3 Bentuk Teori Evolusi Perubahan Sosial dan Contohnya

Diposting pada

Teori Evolusi Perubahan

Pada dasarnya dalam objek kajian ilmu sosiologi terdapat pembahasan mengenai perubahan sosial. Definisi perubahan sosial yang terjadi di masyarakat tersebut dapat dibedakan atas dua bentuk, yaitu perubahan evolusi dan perubahan revolusi atau jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah perubahan tak berancana dan perubahan sosial yang direncanakan.

Adapun dalam artikel ini akan mengulas lebih dalam tentang bentuk teori evolusi perubahan sosial menurut ahli dan contohnya di masyarakat, hal ini sangat penting karena teori ini akan menjadikan landasan pemikiran seseorang ahli ilmu sosial dalam menjawab setiap permasalah akibat perubahan sosial.

Teori Evolusi Perubahan

Teori perubahan evolusi diartikan Bohanan (1963) sebagai bentuk perubahan yang lama dengan rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat satu sama lain. Hal ini sendiri bisa saja terjadi sebagai akibat dari usaha-usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan, kadaan, dan kondisi-kondisi baru yang muncul mengikuti pertumbuhan masyarakat tersebut.

Bentuk Teori Evolusi Perubahan Sosial

Adapun untuk jenis teori evolusi perubahan sosial ytersebut menjadi 3 macam. Yaitu;

  1. Unilinear Theory Of Evolution

Teori ini menyatakan bahwa manusia dan masyarakat selalu mengalami perkembangan yang telah sesuai dengan tahapan-tahapan perubahan sosial tersebut, bermula dari bentuk perubahan sosial yang sederhana, kemudian menjadi bentuk perubahan sosial yang kompleks, hingga pada akhirnya sampai pada tahap yang sempurna.

Pelopor penggunaan teori unilinear theory of evolution adalah August Comte dan Herbert Spencer yang dikenal dalam tokoh sosiologi.

  1. Unyversal Theory Of Evolution

Teori ini menyebutkan bahwa sejatinya perkembangan masyarakat tidaklah tetap. Kebudayaan manusia telah mengikuti suatu garis evolusi tertentu. Herpert Spencer mengtaakan, bahwa masyarakat merupakan hasil perkembangan dari kelompok homogen ke kelompok heterogen, baik sifat maupun susunannya.

  1. Multilined Theories Of Evolution

Teori ini berfokus pada penelitian-penelitian terhadap tahap-tahap perkembangan tertentu dalam evolusi masyarakat. Contohnya saja dalam penelitian tentang pengaruh sistem mata pencaharian dari sistem berburu ke sistem pertanian, terhadap sistem kekeluargaan dalam masyarakat yang bersangkutan.

Demikialah ulasan sederhana mengenai macam teori evolusi perubahan sosial, sebagimana menurut para ahli. Oleh karena itulah bagi mahasiswa sosiologi atau mahasiswa di bidang ilmu sosial yang kosentrasi terhadap masalah-masalah perubahan sosial semoga saja tulisan ini bermanfaat.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *