10 Pengertian Karya Tulis Ilmiah, Kriteria, Contoh, dan Manfaatnya Menurut Ahli

Posted on

Karya Tulis Ilmiah

Pengertian Karya Tulis Ilmiah– Istilah karya tulis ilmiah seringkali kita dengarkan, bahkan dalam setiap menempuh jenjang pendidikan istilah tersebut tetap saja muncul. Alasannya sangat sederhana, mengapa istilah Karya Tulis Ilmiah sering muncul, yakni karena untuk menyelesaikan jenjang pendidikan seseorang berkewajiban untuk terlebih dahulu menuntaskan karya tulis ilmiah. Misanya seorang mahasiswa, untuk syarat lulus menjadi mahasiswa minimalnya harus menyelesaikan satu karya tulis ilmiah yang fundamental, yaitu skripsi. Bahkan banyak contoh karya tulis ilmiah selain skripsi, misalnya makalah, desertasi, ataupun tesis itu juga termasuk karya tulis ilmiah. Sebenarnya apa sih karya ilmiah?,  dan berikut ini beberapa defenisi atau pengertian karya ilmiah yang wajib untuk dipahami.

Pengertian Karya Tulis Ilmiah


Karya tulis ilmiah dapat diartikan sebagai karangan ilmiah yang bisa didapatkan dari sebuah hasil data penelitian ilmiah, kajian, atau analisa yang didukung oleh teori-teori yang sudah ada. Sehingga dalam menulis sebuah karya tulis ilmiah, tentu saja tidak dapat digunakan pedoman dan aturan yang berlaku pada diri sendiri, seperti halnya kita menulis sebuah novel. Akan tetapi pedoman dan aturan karya tulis ilmiah yang dipergunakan harus berlaku secara konvensional pada kelompok melalui suatu kesepakatan tertentu. Selengkapnya, baca; 10 Tata Cara Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Pengertian Karya Tulis Ilmiah Menurut Para Ahli


Agar melengkapi pengertian karya tulis ilmiah diatas, perlu setidaknya dalam tulisan ini menjelaskan tentang pengertian karya tulis ilmiah menurut para ahli. Hal ini dikerenakan para ahli mendefenisikan karya tulis ilmiah dengan sangat teratur dan runtun, berikut beberepa pengertian karya tulis ilmiah menurut para hali

Eko Susilo, M.

Memberikan pengertian karya tulis ilmiah sebagai tulisan yang diperoleh penulis yang sesuai dengan sifat keilmuannya. Penulisan tersebut bisa didasari oleh hasil pengamatan ilmiah, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, dan memiliki maksud agar bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Suroso

Menjelaskan bahwa pengertian karya tulis ilmiah adalah karya tulis ilmiah  yang harus memiliki 4 ciri, yaitu objektif, rasional, kritis, reserved. Ciri-ciri tersebut haruslah melakat pada penulisan, sehingga hasil kajiannya bisa ditungkan dan dipertanggungjawabakan untuk masyarakat umum.

Novita

Memberikan pengertian karya tulis ilmiah sebagai tulisan yang berusaha membahas masalah dalam masyarakat berdasarkan penyelidikan, pengamatan, dan pengumpulan data. Karya ini di susun secara sistematis bahkan diperlukan format lembar pengesahan yang membuktikan legalitas.

Kamandobat

Mengartikan, definisi karya tulis ilmiah sebagai suatu kegiatan  menulis yang sangat membutuhkan  studi  ilmiah, selain itu juga karya tulis ilmiah haruslah  didukung  data  dan  fakta. Agar semua yang dituliskan bisa dimanfaatkan secara luas untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Brotowidjoyo

Memberikan pengertian karya tulis ilmiah sebagai suatu karya ilmiah atau karangan dalam ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis berdasarkan metodologi penulisan legal atau telah disepakati bersama. Dalam hal ini legalitas penulisan ilmiah dilakukan melalui institusi tertentu.

Drs.Totok Djuroto dan Dr. Bambang Supriyadi

Mengartikan karya tulis ilmiah adalah karya tulisan yang didapatkan dari serangkaian kegiatan penulisan ilmiah, dengan berdasarkan hasil penelitian dan metode ilmiah guna mendapatkan jawaban terhadap permasalahan yang telah dtentukan pada tahapan penelitian.

Hery Firman

Memberikan penjelasan bahwa karya tulis ilmiah adalah laporan yang ditulisakan dan dipublikasikan atas pengkajian yang teliah dilakukan oleh inividu ataupun sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan, yang sehingga apa yang dilaporkan dapat dipertanggungjawabkan.

