5 Fungsi Desa Beserta Penjelasannya Lengkap

Diposting pada

fungsi desa

Keberadaan desa disuatu Negara sangatlah diperlukan, meskipun di Indonesia sendiri kecenderungan masyarakat berlomba-lomba untuk tinggal di kota dan meninggalkan tempat kelahirannya. Hal ini lantaran ada sejumlah ketipangan pembangunan antara desa dan kota. Adapun sebagai pembahasan lebih lanjut dalam tulisan ini, akan menjabarkan tentang 5 fungsi desa beserta penjelasannya.

Desa

Pengertian desa adalah wilayah atau daerah yang ditempati oleh seluarub elemen masyarakat dalam pandangan hukum yang sama. Tidak ada perbedaan yang termuat di dalamnya. Desa ini juga identik dengan wialayan yang memiliki sistem pemerintahan yang diakui legal dalam negara berkembang ataupun dalam negara maju.

Fungsi Desa

Menurut Dirjen Pembangun Desa fungsi desa dapat dilihat dari cirri-ciri sebuah desa, dimana ciri-ciri tersebut meliputi perbandingan tanah dengan manusia (man land ratio) yang besar. Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani (agraris), dan penduduknya masih bersifat tradisional.

Fungsi desa dapat dlihat dari ciri tersebut, mengingat dengan adanya penduduk yang bermantapencaraian sebagai agraris, desa berpotensial untuk menjadi lumbungan pangan, dan juga ketahuanan pangan yang ada di wilayah-wilayah perkotaan.

5 Fungsi Desa Beserta Penejelasannya

Ada beberapa fungsi desa yang perlu untuk didalami, antara lain;

Penyedia Bahan Mentah

Fungsi desa yang pertama ialah dipergunakan sebagai sumber bahan mentah bagi kota, hal ini lantaran hampir sebagian beser atau secara keseluruhan desa memproduksi bahan-bahan mentah dan kemudian di bawa ke ota untuk diproduksi atau dikemas. Selengkapnya, baca; Pengertian Kota Menurut Para Ahli, Ciri dan Potensinya

Sumber Tenaga Kerja

Desa sebagai sumber tenaga kerja bagi kota, sumber tenaga kerja didapatkan karena perkotaan lebih mudah mencari lowongan kerja dan lebih tersedia, meskipun biasanya masyarakat yang berasal dari desa dipekrjakan di kota sebagau buruh atau si sekotir informal.

Mitra

Fungsi selanjutnya dari sebuah desa ialah sebagai mitra pembangunan wilayah kota. Mintra ini akan dipereloleh dalam waktu cepat ataupun dalam waktu yang lambat tergantung hubungan atau kerjasama yang dilakukan masyarakat di dalamnya.

Desa Sebagai Hinterland

Fungsi desa selanjtnya ialah dimaksudkan sebagai atau merupakan hinterland daripada wilayah perkotaan, kondisi ini banyak disebabkan karena wilayah desa belum tercemar dengan kondisi buruk seperti pengikisan tanah pada sungat, laut yang kemduian dikenal dengan abrasi.

Penghasil Makanan

Fungsi desa yang terhir ialah desa sebagai penghasil bahan makanan bagi penduduk perkotaan. Penghasil makanan ini di dapatkan karena di wilayah desa lebih banyak tersedia bahan mentah dan lahan pertanian, sedangkan untuk pengelolaannya dilakukan di kota karena kondisi mudahnya transportasi dan alat teknologi yang tercipta di dalamnya,

Fungsi Desa tersebut dapat tercapai apabila terpenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Pemimpin desa mampu membimbing dan mendorong masyarakat untuk selalu berpikir maju dan meningkatkan kesejahteraan hidup.
  • Aparatur desa harus menjaga ketertiban administrasi.
  • Warga desa dapat menyesuaikan diri dengan kemajuan pembangunan desa yang ada

Artikel Terkait;

  1. 3 Unsur-Unsur Desa dan Penjelasannya
  2. Potensi Fisik Desa dan Potensi Non Fisiknya
  3. “Urban Farming/Pertanian Kota” Pengertian dan Unsur Nilai

Demikianlah pembahasan mengenai 5 fungsi desa beserta penejasannya lengkap. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan pemahaman bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang fungsi-fungsi desa. Trimakasih,