Pengertian dan Kepanjangan 3M (Menutup, Menguras, dan Menimbun)

Diposting pada
Kepanjangan 3M
Kepanjangan 3M

Hakikatnya pada dewasa ini penyakit demam berdarah semakin marak terjadi di Indonesia. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh kondisi geografis Indonesia yang merupakan wilayah tropis dengan curah hujan yang tinggi. Kedua hal ini tentusaja menjadi faktor besar dalam perkembangan nyamuk aedes aegepty yang merupakan agent pembawa virus dengue.

Alasan Curah hujan tinggi meningkatkan peluang nyamuk ini berkembang lebih luas.  Bahkan berdasarkan beberapa penetian Indonesia menempati posisi tertinggi dalam jumlah penderita demam berdarah se-Asia Tenggara, dengan jumlah kematian akibat penyakit ini sebanyak 1317 orang pada tahun 2010 (Kompas.com; 2011). Berselang 3 tahun, kasus demam berdarah di Indonesia berjumlah 48.905 orang (Tempo.co:2013). Fakta ini menunjukkan bahwa demam berdarah masih menjadi wabah tahunan bagi Indonesia dan perlu adanya tanggapan serius.

3 M (Menutup, Menguras, dan Menimbun)

Jumlah kasus DBD sendiri dapat ditekan dengan melakukan upaya pencegahan terhadap perkembangbiakan agent, serta kontak langsung antara manusia dengan nyamuk. Saat ini upaya paling populer dalam mencegah perkembangbiakan agent dengan melakukan program 3M yaitu Menutup, Menguras, dan Menimbun.

Pengertian 3 M (Menutup, Menguras, dan Menimbun)

Gancarnya sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah terutama ketika musim penghujan, mengenai 3 M yang dikenal dengan menutup, menguras, dan menimbun, pada akhirnya menjadikan kami berinisitasi memberikan definisi atau pengertian daripada 3M (Menutup, Menguras, dan Menimbun).

  1. Menutup

Menutup adalah langkah awal mencegah kasus demam berdarah yang ada, menutup ini menjadi steep awal mencegah kasus demam berdarah, menutup yang dimaksukan adalah menutup tempat-temepat penyimpanan air, seperti bekas kaleng susu di belakang rumah, atau bahkan bekas batok pada pohon kelapa.

  1. Menguras

Menguras tempat-tempat penyimpanan air yang dilakukan dengan cara seminggu tiga kali, atau bahkan lebih. Menguras yang dimaksudkan lebih dideskripsitkan pada bagian dalam rumah yang dianggap penting, seperti pada bagian kamar mandi, atau lainnnya.

  1. Menimbun

Menimbun yang dimaksudkan pada barang yang menjadi tempat penyimpanan air, sebagaimna dalam tahap yang pertama yaitu barang-barang yang tidak berguna tapi menjadi sarang nyamuk, seperti kaleng bekas, yang telah menjadi arti limbah anorganik.

Kesimpulan

Dari adanya langkah 3M yang memiliki kepanjangan Menutup, Menguras, dan Menimbun yang kita lakukan tersebut pada dasarnya belum mampu untuk menghindarkan manusia dari bahaya nyamuk Aedes aegepty secara maksimal yang menjadi penyebab penyakit Demam Berdarah.

Oleh karenannya seringkali kita memberlukan protect dalam mengurangi kontak langsung penyebaran penyakit demam berdarah, dan mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan lotion anti nyamuk, obat nyamuk bakar, spray anti nyamuk, dan obat nyamuk elektrik berbahan dasar kimia atau berbahasan dasar alami.

Demikianlah artikel mengenai pengertian dan kepanjangan 3M berupa penjelasan tentang menutup, menguras, dan menimbun Semoga dapat bermanfaat bagi seteiap pembaca yang sedang memberlukan penjelasan mengenai hal ini.

4.9/5 - (13 votes)