7 Pengertian Fermentasi Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Fermentasi Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Istilah fermentasi pada awalnya dikenalkan oleh Louis Pasteur seorang zymologist berkebangsaan perancis. Istilah ini dikenalkan pada tahun 1857 yang pada saat itu, ia mengkaitkan ragi dengan fermentasi.

Baca: Pengertian Destilasi dan Contoh Beserta Macamnya

Secara sederhana fermentasi dapat diartikan respirasi (pernapasan) tanpa udara. Sebagai penjelasan lebih lanjut berikut, indonesiastudents.com akan menjelaskan pengertian fermentasi.

Pengertian Fermentasi


Fermentasi adalah respirasi dalam lingkungan anaerobik dengan elektron eksternal tanpa akseptor. Fermentasi sering digunakan di Indonesia untuk pembuatan tempe dan tape, obat-obatan, minuman yoghurt, dan tahu.
Sebagai penjelasan lebih lanjut, berikut indonesiastudents.com akan memberikan pengertian fermentasi menurut para ahli

Pengertian Fermentasi Menurut Para Ahli


Sekitar 7 tokoh mendefinisikan fermentasi, diantarnya;

Hery (2008)

Menurutnya, fermentasi adalah suatu bentuk proses  dasar  untuk  mengubah bahan menjadi bahan lain   dengan cara relatif sederhana yang dibantu oleh mikroba.

Belitz (2009)

Definisi fermentasi dibagi menjadi dua bentuk, yaitu fermentasi homofermentatif dan fermentasi heterofermentatif. Fermentasi homofermentatif adalah proses fermentasi bahan produk asam laktat. Sedangkan fermentasi heterofermentatif adalah fermentasi yang dilakukan dari produk menjadi asam  laktat dan etanol.

MGMP (2005)

Arti fermentasi adalah suatu cara yang dilakukan oleh seseorang untuk mengubah substrat kedalam produk tertentu yang menggunakan bantuan mikroba.

Taufik (2014)

Makna fermentasi adalah suatu bentuk proses produksi energi dalam sel dengan keadaan tanpa oksigen (anaerobik) melalui penelitian atau praktikum.

Jay (2005)

Pengertian fermentasi adalah proses perubahan kimia dari senyawa kompleks menjadi  sederhana melalui bantuan  enzim  yang  dihasilkan mikrobia.

Farnworth (2008)

Pengertian fermentasi adalah upaya yang dilakukan seseorang terhadap bahan makanan mendapatkan produk baru agar memperpanjang daya simpan dan kegunaan.

Bourgaize (1999)

Menurutnya, fermentasi adalah upaya yang dilakukan untuk suatu proses penguraian senyawa agar menjadi produk olalah baru.

Dari 7 pengertian feremntasi menurut para ahli di atas dapat disimpulkan, fermentasi adalah kegiatan yang dilakukan seseorang secara kimiawi untuk mengubah suatu bahan menjadi bahan lain menggunakan mikrobia.

Demikianlah 7 pengertia fermentasi menurut para ahli. Semoga pengertian ini fermentasi ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari referensi mengenai “fermentasi” trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;