Pengertian Wisata Bahari dan Contohnya di Indonesia

Diposting pada
pengertian wisata bahari
Pengertian Wisata Bahari

Wisata bahari atau yang lebih dikenal dengan tirta secara sederhana dapat diartikan sebagai kegiatan wisata yang erat kaitannya air atau laut. Sehingga banyak sekali contoh pulau dan laut yang dikembangkan menjadi objek wisata bahari atau tirta di Indonesia.

Bahkan wisata bahari sering kita temukan disetiap daerah yang ada di Indonesia, baik dari Sabang sampai Pulau Meroke. Karena Indonesia sendiri menurut Bengen ( 2001), menjadi Negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki 17.508 pulau dengan panjang garis pantai 81.000 km, sehingga hal tersebut mampu mengidentifikasikan bahwa Indonesia memiliki potensi sumberdaya pesisir dan lautan yang sangat besar. Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini akan memberikan pengertian wisata bahari.

Pengertian Wisata Bahari

Wisata bahari adalah suatu bentuk kegiatan wisata atau refresing yang berkaitan dengan air pantai, laut dan danau. Kegitan ini misalnya saja seperti bermain SKY Air, Jet  Sky, berenang, speed boat, menyelam dan kegiatan laut yang menikmati keindahan bawah laut.

Indonesia bisa dikatakan mempunyai potensi yang baik untuk dikembangkannya wisata bahari, karena merupakan negara kepulauan. Hal ini menunjukkan bahwa daerah-daerah pesisir mempunyai potensi yang baik untuk dikembangkannya wisata bahari.

Pengertian Wisata Bahari

Adapun definisi wisata bahari menurut para ahli, antara lain;

  1. Arief Yahya (2014)

Sektor wisata bahari adalah salah satu sektor pariwisata yang patut dikembangkan secara berkelanjutan. Pengembangan sektor ini pun didukung dengan program pemerintah, sektor wisata bahari merupakan salah satu sektor wisata yang termasuk dalam program unggulan dan diprioritaskan dalam pembangunan kepariwisataan Hal ini dikarenakan, tren pariwisata bahari secara global terus mengalami peningkatan yang signifikan dalam tiga tahun terakhir ini.

  1. Kementerian Pariwisata (2014)

Sektor wisata adalah objek wisata yang dibuat untuk memberikan fasilitas rekreasi. Dimana dalam data tersebut bahkan menjelaskan bahwa Raja Ampat mengalami peningkatan jumlah kunjungan atau wisatawan  sebesar 56,48%, dari total kunjungan sebesar 3.858 pada 2011 menjadi 6.037 pada 2013.

Contoh Wisata Bahari

Adapun untuk contoh adanya bentuk wisata bahari. Antara lain;

  1. Kepulauan Seribu

Objek yang menunjukan adanya wisata bahari di Indonesia adalah kepulauan seribu yang menjadi bagian daripada wilayah DKI Jakarta. Wisata ini sendiri memberikan kontribusi sebagai objek menarik setiap masyarakat di Ibu Kota untuk berlibur, selain itu juga sumber daya laut dipergunakan dalam memberikan suplai makanan kepada warga ibu kota.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian wisata bahari menurut para ahli dan contohnya. Semoga ulasan ini dapat memberikan pemahaman bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “wisata bahari” untuk kebutuhan sosial atau yang lainnya.

4/5 - (502 votes)