8 Cara Membuat Definisi Operasional dan Contohnya

Diposting pada

Cara Membuat Definisi Operasional dan Contohnya

Teknik pemembuatan definisi operasional dalam variabel penelitian bisa dikatakan sebagai bagian yang penting untuk melangsungkan arti penelitian ilmiah dengan beragam metode yang dipilih. Baik untuk kuantitatif ataupun kualilaltif.

Alasannya dengan menyusun definisi operasional ini setidaknya menjadi pedoman takala memberikan hasil penelitian yang telah didapatkan. Oleh karena itulah pada artikel ini akan membagikan cara menentukan sekaligus contoh definisi operasional.

Definisi Operasional

Definisi operasional adalah panduan yang dipergunakan dalam menakar suatu variabel secara tepat, sehingga akan membantu seorang peneliti dalam mempertimbangkan variabel yang setara. Adapun dalam kaitannya dengan pengumpulan data, definisi operasional mengacu pada definisi rinci yang ringkas dan jelas tentang suatu nilai atau ukuran.

Cara Membuat Definisi Operasional

Dalam membuat definisi operasional, terdapat langkah penyusunan yang bisa dilakukan. Antara lain;

  1. Mengidentifikasi karakteristik

Hal pertama yang perlu kita perhatikan dalam membuat definisi operasional adalah melakukan identifikasi karakteristik yang akan kita ukur terhadap jenis masalah yang menjadi perhatian dalam pemilihan topik penelitian yang ditentukan.

  1. Menentukan alat atau instrumen pengukur

Alat ukur yang dapat dan seringkali digunakan biasanya adalah alat ukur fisik, misalnya jam, timbangan, mikrometer, dan lain sebagainya. Pada pengamatan visual atau fisik dibutuhkan penglihatan normal atau menggunakan alat seperti kaca pembesar untuk memudahkan pengamatan.

  1. Menjelaskan metode pengujian

Metode pengujian merupakan prosedur paling baru yang digunakan dalam aktivitas pengukuran. Sebagai contoh, saat mengukur waktu, maka titik awal mulai dan titik akhir harus ditentukan terlebih dahulu. Hal itu berlaku pula pada pengukuran apapun, tingkat presisi atau ketepatan harus ditentukan dan disebutkan. Misalnya, saat mengukur waktu apakah dalam bentuk detik, menit atau jam.

  1. Menyebutkan kriteria keputusan

Kriteria keputusan memberikan representasi terkait kesimpulan yang berasal dari pengujian. Apakah ada masalah? Apakah data yang telah dikumpulkan sudah benar?.

Oleh karena itulah ketika pengamatan secara fisik atau visual telah dilakukan, harus membuat definisi yang jelas terkait variabel yang diukur agar dapat diterima. Upayakan pula untuk dokumentasikan dengan foto, tulisan untuk mendukungnya.

  1. Mendokumentasikan definisi operasional

Definisi operasional akan lebih baik apabila didokumentasi dan distandarisasi. Definisi tersebut harus diikutsertakan dalam materi dan lembar prosedur dan hasil langkah 1 hingga 4 harus dimasukan dalam satu dokumen.

  1. Menguji definisi operasional

Melakukan pengujian terhadap definisi operasional sebelum mengaplikasikannya merupakan hal yang sangat krusial dan penting.

Definisi operasional harus mampu membuat tugas yang akan dilakukan menjadi jelas dan mudah. Cara terbaik untuk menguji definisi operasional yaitu dengan meminta orang yang berbeda untuk mengamatinya. Apakah hasilnya konsisten? Apakah hasilnya benar?.

Contoh Definisi Operasional

Adapun untuk contoh definisi operasional yang bisa dibuat dalam variabel penelitian. Misalnya saja;

  1. Penelitian Kuantitatif

Prihal pembuatan definisi operasional untuk metode kuantiatif yang bisa dibuat sekaligus ditentukan. Misalnya saja ketika topik penelitian berupa “Kinerja Pegawai”.

Maka setidaknya dalam definisi operasional ada indeks tingkat kehadiran pegawai, loyalitas yang diberikan, kualitas pekerjaan, kuantitas hasil yang didapatkan, dan kerjasama yang dilakukan. Untuk skalanya sendiri bisa mempergunakan skala interval dengan data numerik.

  1. Penelitian Kualitatif

Metode kualitatif dalam pembuatan definisi operasional bisa dibuat sekaligus diapahmi sebagai teknik pengumpulan data observasi ataupun wawancara.Adapun contohnya ketika topik riset tentang pemberdayaan masyarakat. Maka setidaknya dalam definisi operasionalnya ada ukuran masyarakat yang telah diberdayakaan, konsep pemberdayaan yang diterapkan, dan hasil yang dilakukan.

Nah, demikianlah saja artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan cara membuat definisi operasional dan contohnya dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya.

Rate this post