4+Pengertian Diabetes Melitus dan Komplikasinya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Diabetes Melitus dan Komplikasinya Menurut Ahli

indonesiastudents.com-Perubahan gaya hidup dan sosial ekonomi akan berakibat pada kehidupuan yang modernisasi, terutama hal ini terjadi masyarakat di kota-kota besar di Indonesia sehingga menjadi penyebab meningkatnya prevalensi penyakit degeneratif dan penyebab utama kematian di Indonesia.

Baca: 5 Pengertian Variabel Penelitian Beserta Macam-macam dan Contohnya

Salah satu yang harus diwaspadai adalah diabetes melitus (DM). Diabetes mellitus grafik yang tinggi di Indonesia dan juga merupakan kelompok penyakit metabolisme yang ditandai dengan hiperglikemia akibat cacat pada sekresi insulin dan terjadi perubahan progresif terhadap struktur sel beta pankreas.

Sebagai penjelasan lebih lanjut pada ulasan kali ini, indonesiastudents.com akan memberikan arti diabetes mellitus dan komplikasi diabetes mellitus.

Pengertian Diabetes Melitus


Diabetes melitus (DM) adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ketidakmampuan tubuh untuk memetabolisme gula. Pada penderita Diabetes mellitus terjadi perubahan metabolisme lipid, karbohidrat, dan protein yang ditandai dengan hiperglikemia; dan peningkatan resiko komplikasi penyakit pembuluh darah.

Adapun pengertian diabetes mellitus menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut;

Pengertian Diabetes Melitus Menurut Para Ahli


Perkeni (2011)

Mengatakan, pengertian diabetes  mellitus  adalah  penyakit manusia yang menyerang gangguan  metabolisme  yang sifatnya kronis  dengan  karakteristik hiperglikemia.

(ADA, 2010)

Menurutnya, definisi diabetes  melitus  adalah kelompok  penyakit  metabolik  dengan karakteristik (ciri khas)  hiperglikemia yang muncul karena adanya kelainan sekresi insulin atau kinerja insulin.

World Health Organization (WHO)

Pengertian diabetes melitus menurut WHO adalah gangguan atau penyakit metabolisme  yang kronis sehingga multi  etiologi yang  ditandai tingginya kadar gula darah yang disertai gangguan pada metabolism karbohidrat,  lipid dan protein sebagai  akibat insufisiensi fungsi insulin (Dalam Depkes RI, 2008).

Wikipedia

Mengatakan, bahwa diabetes melitus adalah kelainan metabolik yang muncul karena banyak faktor seperti kurangnya insulin dan ketidakmampuan tubuh untuk menyerap insulin.

Dari 4 pengertian diabetes melitus  menurut para ahli diatas penting untuk dipahami, bahwasanya salah satu tipe diabetes dengan prevalensi yang sangat besar yaitu diabetes tipe II. Diabetes tipe II adalah salah satu jenis diabetes dimana terjadi penurunan sekresi insulin dan adanya  resistensi insulin sebagai faktor mayor.

Pasien diabetes tipe II adalah  kelompok yang sangat rentan untuk mengalami hyperglikemia dan juga menderita gangguan metabolik. Dalam jangka panjang, penderita DM dapat mengalami kerusakan organ dan berkaitan dengan komplikasi mikrovaskular dan makrovaskular. Pasien dengan DM juga dapat mengalami resiko penyakit kardiovaskular.

Diabetes tipe II sangat mempengaruhi semua bagian tubuh kita, hal ini juga dapat menyebabkan suatu hal serius yang berpotensi komplikasi yang mengancam jiwa, komplikasi diabetes melitus  yang mencam jiwa antara lain sebagai berikut;

Komplikasi Diabetes Melitus


Setidanya ada 4 komplikasi diabetes melitus yang dialami pada penderita, diantaranya;

  1. Aterosklerosis, yaitu penumpukan lemak di dinding arteri. Hal ini dapat  mengganggu aliran darah ke seluruh organ; jantung, otak dan kaki yang paling sering menjadi sasarannya.
  2. Retinopati; yaitu pembuluh darah kecil di belakang mata menjadi rusak karena gula darah tinggi.
  3. Neuropati; yaitu kerusakan saraf. Jenis yang paling umum adalah neuropati perifer. Saraf ke kaki yang rusak terlebih dahulu, menyebabkan rasa sakit dan mati rasa pada kaki. Hal ini bisa terus menyebabkan gejala  di kaki dan tangan. Kerusakan saraf yang mengontrol pencernaan, fungsi seksual dan buang air kecil pun bisa terjadi. Luka dan lecet pada kaki terjadi karena dua alasan pertama, jika neuropati perifer menyebabkan mati rasa, orang tersebut tidak akan merasakan iritasi di kaki dan yang kedua rusaknya sirkulasi darah yang dapat memperlambat penyembuhan. Jika tidak diobati, luka yang sederhana dapat menjadi terinfeksi dan semakin parah.
  4. Nefropati: kerusakan pada ginjal. Ini lebih mungkin terjadi jika gula darah tetap tinggi dan tekanan darah tinggi yang tidak diobati secara rutin dan serius.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian diabetes melitus dan komplikasi yang akan terjadi pada penderita diabetes melitus. Semoga pembahasan ini bermanfaat, bagi setiap pembaca yang sedang mencari referensi mengenai “Diabetes Melitus” Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;