11 Pengertian Stratifikasi Sosial, Ciri, Unsur, Sifat dan Fungsinya {Terlengkap}

Diposting pada

11 Pengertian Stratifikasi Sosial, Ciri, Unsur, Sifat dan Fungsinya {Terlengkap}

Pengertian Stratifikasi Sosial, Ciri, Unsur, Sifat dan Fungsinya

indonesiastudents.comStratifikasi sosial menjadi salah materi dalam Ilmu Sosial, seperti sosiologi, hukum, ekonomi, psikolagi, dan lainnya. Stratifikasi sosial sangat penting untuk dipahai, hal ini lantaran menyangkut proses kehidupan setiap manusia dalam kelompoknya.

Secara umum adanya stratifikasi sosial dalam masyarakat itu sendiri, terbentuk karena adanya tugas dan penempatan seorang dalam masyarakat, hadiah (reward) berdasarkan penilaian materi dan nonmateri, serta kelangkaan pekerjaan karena membutuhkan keahlian.

Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini, indonesiastudents.com akan memberikan pembahasan mengenai pengertian stratifikasi sosial, ciri, Unsur, Sifat dan fungsinya.

Baca: Pengertian Integrasi Sosial, Bentuk, Faktor, dan Contohnya Menurut Para Ahli

Pengertian Stratifikasi Sosial


Stratifikasi sosial adalah keadaan masyarakat yang dianalisis secara bertingkat, mulai dari tingkatan paling bawah, sedang, dan atas. Stratifikasi sosial muncul karena adanya pengrahaan atas kwalitas dan kemampuan setiap individu.

Sedangkan untuk pengertian stratifikasi sosial menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut;

Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Para Ahli


Max Weber

Stratifikasi sosial menurutnya adalah penggolongan individu dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan hirarki menurut dimensi kekuasaan, privilege dan prestise

Cuber

Stratifikasi sosial adalah suatu pola yang ditempatkan di atas kategori dari hak yang berbeda

Pitirin A. Sorokin

Definisi Stratifikasi sosial  adalah pembedaan masyarakat ke dalam kelas yang tersusun secara bertingkat, atau berkelas. Kelas sosial sendiri Pitrin menambah terdiri atas: kelas sosial tinggi (upper class), kelas sosial menengah (middle class), dan kelas sosial rendah (lower class).

Robert M. Z. Lawang

Stratifikasi sosial menurutnya, adalah suatu bentuk penggolongan seseorang terhadap kelompoknya yang berdasarkan pada sistem sosial tertentu ke dalam lapisan bersifat hierarkis.

Horton Dan Hunt

Arti stratifikasi sosial adalah perbedaan status yang dijalankan masyarakat berdasarkan pada kriteria-kriteria tertentu.

Soerjono Soekanto

Startifikasi sosial menurutnya, ialah penduduk tingkatan pada masyarakat ke dalam golongan-golongan yang terpola.

Bruce J. Cohen

Stratifikasi sosial adalah sistem yang berlaku pada masyarakat, dimana sistem tersebut berdarkan pada kualitas yng dimiliki oleh setiap individu.

Astrid S. Susanto

Stratifikasi sosial secara pskologi adalah hasil kebiasaan yang menyebabkan lahirnya hubungan manusia secara terpla sehingga memiliki nilai untuk menentukan hubungan antar sesama dengan hubungan vartikal ataupun horizontal.

P.J. Bouman

Stratifikasi sosial adalah penggolangan suatu masyarakat yang ditandai dengan ditandai kesadaran perbedaan, sehingga mampu memunculkan keistimewaan natar masyarakat yang bersangkutan.

Robin William J.R.

Menurutnya, astratifikasi sosiadalah lapisan kehidupan yang ada pada masyarakat secara bertingkat yang didasari pada objek penyelidikan dan pengamatan.

Hassan Sadilly

Stratifikasi sosial adalah lapisan yang menyangkut tentang keadaan masyarakat dengan bagan bertingkat, baik tingkatan berbetuk horizontal ataupun vartikal. Yang memiliki ciri khas atau sifat terbuka.

