7 Tujuan Reklamasi di Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Tujuan Reklamasi di Kehidupan Sehari-hari

Diakui ataupun tidak, kegiatan reklamasi merupakan bentuk dari konversi lahan yang banyak dilakukan dengan mengubah dataran wilayah dan perwilayahan lautan menjadi layak huni ataupun dijadikan sebagai tempat ekowisata. Meski demikian, Bahwa kegiatan reklamasi mempunyai segudang manfaat yang bisa dirasakan oleh banyak orang.

Kegiatan reklamasi yang telah dilakukan oleh beberapa orang harus dijalankan serta di lakukan secara terus-menerus karena akan memengaryhu kehidupan selanjutnya. Beberapa kota besar di Indonesia telah melakukan reklamasi untuk memperluas wilayahnya.

Reklamasi

Fakta di lapangan bahwa jika terdapat lahan yang sudah tidak dipakai lagi karena adanya pertambangan biasanya akan dilakukan reklamasi karena tujuannya agar dapat ditempati lagi. Reklamasi merupakan bentuk dari konversi lahan yang banyak dilakukan dengan mengubah.

Reklamasi dilakukan dengan menimbun bekas tambang dengan tanah yang mengandung banya zat hara, karena akan berdampak pada tumbuhan yang akan ditanam. Reklamasi disebut salah satu bentuk alih fungsi lahan. Contoh reklamasi di indonesia biasanya terdapat di kota jakarta yang ingin meluaskan wilayahnya untuk wilayah pemukiman.

Manfaat Reklamasi

Di beberapa kegiatan reklamasi yang telah dilakukan manusia mempunyai dampak positif reklamasi yang bisa diaplikasikan oleh masyarakat, manfaat reklamasi sebagai berikut:

  1. Memperluas wilayah

Bagi negara yang memiliki penduduk yang sangat padat, kegiatan reklamasi bisa menjadi solusi tepat yang berguna untuk menyelesaikan masalah keterbatasan lahan untuk pemukiman warga dengan membuat bangunan di wilayah reklamasi maka para warganegara bisa membuat rumah.

  1. Membuat kawasan baru

Membuat kawasan berair atau kawasan yang tidak bermanfaat menjadi lebih baik dengan memanfaatkan kegiatan reklamasi untuk membangun pemukiman, bisnis, industri, pertanian organik atau pertanian kimia, maupun sebagai objek wisata. Kawasan baru tersebut bisa juga di jadikan kawasan yang bermanfaat untuk kegiatan manusia lainnya.  Misalnya, cara membuat pulau reklamasi itu dengan cara menimbun bagian pantai untuk menjadi kawasan siap mukim bagi penduduk.

  1. Pelindung erosi

Pengertian reklamasi pantai adalah membuat lahan air menjadi daratan yang bermanfaat. Biasanya daerah reklamasi di sebelah pantai dijadikan sebagai penahan erosi, karena konstruksi pengaman telah disiapkan untuk menahan ombak.

Secara spesifik, kebutuhan dan manfaat reklamasi yang bisa ditinjau dari beberapa aspek (aspek tata guna lahan, ekonomi, sosial dan lingkungan), yaitu sebagai berikut:

  1. Aspek tata ruang

Suatu wilayah tertentu perlu untuk direklamasi agar bisa berdaya dan mempunyai hasil guna. Wilayah pantai yang diorientasikan untuk keperluan pelabuhan, industri, wisata atau pemukiman yang perairan dangkal harus direklamasi agar dapat dimanfaatkan. Terutama di area pelabuhan, reklamasi menjadi hal yang mutlak untuk pengembangan fasilitas pelabuhan, tempat bersandarnya kapal, pelabuhan peti-peti kontainer, pergudangan dan lain sebagainya.

Dalam perkembangannya, saat ini pelabuhan ekspor – impor menjadi area yang sangat luas sekaligus menjadi area yang memicu perkembangan industri, sebab pabrik, moda angkutan, pergudangan yang mempunyai pangsa ekspor–impor lebih memilih tempat yang terletak di lokasi pelabuhan karena terbilang sangat ekonomis dan mampu memotong biaya transportasi.

  1. Aspek perekonomian

Manfaat reklamasi ditinjau dari aspek perekonomian mengacu pada kebutuhan lahan untuk pemukiman warga, yang dilatarbelakangi oleh semakin mahalnya harga lahan (daratan) dan menipisnya daya dukung lingkungan di daratan.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, reklamasi menjadi pilihan bagi negara maju ataupun kota-kota metropolitan untuk memeprluas lahan atau areal daratan guna memenuhi kebutuhan akan pemukiman. Misalnya alih lahan reklamasi untuk ditanami sehingga kegiatan tersebut dapat dijadikan solusi sebagai ekonomi pertanian.

  1. Aspek sosial

Manfaat reklamasi ditinjau dari aspek sosial mengacu pada upaya untuk mengurangi kepadatan yang menumpuk di wilayah perkotaan dan meciptakan wilayah yang bebas dari penggusuran sebab berada di wilayah yang telah disediakan oleh pemerintah dan pengembang, bukan di kawasan bantaran sungai maupun sempadan pantai yang memang tidak sesuai untuk pemukiman.

  1. Aspek lingkungan

Manfaat reklamasi ditinjau dari aspek lingkungan mengacu pada upaya konservasi wilayah pantai, yaitu pada kasus tertentu di kawasan pantai karena terjadinya perubahan pola arus air laut akibat abrasi, akresi ataupun erosi. Reklamasi dilakukan di wilayah pantai tersebut agar bisa  mengembalikan konfigurasi pantai yang terkena dampak dari permasalahan abrasi, akresi ataupun erosi ke bentuk semula.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa pengadaan reklamasi lebih menekankan pada beberapa hal apek yang berguna untuk manusia, akan tetapi biasanya manusia mengenyampingkan kegiatan tersebut. Misalnya tujuan reklamasi pantai berguna sekali untuk penduduk di sekitar membuat lahan baru. Reklamasi seharusnya menjadi solusi untuk negara dan jika terdapat lahan yang tidak bermanfaat maka bisa melakukan reklamasi.

Demikianlah tulisan yang dapat kami bagikan kepada segenap para pembaca tentang tujuan reklamasi di kehidupan sehari-hari, semoga reklamasi ini dapat diapalikasikan di kehidupan nyata. Dan tulisan ini bisa menjadi tambahan wawasan serta pengetahuan untuk segenap pembaca sekalian.

Rate this post