Pengertian Grafik, Fungsi, Contoh, dan Cara Membacanya

Diposting pada

Grafik adalah istilah yang lazim kita dengar, bahkan disuatu materi pembelajaran tertentu. Seperti halnya dalam pelajaran matematika, Bahasa Indonesia, kimia, fisika, atau yang lainnya, pembahasan tentang grafik selalu ada. Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini akan mencoba memberikan ulasan mengenai pengertian grafik, fungsi grafik, contoh grafif, dan cara membaca grafik yang baik dan benar.

Grafik

Grafik pada hakikatnya dapatlah diberi pengertian sebagai serangkaian gambaran perkembangan data dari suatu waktu tersentu, bisa naik, turun, atau stagnan. Oleh karena itulah keterangan tentang grafik biasanya muncul dalam bentuk garis atau gambar secara vertical maupun secara horizontal.

Pengertian Grafik Menurut Para Ahli

Adapun definisi grafik menurut para ahli, antara lain;

  1. Harper, Grafik adalah bagian daripada beberapa alat untuk menampilkan jenis data penelitian berupa garis atau kurva yang senantisa menghubungkan satu variabel dengan bagian variabel yang lain.
  2. Soedarso, Arti grafik adalah bentuk penyajian yang dilakukan secara visual sehingga pada penampilannya bertujuan untuk membandingkan jumlah data pada saat-saat yang berbeda.

Fungsi Grafik

Grafik dituliskan atau disusun memiliki sejumlah fungsi, antara lain;

  1. Grafik dapat melukiskan dan mengintisarikan hubungan antara data statistik dengan bagian-bagian yang lain dengan singkat, sederhana, masif, dan komprehensif.
  2. Grafik dapat dikatakan juga sebuah bentuk penyajian visual yang dipakai untuk membandingkan jumlah data pada saat-saat yang berbeda.

Contoh Grafik

Setelah kita mengulas pengertian dan fungsi grafik, selanjutnya tulisan ini akan mencoba memberikan contoh grafik. Berikut ini contoh grafik kemunculan Soal Bahasa Indonesia dalam Simak UI.

Contoh Grafik
Contoh Grafik

Adapun untuk membaca grafik, hakekatnya dibutuhkan suatu pemahaman yang lebih. Hal ini dikerenakan dalam membaca grafik berbeda dengan tulisan, sehingga perlu adanya cara membaca grafik agar seseorang bisa memahami dengan mudah.

Cara Membaca Grafik

Cara membaca grafik atau teknik membaca grafik yang biasa dilakukan oleh kalangan professional ataupun pemula, adalah;

  1. Bacalah terlebih dahulu judulnya dengan cermat karena judul memberikan informasi atau gambaran secara umum tentang keseluruhan hal yang disampaikan
  2. Bacalah keterangan yang terdapat di bagian atas, bagian sisi, atau bagian bawah gra¬fik Keterangan merupakan penjelasan penting tentang data yang disampaikan
  3. Jika ada simbol atau lambang di dalam grafik, pahamilah simbol tersebut dengan baik agar dapat memahami informasi secara utuh.

Demikianlah ulasan seputar grafik, semoga ulasan lengkap yang mengenai pengertian grafik menurut para ahli, fungsi grafik, contoh grafik, dan juga cara membaca grafik atau teknik membaca grafik ini dapat bermanfaat. Bagi siapapun yang sedang mencari penjelasan tentang “Grafik”.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.