5 Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli, Ciri, Unsur Intrinsik dan Ektrinsiknya

Diposting pada
Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli
Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli

Cerita pendek atau yang lebih dikenal dengan cerpen pada dasarnya adalah jenis karya non ilmiah yang sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Cerpen ini sendiri tergolong dalam karya fiksi yang setiap kali dapat dengan mudah kita temukan, baik di media sosial, media cetak (koran atau majalan), ataupun di dalam website tertentu.

Bahkan ada beberapa daftar media online yang memberikan peluang bagi penulis cerpen untuk mendapatkan penghasilan. Contohnya saja seperti Media Indonesia, Indiva Kreasi, dan lainnya. Oleh sebab itulah sebagai khazanah pengetahuan pada artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai pengertian cerpen, ciri cerpen, beserta unsur intrinsik dan ektrinsiknya.

Pengertian Cerpen

Cerpen adalah bagian daripada teks cerita karangan fiksi yang jalan ceritanya sebagian kecil dari kehidupan  pelakunya yang setiap sistem kepenulisanya terpenting dan paling menarik. Oleh karena itulah di dalam naskah cerpen boleh ada konflik atau pertikaian, akan tetapi hal itu tidak menyebabkan perubahan nasib pelakunya.

Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli

Adapun definsi cerpen menurut para ahli, diantaranya;

  1. Sumardjo

Menurutnya, cerpen adalah cerita pendek yang  tidak benar-benar terjadi dalam realitas sesungguhnya, tetapi tak menutup kemungkinan bahwasanya cerita ini dapat terjadi kapan saja dan di mana saja.

  1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

menurut KBBI cerpen adalah cerita pendek berarti pendek yang jumlah naskahnya tidak lebih dari 10.000 kata yang hanya menceritakan pada satu tokoh saja bukan pada banyak tokoh.

  1. Korrie (1995)

Cerpen adalah bagian daripada adanya cerita khayal yang biasanya berbentuk prosa yang pendek, sehingga ciri khas kepenulisannya bawah 10.000 kata dengan bertujuan menghasilkan kesan kuat dan mengandung unsur-unsur drama.

  1. Tarigan (1984)

Cerita pendek adalah bagian daripada kepenulisan cerita yang panjangnya sekitar 5000 kata atau kira-kira 17 halaman kuarto dengan mempergunakan spasi rangkap yang terpusat dan lengkap pada dirinya sendiri.

  1. Priyatni (2010)

Cerita pendek adalah bagian daripada jenis karya fiksi yang disusun secara sistematis sesuai dengan namanya yaitu memperlihatkan sifat yang serba pendek, baik dalam pengulasan peristiwa yang diungkapkan, isi cerita, jumlah pelaku, dan jumlah kata yang digunakan.

  1. A. Bakar Hamid

Cerpen atau yang familiar dikenal dengan cerita pendek seharusnya bisa dilihat dari jumlah, kuantitas kata yang digunakan antara 500 hingga 20.000 kata adanya plot dengan menghadirkan satu karakter dan adanya kesan.

Ciri Cerpen

Setidaknya, ada 5 ciri-ciri cerpen, yaitu;

  1. Bentuk tulisan lebih pendek daripada novel dengan jumlah kata kurang dari 10.000 kata, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk membaca tidak lama, habis dibaca dalam sekali duduk
  2. Ide cerita dapat diambil dari pengalaman diri sendiri atau orang lain
  3. Cerpen menceritakan suatu kejadian dan beralur tunggal
  4. Penokohannya sangat sederhana, singkat, dan tidak mendalam
  5. Meninggalkan kesan yang mendalam bagi pembaca

Unsur Cerpen

Unsur cerpen terbagi menjadi dua, yaitu unsur intrinsik dan ektrinsik dimana keduanya saling terhubung satu sama lainnya. Penjelasannya;

  1. Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur intrinsik cerpen ialah bagian unsur yang harus adalh dalam dalam cerpen “In” dalam Bahasa Inggri bermakna dalam;

  1. Tema
  2. Alur atau Plot
  3. Penokohan atau Perwatakan
  4. Setting atau Latar
  5. Sudut Pandang atau Point Of View
  6. Amanat
  7. Gaya Penceritaan
  1. Unsur Ektrinsik Cerpen

Unur ektrinsik dalam kepenulisan cerpen adalah unsur yang ada di luar naskah cerpen, berikut unsur ektrinsik cerpen tersebut;

  1. Latar Belakang Masyarakat
  2. Latar Belakang Pengarang

Contoh Cerpen

Untuk kepenulisan dalam contoh cerpen misalnya saja;

  1. Cerpen inspirasi, biasanya ditulis dengan menghadirkan karakter yang ustahil mendapatkan segala sesuatu yang diinginkan. Namun pada akhirnya bisa happy ending.
  2. Cerpen percintaan, ditulis sekaligus disusun dengan menghadirkan dua pasangan kekasih yang awalnya tidak mengenal bahkan tindak saling sapa namun pada akhirnya menjadi jodoh.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian cerpen menurut para ahli, ciri-ciri cerpen beserta unsur intrinsik dan ektrinsiknya lengkap. Semoga dapat memberi pengetahuan bagi siapapun yang sedang atau akan menulis sebuah cerpen, baik untuk dipublikasikan ataupun untuk diikutsertakan dalam sebuah ajang perlombaan. Trimakasih.

5/5 - (1 vote)