7 Pengertian Peta Menurut Para Ahli dan Syaratnya

Diposting pada
Pengertian Peta Menurut Para Ahli
Pengertian Peta Menurut Para Ahli

Peta pada hakikatnya menjadi salah satu materi terpenting dalam kajian ilmu sosial, khususnya pembahasan mengenai peta dilakukan dalam disiplin ilmu geografi. Peta yang berasal dari Bahasa Yunani  “Mappa” ini diartikan sebagai yang berarti taplak ataupun kain penutup meja.

Namun untuk definisi secara umum peta ialah lembaran seluruh atau hanya sebagai permukaan bumi pada bidang datar yang dilakukan dengan memperkecil menggunakan skala tertentu. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini akan memberikan uraian mengenai pengertian peta menurut para ahli.

Peta

Peta adalah objek daripada gambaran suatu bentuk permukaan bumi yang menggunkan proyeksi-proyeksi tertentu, termasuk segala bentuk unsur-unsur alamiah dan unsur-unsur buatan manusia yang ada di dalamnya. Adapun untuk Ilmu pengetahuan, seni  dan teknologi tentang pembuatan peta yang dikenal oleh masyarakat sering disebut dengan katorgrafi atau ahli katorgrafi.

Pengertian Peta Menurut Para Ahli

Selanjutnya untuk definisi peta menurut para ahli adalah;

  1. International Cartographic Association(CA)

Menurutnya, peta adalah objek dalam gambaran dari segala unsur permukaan bumi yang digambar dengan skala kecil gambar.

  1. Bakosurtanal (2005)

Peta adalah tempat penyimpanan dan juga tempat penyajian data  degan kondisi lingkungan, sehingga menjadi sumber informasi penting bagi masyarakat untuk kemudian dipergunakan dalam merencanakan serta mengambil keputusan pada tahap pembangunan.

  1. Erwin Raisz (1948)

Peta adalah gambaran konvensional dari segala penampakan muka bumi yang diperkecil dengan skala dan digambar pada bidang datar.

  1. Aryono Prihandito (1988)

Definisi peta adalah gambaran mengenai atau tentang suatu permukaan bumi dengan menggunakan skala-skala tertentu yang diungkapkan dalam bentuk bidang datar dengan sistem proyeksi-proyeksi yang dilakukan.

  1. H.R Wilkinson dan F.J Mounkhous

Arti peta adalah rakitan dari empat macam infomasi (garis, titik, nama, dan wilayah) yang ditulis atau digambarkan dalam bentuk Istilah.

  1. Soetarjo Soerjosumarmo

Menurut tokoh dari Indonesia ini, mengartikanpeta sebagai bentuk lukisan permukaan bumi yang digambarkan dengan bentuk kecil melalui perbandingan ukuran tertentu dari bentuk nyatanya.

  1. Wikipedia

Peta ialah gambaran permukaan bumi secara keseluruhan atau sebagian yang dilakukan dengan bidang datar dengan menggunakan skala tertentu melalui sistem proyeksi yang diperhitungkan oleh para ahli.

Syarat Peta

Adalah sebagai berikut:

  1. Tidak membingungkan bagi para pembacanya
  2. Mudah dipahami
  3. Bersih dan rapih
  4. Teliti dan sesuai dengan tujuan dari keadaan yang sebenarnya
  5. Memberikan gambaran yang sebenarnya

Jenis Peta Menurut Pembuatannya

Sedangkan untuk jenis-jenisnya, para ahli menyebutkan jika macam peta bisa dilhat berdasarkan dengan pembuatannya. Yakni;

  1. Berdasarkan Isinya
  2. Berdasarkan Skalanya
  3. Nilai Datanya
  4. Sifat Datanya
  5. Tujuannya
Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapatlah dikatakan jika peta sebenarnya ialah gambaran tentang permukaan bumi yang dilakukan dengan skala kecil dengan menggunakan proyeksi tertentu. Pengertian inipun secara tidak langsung juga mampu memberikan ulasan bawasanya fungsinya peta sebagai media maka peta harus memenuhi syarat-syarat dalam pembuatan peta yang baik.

Demikialn ulasan mengenai pengertian peta menurut para ahli, yang disertai dengan syarat serta jenis-jenis peta secara langkap. Semoga dengan ulasan ini daoat memberikan pemahaman kepada setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Peta”.

3.8/5 - (5 votes)