4 Contoh Tinjauan Literatur dan Cara Membuatnya

Diposting pada

Contoh Tinjauan Literatur

Tinjauan literatur yang dikenal dengan juga dengan istilah tinjauan pustaka pada hakikatnya sangatlah dibutuhkan pada setiap jenis karya tulis ilmiah. Baik jurnal, proposal penelitian, makalah, skripsi, dan lainnya. Yang pastinya isi tinjauan literatur ini berupa penjelasan atas konsep-konsep dasar yang menjadi objek penelitian.

Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini akan menguraikan tentang contoh tinjauan literatur dan cara membuatnya yang baik dan benar.

Tinjauan Literatur

Tinjauan literatur adalah bagian tahapan dari proses yang di dalamnya memuat tentang identifikasi hasil kerja dari berbagai sumber data yang bersifat sekunder baik yang telah terpublikasikan ataupun yang tidak dengan tujuan mengevaluasi terhadap hasil dari pekerjaan tersebut sehingga berkaitan dengan topik atau permasalahan.

Contoh Tinjauan Literatur

Adapun untuk contoh sistematika kepenulisan tinjauan literatur. Misalnya untuk makalah atau penelitian yang mengkat tentang;

Peran Remaja dalam Pelestarian Adat Budaya Pada Masa Pandemi Covid 19

Contoh Tinjauan Literatur

Pengertian Remaja

Remaja berasal dari kata latin yaitu adolescane yang berarti tumbuh ke arah kematangan fisik, sosial dan psikologis (Sarwono, 2012). Pada umumnya remaja didefinisikan sebagai masa peralihan dari masa anak anak menuju ke masa dewasa yang terjadi pada usia 12 tahun hingga 21 tahun (Dewi, 2012).

Pengertian Peran

Menurut Soekamto peranan merupakan aspek dinamis kedudukan (status), apabila seorang melaksanakan hak dan kewajibannya.

Pengertian covid 19

Covid 19 (coronavirus disease 19) adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2, yang dilaporkan pertama kali di Wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019.

Pengertia Pelestarian

Pelestarian sendiri berasal dari kata lestari yang berarti tetap seperti keadaan semula, tidak berubah, bertahan dan kekal.

Pelestarian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah proses, cara, perbuatan melestarikan, perlindungan dari kemusnahan, atau kerusakan, pengawetan, konservasi. Pelestrian merupakan upaya perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan kebudyaan yang dinamis.

Pengertian Budaya

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhaya, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budia atau akal), di artikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi kegenerasi.

Budaya terbuka dari banyak unsur yang rumit, termasuk system agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan dan karya seni.

Cara Membuat Tinjauan Literatur

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menyusun tinjauan literatur yang baik dan benar. Yaitu;

  1. Buatlah Outline tentang Informasi Apa yang Anda Butuhkan

Outline dalam hal ini adalah jatah kunci dari setiap informasi yang dibutuhkan dimana outline tersebut akan membantu anda supaya lebih fokus mencari bahan untuk referensi. Anda dapat menuliskan outline tersebut dalam bentuk paragraf maupun sub judul. Untuk selanjutnya anda dapat menggali referensi sesuai dengan outline yang anda kerjakan.

  1. Mencari Informasi dari Berbagai Sumber

Mencari bahan tinjauan pustaka memang terkadang melelahkan, terlebih lagi apabila informasi yang akan Anda cari tergolong baru dan belum banyak orang mengetahuinya. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir, karena kini Anda dapat mencari referensi pada jaringan yang lebih luas.

Misalnya Anda dapat bergabung dalam media sosial yang terdapat nara sumber penulis buku sesuai dengan referensi yang sedang Anda butuhkan.

  1. Jangan Lupa untuk Paraphrase

Paraphrase merupakan salah satu proses yang dilakukan ketika membuat tinjauan pustaka. Apabila Anda melewatkan proses yang satu ini maka, maka dapat dipastikan bahwa karya tulis Anda akan di cap sebagai plagiat dimana poses ini merupakan pengungkapan kembali suatu konsep dengan cara lain tapi dalam bahasa yang sama tanpa mengubah makna yang sebenarnya.

Nah, demikianlah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh tinjauan literatur dan cara menulisnya yang benar. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Rate this post