Pengertian Termoelektrik dan Penjelasannya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Termoelektrik dan Penjelasannya Lengkap

Pengertian Termoelektrik

indonesiastudents.com– Fenomena Termoelektrik yang saat ini sedang berkembang merupakan gabungan  penemuan dari Thomas Johann Seebeck (1821) dan Jean Charles Peltier (1934). Thomas Johann Seebeck menemukan fenomena ini lewat hubungan tembaga dan besi yang diantaranya diletakkan jarum kompas, kemudian sisi logam dipanaskan dan menggerakkan jarum kompas.

Dari hal ini, beliau menemukan aliran listrik yang berubah menjadi medan magnet. Sementara Jean Charles Peltier melakukan dengan hal yang sebaliknya, yakni dengan mengalirkan listrik pada 2 logam yang disatukan dan diberikan aliran listrik, kemudian pada kedua sisi logam lainnya terjadi pemanasan pada satu sisi dan pelepasan panas pada sisi lainnya.

Baca: Pengertian Fitoremediasi dan Contoh Penerapan yang Berhasil

Adapun pada penjelasan kali ini, indonesiastudents.com akan memberikan ulasan mengenai pengertian termoelektrik dan penjelasan termoelektrik. Berikut penjelasan tersebut;

Pengertian Termoelektrik


Termoelektrik adalah suatu alat teknologi yang dapat mengkonversi energy panas menjadi energi listrik secara langsung, atau sebaliknya, yakni dari energi listrik menjadi dingin (pendingin). Sistem kerja termoelektrik sendiri bekerja berdasarkan efek seebeck.

Dalam penggunaan termoelektrik, bahan yang dipakai umumnya bersifat semi konduktor. Semi konduktor merupakan bahan yang dapat menghantarkan arus listrik namun tidak sempurna. Dalam hal ini, bahan yang digunakan pada termoelektrik adalah tipe n dan tipe p dan merupakan bahan semikonduktor ekstrinsik. Ada 3 sifat yang sangat penting dalam termoelektrik, yakni :

  1. Koefisien Seebeck (s)
  2. Konduktifitas panas (k)
  3. Resistivitas (ρ)

Ketiga hal diatas sangat berperan penting dalam menentukan termoelektrik yang dipakai. Material yang biasanya dipakai adalah : Bi2 Te3, PbTe, dan SiGe. Di beberapa negara, banyak sekali pemanfaatan yang telah dilakukan dengan menggunakan termoelektrik, seperti: pemanfaatan perbedaan panas di dasar laut dan darat, seperti suatu sistim hybrid pada kendaraan motor yang memanfaatkan kondisi motor listrik dan juga mesin pembakaran.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian termoelektrik dan penjelasannya lengkap. Semoga ulasan ini dapat memberikan pemahaman bagi setiap pembaca yang sedang mencari arti, defenisi, makan dari “termoelektrik” trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;

  1. 5 Pengertian Praktikum Menurut Para Ahli Lengkap
  2. 6 Pengertian Alat Peraga Menurut Para Ahli Lengkap
  3. Langkah Langkah Penelitian Pengembangan Lengkap
  4. 4 Pengertian Penelitian Pengembangan Menurut Para Ahli