11 Pengertian Nilai Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

pengertian nilai menurut para ahli

Setiap tindakan dan prilaku manusia di dalam lingkungan dan masyarakat seringkali dikaitkan dengan nilai, sebab nilai ini memberikan pemaknaan yang begitu penting dalam kehidupan yang dijalani oleh manusia itu sendiri. Oleh karena itulah pada tulisan ini akan memberikan berbagai penjelasan mengenai pengertian nilai menurut para ahli.

Nilai

Secara umum pengertian nilai dapat diartikan sebagai suatu ide tentang apa yang dianggap baik, layak, indah, dan dikehendaki oleh setiap masyarakat dalam kehidupannya. Nilai ini bahkan menjadi cerminan serta gambaran akan hidupnya masyarakat  yang saling membantu keteraturan sosialnya.

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Adapula yang memberikan pengertian bahwa nilai adalah penilaian yang berkembang dan dianut dalam masyarakat. Sedangkan pengertian nilai menurut para ahli adalah sebagai berikut;

Soerjono Soekanto

Menurutnya, nilai adalah konsepsi abstrak yang ada dalam diri manusia, hal ini dikerenakan nilai dapat dianggap baik dan dapat pula dianggap sebagai jelek. Nilai baik selalu menjadi simbul kehidupan yang dapat mendorong ontegritas sosial sedangkan nilai yang buruk akan memberikan dampak yang berarati seperti halnya dampak yang terjadi pada konflik. Selengkapnya, baca; 16 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli dan Dampaknya

Wood

Pengertian nilai adalah petunjuk umum yang telah berlangsung lama, petunjuk ini bahkan dianggap mampu mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenannya nilai dalam ketegori ini terbagi menjadi dua, yakni nilai baik dan buruk.

Simanjuntak

Pengertian nilai adalah Ide-ide masyarakat tentang sesuatu yang baik dan sesuatu yang dianggap buruk. Keadaan ini bisa disebabkan dari adanya faktor kebisasaan atau budaya dalam masyarakat yang mana selalu dijalankan setiap hari-harinya.

Robert Lawang

Definisi nilai ialah gambaran mengenai apa yang diinginkan, berharga, pantas, dan juga dapat memengaruhi perilaku sosial setiap individu yang memiliki nilai tersebut. Nilai ini menjadi ceriminan serta menjadi pedoman tata tertip kehidupan masyarakat.

Hendropuspito

Menurutnya, definisi nilai adalah segala sesuatu yang dapat diberikan penghargaan kepada masyarakat karena di dalamnya mempunyai fungsi dalam perkembangan kehidupan yang ada. Perkembangan dan fungsinya mampu menjadi pedoman dalam tata prilaku masyarakat.

Karel J. Veeger

Ahli sosiologi ini memberikan pengertian bahwa nilai adalah suatu kiteria yang dberikan kepada individu ke individu lain berdasarkan dengan perbuatan yang dilakukan. Pengertian ini secara langsung juga dapat diberikan pemahaman bahwa dipertimbangkan berdasarkan moral.

Green

Pengertian nilai sosial adalah kesadaran yang relatif diterpakan dan berlaku bagi setiap individu kepada kehidupan yang ada dalam masyarakat. Nilai ini menjadi simbul subjektif dari tata kelakukan yang diciptakan oleh masyarakat pada umumnya.

Kluckhonhn

pengertian nilai adalah bentuk keinginan, akan pemberian lebal baik atau buruk kepada seseorang yang diberikan oleh masyarakat atau lingkungan sekitarannya, Pelebelan ini bisa di dapatkan dari aktivitas individu-individu dalam menjalankan kelakuan disetiap harinya.

Koentjaraningrat

Pengertian nilai adalah suatu bentuk budaya yang memiliki fungsi sebagai sebuah pedoman bagi setiap manusia dalam masyarakat. Bentuk budaya ini dikehandaki dan bisa juga dibenci tergantung daripada anggapan baik dan buruk dalam masyarakat.

Alvin L Bertrand

Nilai adalah kesadaran yang disertai gagasan atas perbutan yang dilakukan seseorang, nilai dalam pengertian ini bisa baik dan bisa juga buruk. Oleh karenannya setiap masyarakat harumampu menginterprasikannya dalam kehidupan yang dijalaninya.

Wikipedia

Nilai adalah sebuah konsep yang berbentuk abstrak karena dapat mendapat perdiket baik, buruh, bagus, jelek, dan lain sebaginya. Nilai dalam arti ini bisa dikatakan sebagai simbul yang dianggap mampu menjadi peroman dalam berprilaku masyarakat.

Berdasarkan 11 pengertian nilai menurut para ahli diatas, dapat dikatakan jika pengertian nilai secara umum adalah suatu criteria yang diberikan kepada setiap individu yang masih bersifat abtrak, nilai diberikan berdasarkan dengan tingkah laku yang dijalankan. Sebagai penjelasan lebih lanjut, tentang nilai tersebut. Dalam artikel ini akan diberikan contoh nilai atau penilaian yang seringa terjadi.

Contoh Nilai

Adanya seorang anak yang terlahir catat, seketika sedang sekolah atau bermain sering mendapatkan ejekan dari teman lainnya. Dalam contoh ini dapat dikatakan jika perbuatan anak yang mengejak seorang anak yang terlahir catat dapat dikatakan tidak baik karena tidak sesuai dengan apa yang kita anggap layak atau baik untuk dilakukan, yaitu mengasihi orang lain.

Contoh Nilai Buruk

Adapun contoh nilai buruk yang ada dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja tindakan mencontek, plagiarisme tanpa memberikan sumber serta tindakan lainnya yang melanggar keteraturan sosial masyarakat. Kondisi terhadap nilai buruk ini selalu disarakan untuk bisa dihindari.

Artikel Terkait;

  1. 4 Ciri-Ciri Nilai Sosial

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian nilai menurut para ahli yang disertai dengan contoh nilai, semoga dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang mendalami tentang pengertian/definisi/arti nilai secara umum. Trimakasih