 23,0%, yang berarti 86,4% konsumsi energi primer di dunia adalah bahan bakar fosil.

Sedangkan sumber energi non-fosil seperti tenaga air, nuklir, dan lainnya hanya sebesar 13,6%. Padahal energi non-fosil ini jika dikelola dengan benar akan memberikan kontribusi besar pada konsumsi energi dunia yang tumbuh sekitar 2,3% per tahun.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Bahan Bakar Menurut Para Ahli. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat memberaikan referensi tersendiri, bagi segenap pembaca yang sedang mencari literasi mengenai “Bahan Bakar”. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;