Pengertian Resensi Buku, Tujuan, Unsur, Jenis dan Manfaatnya Lengkap

Posted on

pengertian resensi buku

Resensi barangkali menjadi salah satu metari yang wajib untuk di pelajari bagi seseorang yang menempuh jenjang pendidikan, baik di tingkat Sekalah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, sampai pada Perguruan Tinggi. Materi tentang resensi buku wajib dipelajari karena ternyata meresensi buku bukan hanya memiliki segudang manfaat bagi penulisnya tetapi juga memiliki keuntungan. Keuntungan terbesarnya meresensi buku dapat menghasilakan uang dan juga memberikan buku gratisan, banyak majalah atau media masa yang menyedikan kolom khusus bagi meraka yang hobi mersensensi buku. Sebagai ulasan lebih lanjut berikut pada artikel ini membahas mengenai pengertian resensi buku, tujuan, unsur, jenis dan manfaatnya.

Pengertian Resensi Buku

Pengertian resensi buku ialah suatu bentuk penilaian seseorang akan kekurangan dan kelebihan karya yang telah disiptakan oleh orang lain, baik karya berupa buku, film dan drama. Kemudian resensi tersebut diperjelas untuk disampaikan kepada khalayak umum (masyarakat).

Sedangkan pengertian resensi buku menurut para ahli, salah satunya diungpakan oleh Eka Budianta bahwa rensesi buku ialah struktur tulisan dengan konsep pembuatan artikel yang paling sederhana. Dengan melampirkan karya orang lain dalam kajian yang dilakukannya.

Dari defenisi mengenai resensi buku atau pengertian buku di atas, dapat dikatakan jikalau resensi buku  tidak terlepas dari kegiatan, kegiatan tersebut berupa penilaian terhadap karya milik orang lain, yang dilakukan kajian secara empiris dan objektif.

Setelah kita memberikan penjelasan mengenai pengertian resensi buku, selanjutnya tulisan ini akan memberikan ulasan mengenai tujuan resensi buku. Tujuan yang ada di dalam bentuk resensi ini sendiri antara lain ialah sebagai berikut;

Tujuan Resensi Buku

Beberapa tujuan yang dimiliki dalam kegiatan resensi buku, diantaranya;

  1. Memberikan suatu bentuk pemahaman kepada masyarakat, pemahaman ini disajikan dalam bentuk singkat dan padat mengenai karya yang dipersembahkan.
  2. Memberikan informasi secara komprehensif dan dapat dipertangungjawabakan kepada khalayak umum, dengan kehendak penulis itu sendiri.
  3. Mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mendiskusikan atau memikirkan masalah yang diangkat dalam buku.
  4. Mesresensi buku bertujuan untuk memberikan pertimbangan tentang pantas atau tidaknya buku itu untuk dibaca ataupun diterbitkan, dalam penetingan tertentu.
  5. Meresensi buku bertujuan untuk memberikan jawaban atas sejumlah pertanyaan suatu buku secara sekilas, melalui jawaban yang dapat dipertanggung jawabkan.

Unsur Resensi Buku


Resensi buku dapat dikatakan sempurna atau baik, jiakalau memenuhi beberapa unsur-unsur dalam resensi. Berikut unsur-unsur resensi buku tersebut;

Judul Resensi

Judul dalam resensi buku, harus kesinambungan dengan isi resensi yang disampaikan. Selain itu juga, judul dalam resensi memberi nilai tersendiri atas karya yang dibuat atau dipublikasikan kepada orang lain. Ide membuat judul dalam resensi buku bisa dipergunkan melalui judul asli yang akan diresensi.

Menyusun Data Buku

Unsur kedua dalam meresensi buku ialah penyusunan data buku, data buku yang disusu dapat dilakukan dengan hal-hal sebagai berikut:

  1. Judul buku
  2. Menyebutkan Pengarang
  3. Penerbit
  4. Tahun terbit dan cetakan Buku yang Diresensi
  5. Dimensi buku/Tebal buku
  6. Harga buku

Isi Resensi Buku

Bagian ketiga dalam resensi buku ialah isi resensi yang tujuannya mengenai synopsis serta memberikan ulasan singkat mengenai buku, baik ulasan tersebut menyangkut kutipan,  keunggulan, bahasan dan kelemahan. Isi resensi buku ini adalah bagian inti daripada resensi yang akan dibuat.

