8 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Pengertian Populasi– Populasi adalah istilah yang tak asing lagi, bagi seseorang yang akan melakukan penelitian atau yang akan mengerjakaran karya tulis ilmiah, baik skripsi, tesis, makalah atau yang lainnya. Populasi bahkan menjadi dasar dalam pelajaran statistika.

Meskipun tak jarang, pupulasi sudah familiar untuk defenisi populasi atau pengertian populasi sendiri ada yang sedang mencari ataupun kebingungan dalam menggartikan apa sih populasi itu?. Oleh karenanya pada artikel ini indonesiastudents.com akan memberikan pengertian populasi.

Pengertian Populasi


Populasi dapat diartikan sebagai gambaran keseluruhan obyek ataupun subyek penelitian yang dinilai memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu terhadap rencana penelitian yang akan dilakukan atau yang telah direncanakan oleh peneliti.

Baca: Pengertian Metode Pembelajaran Sintifik Menurut Ahli

Adapun untuk memperdalam pengertian populasi, tulisan ini juga akan memberikan berbagai pengertian populasi menurut para ahli. Sebab dengan adanya pengertian para ahli ulasan mengenai pengertian populasi dapat dengan mudah untuk dipahami.

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Para ahli banyak yang mengartikan tentang populasi, meskipun berbeda pendapat tapi umumnya ahli-ahli tersebut sepakat jika populasi adalah keseluruhan objek ataupun subjek penelitian. Berikut pengertian ahli tentang populasi.

Arikunto (2013)
Memberikan pemahaman bahwa populasi adalah keseluruhan objek dalam penelitian. Oleh karena itu apabila ditemukan seseorang ingin meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitian yang dilakukan merupakan penelitian populasi.

Sukardi (2003)
Memberikan pengertian bahwa populasi adalah semua anggota kelompok, baik manusia, hewan, benda, atau peristiwa yang tinggal secara bersama dalam suatu tempat sama dengan perencanaan untuk melakukan penelitian.

Sugiyono dalam Gerrytri (2013)
Mengungkapkan bahwa populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek atau subjek yang dinilai mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu sehingga penting untuk ditetapkan oleh peneliti dalam mempelajari kemudian dan menyimpulkannya.

Frankle (2007)
Memberikan pengertian bahwa populasi adalah suatu kelompok yang menarik untuk dilakukan peneliti generalisasi dari hasil studi penelitian yang direncanakan.

Sabar (2007)
Populasi dapat diartikan sebagai keseluruhan dari subyek penelitian yang ingin dilakukan.

Netra (2007)
Memberikan pengertian bahwa populasi adalah suatu objek dalam penelitian yang memiliki karakterstik sama.

Furchan (2004)
Memberikan pengertian bahwa populasi adalah seluruh anggota dalam penelitian yang telah dirumusakan dengan jelas melalui hitungan-hitungan yang berlaku.

Hadari Nawawi (1983)
Memberikan pengertian bahwa populasi adalah seluruhan objek dalam penelitian, baik terdiri atas manusia, hewan, tumbuhan, benda, peristiwa, gejala-gejala, ataupun  nilai tes sebagai sumber data yang mempunyai karaktersitik sama terhadap rencana penelitian yang ingin dilakukan.

Dari 8 pengertian populasi menurut para ahli di atas dapat dikatakan bahwa sesungguhnya populasi ini adalah seluruh elemen yang ada dalam penelitian atau rencana penelitian. Oleh karena itu tak jarang ada yang menyebutkan bahwa populasi adalah model penelitian sensus, yang mana semua unsur dalam karakteristik yang sesuai dengan rencana penelitian akan diwawancarai atau diteliti secara bersama.

Setelah kita mengulas lebih dalam tentang pengertian populasi, penting juga bagi tulisan ini untuk menjelaskan macam-macam populasi.

Macam-Macam Populasi

Macam-macam atau jenis populasi yang umumnya sering dilakukan oleh banyak penelitia, ada dua, yaitu Populasi teoretis (teoritical population) dan Populasi yang tersedia (accessible population).

Populasi Teoretis

Populasi teoritis dapat diartikan sebagai populasi yang batasan penelitiannya telah ditetapkan secara kualitatif. Contohnya pendafar Pegawai Negri Sipil (PNS) yang ditetapkan pemerintah minimal harus menempuh pendidikan S1, dan lain sebagainya.

Populasi yang Tersedia

Populasi ini dapat diartikan sebagai populasi yang memimiliki batasan kuantitatif. Contohnya, sebanyak 300 pondok pesantren di Indonesia mengikuti Liga Santri Nusantra. Itu artinya bahwa pondok pestran yang telah ditentukan memiliki karakteristik yang sesuai dengan populasi teoretis yang telah ditetapkan dalam rencana penelitian.

Demikianlah untuk pengertian populasi yang disertakan pula dengan 8 pengertian populasi menurut para ahli lengkap, semoga dapat bermanfaat dan membantu bagi siapapun yang ingin memahami populasi. Trimakasih

Baca Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *