Pengertian Donat dan Sejarahnya [Lengkap]

Diposting pada

Pengertian Donat dan Sejarahnya Lengkap

Pengertian Donat dan Sejarahnya

indonesiastudents.comDonat sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat sebagai jajanan yng mengenyangkan. Makanan donat ini cukup mengenyangkan bagi sebagai masyarakat, hal ini lantaran donat mengandung karbohidrat yang bersumber dari tepung dan sumber energi dari manisnya gula.

Sebagai penjelasan lebih dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian donat dan sejarahnya.

Baca: 5 Pengertian Gula Menurut Para Ahli

Pengertian Donat


Donat (Donut dalam bahasa Inggris) adalah sejenis cake mini dengan  bentuk yang khas, yaitu berlubang di tengah seperti cincin, dan berbentuk bulat jika diisi sesuatu, bisanya donat diisi oleh mesis, atau hal-hal yang berbau manis, dengan bahan utama pembuatan donat adalah “Tepung Terigu”

Sedangkan pengertian donat menurut para ahli adalah suatu bentuk makanan yang digoreng, berdasarkan campuran adonan tepung terigu, telur, metega, dan gula (Wikipedia). Dalam pengertian donat ini tentusaja dapat dikatakan bahwa, banyak sekali jenis yang dalam pembuat donat, misalnya saja donat kentang, donat terigu, atau donat lainnya.

Sejarah Donat


Hakekatnya donat memiliki sejarah yang cukup panjang sejak kemunculannya pertama kali hingga mencapai penampilannya saat ini. Para Arkelog dari Negara Amerika pada awalnya menemukan beberapa peninggalan yang menggambarkan adanya  jenis makanan berbentuk seperti donat pada zaman prasejarah. Namun, diduga untuk asal muasal donat sendiri dari daerah di Belanda yaitu Manhatten, dan di daerah Belanda donat disebut dengan ‘olykoeks’ atau kue yang digoreng.

Akan tetapu untuk saat ini, hal yang menjadi terbaru bahwa donat merupakan salah satu kue populer favorit masyarakat dunia. Bahkan di Amerika menurut Chan (2009) ada  10 juta donat diproduksi setiap tahun.

Donat yang dikreasikan oleh para ahli kuliner harus digoreng dalam takaran minyak yang cukup banyak dengan panas tertentu agar warna donat berubah menjadi kuning kecoklatan dan matang merata. Dan sebenarnya banyak pihak yang mengatakan jika donat sudah cukup enak sekligus lezat dengan hanya taburan sedikit gula.

Donat dengan aroma yang harum, seperti penambahan aneka rasa dan bau saat disantap terasa garing namun empuk dan tidak berminyak adalah donat yang akan selalu dicari para  penggemarnya. Demikianlah pembahasan mengenai pengertian donat dan sejarahnya. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari refrensi tentang “Donat”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 4 Pengertian Lingkungan Sehat Menurut Para Ahli dan Ruang Lingkupnya Lengkap
  2. “Buah Wani” Pengertian, Klarifikasi, Kandungan, dan Manfaat [Lengkap]
  3. Pengertian Perpustakaan Sekolah, Manfaat, Fungsi, dan Program Kerja
  4. Pengertian Kebudayaan, Unsur, Sifat, dan Manfaatnya