Penutup Resensi Buku

Pada bagian keempat dalam resensi buku ialah penutup buku. Bagian penutup resensi buku biasanya tak bisa lepas dari  alasan menganpa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku yang bersangkutan ditujukan. Bagian ini bisa diisi dengan klimaks kata-kata, atau bahkan bisa mempergunakan majas.

Jenis-Jenis Resensi Buku

Setidaknya dari macam kegiatan resensi buku atau jenis resensi buku ada 3, meskipun dari ketiga resensi buku ini semuanya tidak teratur artinya semunya bisa dikolaborasikan. Adapun ketiga jenis resensi tersebut antra lain sebagi beikut;

Resensi Informatif

Jenis pertama adalah resensi informatif yang berlaku jikalau resensi yang disampaikan memberikan gambaran dari keseluruhan isi buku kepada para pembaca. Resensi informatif ini bertujuan untuk mengulas keseuruhan yang ada di dalam buku tersebut.

Resensi Deskriptif

Resensi deskriftif yaitu resensi yang membahas secara detail disetiap bagian atau sub bab dari buku yang dirensensi. Sub-sub ini disusun berdasarkan pada bab dalam buku. Bentuk resensi ini bisa dengan mudah kita kenali ketika seseorang menjadi pembahas dalam seminar badah buku.

Resensi Kritis

Jenis resensi yang terkhir yaitu resensi kritis yang artinya bentuk bentuk resensi yang mengulas secara detail tentang buku, yang selanjutnya dalam resensi ini menguraikan secara kritis dan objektif terhadap isi buku yang bersangkutan.

Setelah kita menguraikan tentang pengertian resensi buku, tujuan, unsur, jenis renensi buku. Selanjutnya pembahasan kita akan merujuk pada manfaat merensensi buku. Berikut manfaat meresensi sebuah buku.

Manfaat Meresensi Buku


Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh seseorang yang meresensi buku, berikut manfaaf yang didapatkan oleh penulis resensi, pemilik karya, dan pembaca atau masyarakat umum;

Manfaat Resensi Buku Bagi Penulis Resensi

Manfaat yang didapatkan oleh seseorang yang menulis resensi buku ialah mengembangkan kreativitas dan belajar mengambil dari makna buku yang bersangkuatan. Selain itu juga memiliki nilai ekonomis, dimana nilai ekonomis ini dadaptkan jikalau resensi yang dibuat diterbutkan di media masa, maka penulis akan mendapatkan royalty, selain itu mendapatkan bonus tersediri juga dari penulisanya.

Manfaat Resensi Buku Bagi Pembaca

Manfaat resensi buku yang di dapatkan oleh pembaca diantaranya ialah memberikan bahan pertimbangan tentang kwualitas dan isi buku Bahan pertimbangan ini di dapatkan jikalau resensi yang ditampilkan menarik untuk dibahas dan di ulas lebih mendalam.

Menfaat Resensi Buku Bagi Pemiliki Karya

Pemilik karya juga bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan resensi buku yang dilakukan oleh seseorang, alasannya dengan adanya resensi buku tersebut secara tidak langsung penulis dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan tulisan yang disajikan. Selain itu kegiatan resensi juga dapat dilakukan sebagai media promosi secara gratis.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Kata Serapan, Cara Menulis dan Contohnya
  2. 5 Cara Menulis Opini yang Baik dan Mudah
  3. Cara Menulis Yang Bagus Bisa Dilakukan Dengan 5 Pengalaman

Dari penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa resensi buku adalah kegiatan ilmiah yang bisa memberikan edukasi kepada khalayak umum untuk menambah pengetahuan serta memberikan gamabaran dengan jelas mengenai isi buku. Bahkan dalam resensi buku ini banyak media cetak atau online yang menerima yang tentusaja akan memberikan bayaran. Selengkapnya, baca; 13 Alamat Redaksi Yang Menerima Resensi Buku Beserta Syarat Pengiriman dan Honornya

Demikianlah ulasan atas pembahasan mengenai pengertian resensi buku, tujuan resensi buku, unsur-unsur mersensi buku, jenis resensi buku dan manfaat meresensi buku semoga bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari referensi seputar resensi buku. Trimakasih,

Pengertian Resensi Buku, Tujuan, Unsur, Jenis dan Manfaatnya Lengkap
4 (80%) 1 vote