Pengertian Keterampilan Belajar Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Keterampilan Belajar– Keterampilan belajar bisa dikatakan sebagai salah satu  potensi dan tugas pendidikan yang kuantitas dan kualitasnya dipengaruhi oleh faktor ekternal. Seorang yang terampil belajar ia akan menjadi pembelajar bagi dirinya sediri, selain itu keterampilan belajar yang berbasis pada  kesadaran akan mampu meningkatkan kesadaran bahwa ia adalah bagian dari kehidupan.

Bila seseorang yang pada dasarnya memilih untuk menjadi pembelajar maka ia akan dengan mudah menyadari pentingnya organisasi yang terus menerus menambah pengetahuan, memperluas kapasitas, dan menciptakan masa depan.

Baca: 16 Cara Membuat Makalah Yang Baik

Seorang pembelajar tentunya akan bertanggungjawab baik kepada Tuhan, kepada diri sendiri, ataupun kepada sesama manusia. Adapun sebagai pendoronga potensi yang harus dikembangkan oleh pembejalajar dalam proses terbentuk suatu keterampilan belajar ada 4, yaitu sebagai berikut:

  1. Belajar untuk mengetahui
  2. Belajar untuk dapaat melakukan
  3. Belajar untuk dapat mandiri
  4. Belajar untuk dapat bekerja sama

Empat keterampilan tersebut tentunya menjadi pilar belajar yang akan menjadi acuan seseorang dalam menyelenggarakan kegiatan belajar dan mengajar. Untuk mempertegas apa sih pengertian keterampilan belajar?, berikut ini indonesiastudents.com akan mencoba memberikan pengertian keterampilan.

Pengertian Keterampilan Belajar


Keterapilan belajar adalah cara untuk mempertahankan dan mengungkapkan pengetahuan yang dianggap efektif oleh tenaga pendidik sehingga seorang murid akan bisa menyerap pengetahuan yang di dapatkan dalam mata pelajaran dengan mudah.

Selanjutnya setelah memberikan pengertian keterampilan belajar, kita akan mengulas tentang pengertian keterampilan belajar menurut para ahli.

Pengertian Keterampilan Belajar Menurut Para Ahli

Berikut ini 3 pengertian keterampilan belajar menurut para ahli pendidikan, yaitu:

Salinger, 1983
Memberikan pengertian bahwa keterampilan belajar adalah daftar keterampilan yang spesifik dilakukan oleh pendidikan, seperti mengorganisasi, memproses, dan menggunakan informasi yang diperoleh dari membaca.

Dean, 1977 dalam Maher & Zins, 1987
Memberikan pengertian bahwa keterampilan belajar adalah suatu keterampilan yang dapat mengembangkan kemandirian siswa dalam proses pembelajaran.

Moh. Surya (1992)
Memberikan pengertian bahwa keterampilan belajar adalah kegiatan-kegiatan yang bersifat neuromuscular, artinya menuntut suatu kesadaaran yang tinggi yang dilakukan pendidik di lembaga pendidikan.

Dari defenisi keterampilan belajar atau pengertian keterampilan belajar diatas dapat disimpulkan bahwasanya keterampilan belajar adalah bagian dari proses kratifitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dalam upaya mempermudah perserta didik memperoleh pengetahuan yang diajarkan.

Demikianlah untuk ulsan atas pengertian keterampilan belajar menurut para ahli semoga bermanfaat dan bisa membuat pembacalebih kretaif dalam menyampaikan atau mentranfer pengetahuan kepada anak didik, baca juga artikel lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *