4 Pengertian Kampanye Sosial Menurut Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Kampanye Sosial Menurut Ahli Lengkap

indonesiastudents.com– Kampanye sosial (deologically or cause oriented campaigns) pada dasarnya menjadi salah satu ketegori atau pembagian kampanye. Kampanye sosial memiliki ciri khas tersendiri, sebab kampanye ini dilakukan untuk suatu perubahan dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca: 8 Pengertian Pluralisme Menurut Para Ahli

Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut, berikut indonesiastudents.com akan memberikan pengertaian kampanye sosial.

Pengertian Kampanye Sosial


Kampanye sosial adalah kegiatan berkampanye yang dilakukan oleh seseorang dengan serangkaian tindakan untuk mengkomunikasikan pesan yang biasanya berisi tentang masalah-masalah sosial kemasyarakatan. Kampanye sosial ini bersifal non kamersil karena tujuannya adalah perubahan agar masyarakat menjadi lebih baik.

Tujuan kampanye sosial biasanya menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap masalah sosial  yang  sedang  terjadi. Oleh karena itulah kampanye sosial ini disitilahkan sebagai penjualan gagasan kepada masyrakat. Contoh kampanye sosial yang bisa dilakukan atau yang sering kita lihat misalnya anti merokok, mmembuang sampah pada temapatnya, dan lain sebaginya.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, berikut beberapa pengertian kampanye sosial menurut para ahli;

Pengertian Kampanye Sosial Menurut Para Ahli


Setidaknya ada 4 tokoh yang mendefinisikan kampanye sosial, diantarnya sebagai berikut;

Lukman (1996)

Menurutnya, kampanye sosial adalah suatu bentuk gerakan atau tindakan yang dilakukan untuk     melawan, mengadakan aksi, mengubah prilaku, mengubah keadaan dan lain sebaginya.

Venus (2004)

Definisi kampanye sosial adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan perseorangan atau organisasi dengan terencana dan memiliki tujuan untuk menciptakan  perubahan yang lebih baik dalam kurun waktu tertentu.

Charles U. Larson (1992)

Kampanye sosial adalah kegiatan mengkomunikasikan pesan kepada masyarakat tentang  masalah  sosial  yang bersifat non  komersil.

Kotler (1992)

Menurutnya, arti kampanye sosial adalah jenis kampanye yang berorientasi kepada tujuan dan tidak berdimensi pada keutungan harta benda.

Dari 4 pengertian kampanye sosial menurut para ahli di atas dapat disimpulkan jika kampanye sosial adalah kampanye yang dilakukan demi perubahan dalam kehidupan bermasyarakat tanpa adanya imbalan dalam segi harta benda.

Demikianlah pengertian kampanye sosial menurut para ahli. Semoga pengertian ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari referensi mengenai “Kampanye Sosial” trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;