Dari 11 pengertian stratifikasi sosial menurut para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa apa yang melkat pada stratifikasi sosial ialah tingkatan kehidupan dalam masyarakat. Pengertian ahli ini juga secara tidak langsung menimbulkan kesan bahwa ciri-ciri yang ada pada stratifikasi sosial adalah sebagai berikut;

Ciri-Ciri Stratifikasi Sosial


  • Terjadi secara sendirinya sebagai bagian dari proses dalam masyarakat

  • Faktor penentu dari stratifikasi sosial berbeda-beda. Misalkan dalam masyarakat berburu, faktor penentunya adalah kepandaian berburu.
  • Selanjutnya statifikasi sosial dibentuk dengan sengaja sebagai bagian subsistem sosial untuk mewujudkan tujuan tertentu

Sedangkan dasar yang dipergunakan masyarakat dalam menentukan lapisan sosial atau stratifikasi sosial biasanya tak lepas dari kekayaan, kekusaan, keturunan, dan pendidikan. Untuk unsur-unsur stratifikasi sosial diantarnya sebagai berikut;

Unsur-Unsur Stratifikasi Sosial


  1. Status atau kedudukan menjadi unsur terpenting dalam proses terciptanya stratifikasi sosial, hal ini lantaran status atau kedudukan seseorang menjadi alasan suatu kelompok atau masyarakat menghormatinya, misalnya saja Jokowi berstatus sebagai Presiden Indonesia yang kedududkannya menjadi simbul Negara Indonesia, maka pantas jikalau setiap kali ia datang di berbagai daerah selalu dtinggu oleh masyarakat.

  2. Peran (role) adalah sesuatu yang dinamis. Seseorang dinyatakan telah melaksanakan perannya apabila telah menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan status yang dimilikinya. Adapun untuk konflik peran terjadi apabila seseorang memiliki peran dari dua status yang berbeda.

Sifat Stratifikasi Sosial


Sifat stratifikasi sosial terbagi menjadi 3 hal, diantarnya sebagai berikut;


  1. Stratifikasi sosial tertutup adalah suatu jenis stratifikasi yang biasanya ditandai dengan sulitnya eseorang atau anggota dari setiap strata untuk naik ke strata lapisan yang lebih tinggi, contoh stratifikasi tertutup adalah kasta pada masyarakat Bali.

  2. Statifikasi sosial terbuka adalah stratifikasi yang masih memiliki kemungkinan untuk masuk ke strata yang lebih tinggi besar.
  3. Statifikasi sosial campuran adalah stratifkasi gabungan antara kedua jenis stratifikasi tertutup dan terbuka, biasanya dialami oleh orang yang bermigrasi ke tempat dari stratifikasi sosial tertutup ke stratifikasi sosial terbuka.

Adapun untuk adanya stratifikasi sosial berfungsi atau berguna sebagai berikut;

Fungsi Stratifikasi Sosial


  • Distribusi hak istimewa yang objektif

  • Sistem pertanggaan pada strata yang diciptakan menyangkut prestise dan penghargaan
  • Kriteria sistem pertentangan
  • Penentu simbol status atau kedudukan
  • Tingkat kesulitan untuk bertukar kedudukan
  • Alat solidaritas di antara individu/kelompok yang menduduki posisi yang sama

Demikianlah penjelasan atas “Stratifikasi Sosial”. Yang didalamnya menyangku tentang 11 pengertian stratifikasi sosial menurut para ahli, ciri, unsur, sifat dan fungsinya. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang menggali pengatahuan tentang stratifikasi sosial pada masyarakat. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Kebudayaan, Unsur, Sifat, dan Manfaatnya {Terlengkap}
  2. 3+ Pengertian Paternalisme dan Contohnya Menurut Para Ahli Lengkap
  3. 3 Pola Hubungan Antar Kelompok Sosial Manurut Para Ahli dan Penjelasannya Lengkap
  4. Pengertian Demografi Lengkap dan Contoh Pentingnya Demografi Bagi Masyarakat