Harun

Mengartikan karya tulis ilmiah sebagai suatu tulisan yang terhadap penilaian masalah tertentu dengan menggunakan kaidah ilmu yang sudah menjadi standar etika keilmuan yang telah di sepakati secara bersama dalam forum-forum tertentu.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Memberikan pengertian bahwa karya tulis ilmiah adalah tulisan hasil litbang atau tinjauan ulasan (review), kajian, dan pemikiran sistematis yang dituangkan oleh pesersorangan atau kelompok yang memenuhi kaidah-kadiah dalam kategori ilmiah.

Sudibyo

Memberikan pengertian bahwa Karya tulis ilmiah adalah kegiatan ilmiah yang bertujuan memecahkan suatu permasalahan, atau mengembangkan, atau memperkaya khasanah dalam ilmu pengetahuan. Definisi ini secara luas mengindikasikan bahwa karya ilmiah adalah bisa dilakukan dengan pengembangan-pengembangan dari penelitian yang sebelumnya talah ada.

Dari 10 Defenisi atau pengertian karya tulis ilmiah daitas dapat disimpulkan bahwa karya tulis ilmiah yang selanjutnya dsingkat KTI adalah karangan seseorang atau tim,  dimana dalam proses pembuatan karya tulis ilmiah harus memiliki inovasi yang baru atau belum pernah ada dan dibuat oleh penulis lain. Selain itu dalam prosesi menulisnya haruslah berdasarkan pada kaidah ilmiah (aturan baku dan berlaku umum yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan).

Setelah mendefenisikan pengertian karya tulis ilmiah, penting juga bagi tulisan ini untuk mengulas lebih dalam tentang kriteria kaya tulis ilmiah. Dari defenisi tersebut muncul 6 kriteria karya tulis ilmiah, diantarnya adalah sebagai berikut:

Kriteria Karya Tulis Ilmiah

  1. Karya ilmiah merupakan hasil penelitian, baik secara langsung atau studi pustaka
  2. Perumusan karya tulis ilmiah harus jelas masalahnya dan spesifik
  3. Karya tulis ilmiah harus mampu memecahkan permasalahan menggunakan metode ilmiah (dapat diulang dan di verifikasi oleh pihak lain)
  4. Karya tulis ilmiah harus jelas pembahasannya dan juga bersifat objektif yang sesuai dengan data atau fakta
  5. Karya tulis ilmiah harus mengandung unsur kebaruan
  6. Bahasa yang digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah harus ringkas, jelas, dan tepat

Contoh Karya Tulis Ilmiah

Berikut ini akan diberikan apasaja contoh dari karya tulis ilmiah, yang seringkali kita lihat dan kita dengarkan di dunia pendidikan.

  • Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil penelitian
  • Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil survei
  • Karya Tulis Ilmiah (KTI) hasil ulasan atau telaah (review)
  • Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam bentuk laporan hasil penelitian dari studi, misalnya disertasi, tesis, skripsi

Artikel Terkait;

  1. Contoh Halaman Judul Karya Tulis yang Baik
  2. 8+ Contoh Abstrak Karya Ilmiah
  3. 8 Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Manfaat Karya Tulis Ilmiah (KTI)

Beberapa manfaat menulis karya tulis ilmiah yang bisa di dapatkan oleh penulis karya ilmiah, diantarnya adalah sebagai berikut:

  1. Karya tulis ilmiah dapat dipergunakan sebagai media atas pemberitahuan tentang temuan baru
  2. Karya tulis ilmiah dapat dipergunakan untuk mencegah duplikasi
  3. Karya tulis ilmiah dapat bermanfaat bagi pertanggungan jawab terhadap penyandang dana
  4. Reputasi untuk organisasi
  5. Meningkatkan kredibilitas dan karir penelitin
  6. Pengakuan secara nasional atau internasional
  7. Sebagai syarat dalam kelulusan studi

Demikianlah ulasan lengkap mengenai pengertian karya tulis ilmiah, kriteria karya tulis ilmiah, contoh karya tulis ilmiah, dan maanfaat karya tulis ilmiah. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi siapapun yang sedang mencari referensi tentang “Karya Tulis Ilmiah

10 Pengertian Karya Tulis Ilmiah, Kriteria, Contoh, dan Manfaatnya Menurut Ahli
Rate this post

One thought on “10 Pengertian Karya Tulis Ilmiah, Kriteria, Contoh, dan Manfaatnya Menurut Ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *