3 Pengertian Jejaring Sosial Menurut Para Ahli

Diposting pada
Pengertian Jejaring Sosial Menurut Para Ahli
Pengertian Jejaring Sosial Menurut Para Ahli

Jejaring sosial adalah istilah yang berasal dari Bahasa Inggris “Social Network”. Istilah ini biasanya dipergunakan sebagai salah satu kunci keberhasilan melakukan pembangunan berkelanjutan secara sosial yang terletak pada kemampuan sekelompok orang atau masyarakat di dalam bentuk asosiasi yang mewajibkan untuk melibatkan diri dalam hubungan sosial.

Masyarakat pada kenyataannya selalu berhubungan melalui berbagai kegiatan dan bentuk variasi hubungan. Adapun sebagai pengetahuan ada beberapa prinsip dalam hubungan sosial, diantarnya kesukarelaan, kesamaan, kebebasan, dan keadaban. Sebegai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini akan memberikan pengertian jejaring sosial yang juga dikenal sebagai jaringan sosial.

Jejaring Sosial

Jejaring sosial adalah kemampuan anggota-anggota kelompok atau masyarakat untuk selalu menyatukan diri dalam suatu pola hubungan yang sinergitas akan sangat besar pengaruhnya dalam menentukan kuat tidaknya modal sosial suatu kelompok.

Konsep jejaringan pada hekatanya lebih memfokuskan pada aspek ikatan antara simpul yang bisa dilakukan, simbul tersebut berupa individu atau kelompok (organisasi). Dalam didapatkan sebuah pengertian bahwa hubungan sosial yang diikat oleh adanya kepercayaan yang mana kepercayaan itu dipertahankan dan dijaga oleh norma-norma yang ada.

Pada konsep jejaring sosial ini, terdapat unsur kerja yang melalui media hubungan sosial menjadi suatu kerjasama yang saling menguntungkan. Sehingga Dari atas dasar inilah, maka jejaring sosial menjadi unsur pembangunan yang merujuk pada keterikatan dan kesepatakan, sehingga menunjang segala sisi dalam pembangunan.

Pengertian Jejaring Sosial Menurut Para Ahli

Adapun definisi jejaring sosial menurut para ahli, antara lain;

  1. Fukuyama (1995)

Menurutnya, definisi jejaring sosial atau jaraingan sosial adalah suatu upaya melakukan kerjasama yang ada dalam modal sosial dalamrangka membentuk organisasi di mana para anggotanya secara sukarela menyerahkan sebagian hak-hak individunya untuk bekerja bersama-sama mencapai suatu tujuan, berdasarkan aturan-aturan yang disepakati.

Kesepakatan yang terjadi tersebut menyebabkan setiap orang atau individu melaksanakan kewajibannya masing-masing secara bebas tanpa perlu diawasi, karena satu sama lain menaruh kepercayaan bahwa setiap orang akan melaksanakan kewajibannya.

  1. J.A Barnes (1954)

Pengertian jejaring sosial adalah sistem yang terstruktur secara sosial yang mana sistem tersebut terdiri dari berbagai individu dan organisasi yang berbeda namun khirnya dituntut untuk memiliki kesamaan.

  1. Wikipedia

Dalam Wikipedia, pengetian jejaring sosial adalah struktur sosial yang berawal dari berbagai simpul perbedanaan, kemudian dilakukan pengenalan dan kerjasama dengan struktur yang lain, hingga akhirnya memiliki kesamaan nilai, ide, visi, misi, teman, keluarga, keturunan, dan lain sebaginya.

Demikianlah pengertian jejaring sosial (social network) menurut para ahli, semaoga dengan adanya pengrtian ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang memahami tentang “Jejaring Sosial”.

1/5 - (1 vote)