3 Pengertian Fiksi Menurut Para Ahli, Jenis dan Contonya

Diposting pada
Pengertian Fiksi Menurut Para Ahli
Pengertian Fiksi Menurut Para Ahli

Fiksi diakui ataupun tidak, secara sederhana dapat dikatakan sebagai karangan non ilmiah. Hal itu dikarenakan setiap kepenulisan fiksi dalam Bahasa Indonesia biasanya menjadi jalan cerita yang bersifat subjektif, tidak terjadi dalam dunia yang nyata akan tatepi sesuai dengan jalan fikiran si pengarang.

Adapun yang pastinya, sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai fiksi. Dalam artikel ini akan mengulas panjang lebar tentang pengertian fiksi menurut para ahli, jenis-jenis fiksi, dan contoh yang ada dalam fiksi.

Fiksi

Sejarah fiksi sebagai bagian daripada genre teks dalam asal-muasalnya terbagi atas dua kelompok, yakni teks faktual yang dibuat berdasarkan kejadian atau kenyataan, seperti laporan, deskripsi, rekon, eksplanasi, prosedur, eksposisi, dan diskusi.

Oleh karena itulah, untuk teks fiksi yang dibuat berdasarkan imajinasi seperti anekdot, rekon, eksemplum, dan cerita fiksi.

Pengertian Fiksi

Fiksi adalah bagian daripada prosa naratif yang bersifat imajiner. Meskipun imajiner, tetap harus masuk akal dan mengandung kebenaran yang dapat mendramatisasikan hubungan-hubungan antarmanusia. Kebenaran dalam sebuah dunia fiksi adalah keyakinan yang sesuai dengan pandangan pengarang terhadap masalah hidup dan kehidupan.

Pengertian Fiksi Menurut Para Ahli

Adapun definisi fiksi menurut para ahli, antara lain;

  1. Sudjiman

Cerita fiksi yang juga dikenal dengan cerita rekaan adalah kisahan yang mempunyai tokoh lakuan dan alur yang dihasilkan oleh daya khayal atau imajinasi. Pengarang mengolah imajinasi berdasarkan pengalaman, pandangan, tafsiran, kecendikiaan, wawasan, dan penilaiannya terhadap berbagai peristiwa yang diungkapkan melalui bahasa.

  1. MerriamWebster’s Encyclopedia of Literature (1995)

Fiksi adalah peristilahan yang menunjuk pada karya sastra yang terlahir dari adanya imajinasi, bukan dihadirkan sebagai bagian daripada fakta ilmiah, meskipun hal itu mungkin didasarkan pada cerita atau situasi yang telah dianggap benar.

  1. Salim (2006)

Fiksi adalah segala sesuatu yang secara realitas sosial senantisa dikhayalkan atau menjadi khayalan yang dibuat dengan tindakan mengkhayal. Sehingga dalam bagian pembuatannya jauh dari sikap objektif dan logis meskipun tetap bersifat sistematis.

Jenis Fiksi

Setidaknya ada 3 jenis cerita fiksi, yaitu;

  1. Roman

Pengertian roman adalah karya fiksi yang disusun dengan jumlah yang lebih banyak karena menceritakan tentang beberapa tokoh dalam jalan ceritanya. Roman identik dengan karangan fiksi dalam bentuk lama, lantaran karangan ini mengandung banyak hikmah yang lebih mengarah pada cerita klasik.

  1. Novel

Pengertian novel sebagai karangan fiksi dapat diartikan sebagai karangan yang menceritakan satu tokoh dengan pro dan kotranya kemudian dari akhir cerita fiksi novel ini ada klimaks atau edding akhir yang ditulisakan. Novel sebagai karya sastra juga memiliki banyak pengemar. Oleh karenannya itulah beberapa tokoh Indonesia dan dunia ada yang berprofesi sebagai penulis novel ini.

  1. Cerpen

Pengertian cerpen dapat dikatakan sebagai karangan fiksi yang memiliki jumlah halaman paling sedikit dibandingkan dengan roman atau novel.

Meskipun begitu novel tetapi memiliki daya tarik sediri , hal ini dikerenakan novel dapat memberikan pembelajaran awal bagi setiap penulis yang ingin mencobanya, bahkan pada saat ini ada beberapa media masa internasional, nasional, ataupun lokal menerima karya ini untuk diterbitkan.

Contoh Fiksi

Setidaknya ada beberapa contoh cerita, fiksi diantaranya;

  1. Fiksi Roman

Cerita fiksi ini misalnya saja ditemukan dalam Jalan Cerita Kerajaan Singosari sampai Kerajaan Majapahit. Dua kerjaan ini memiliki hubungan erat dengan pembangunan serta perkembangan bangsa Indonesia, oleh karenannya cerita jenis ini lebih panjang bentuk serta lebih tebal.

  1. Fiksi Novel

Contoh fiksi yang ada dalam kehidupan masyarakat, khususnya di Indonesia misalnya saja Novel Ketika Cinta Bertasbih, Ayat-Ayat Cinta, Dillan, 5 Cm, sebagai salah satu novel yang sedang hist di pasaran, adapun novel klasik yang juga pernah tenar di Indonesia, antara lain Tenggelamnya Kapal Vander Wick, atau novel Siti Nurbaya.

Beberapa novel-novel yang sudah dianggap memiliki banyak penggembar tak jarang juga ikut di pasarakan dalam indutri perfilman, hal ini didasarkan pada banyaknya cerita dalam film yang diangkat dalam novel.

  1. Fiksi Cerpen

Contoh cerpen dapat kita lihat diberbagai media masa di Indonesia, salah satunya adalah Ketika Cinta Tak Kunjung Tiba karya dari Heni Pratiwi, dan atau cerpen-cerpen mingguan yang ada di Majalah Bobo, Koran Lampungpost, dan bentuk media masa lainnya.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai pengertian fiksi menurut para ahli, jenis fiksi, dan contoh fiksi. Semoga bermanfaat bagi siapapun yang sedang mendalami serta mencari materi tentang “fiksi” atau bahkan menulis seputar fiksi.

3.2/5 - (41 votes)