7 Cara Juara Lomba Pidato Berdasarkan Penilain Dewan Juri

Posted on

cara juara pidato dengan mudah

Indonesiastudents.com– Lomba Pidato barangkali sudah lazim diselenggarakan dimana-mana, baik diselenggarakan oleh perusahaan swasta, lembaga pemerintahan, instasi pendidikan ataupun organisasi-organisasi yang ada di dalam masyarakat.

Dan memang lomba pidato ini adalah salah satu dari berbagai jenis lomba yang paling banyak peminat, sehingga sangatlah pantas untuk juara lomba pidato pesaing pun bisa dikatakan berat-berat. Tapi jangan dulu kacau ataupun galau ketika dibilang pesaing lomba pidato itu “berat”, sebab yang namanya lomba memang selalu ada pesaingnya, kan?. Kalau tak ada pesaing atau lawannya bukan lomba, tapi belajar melupakan mantan pacar #Eh.

Artikel TerkaitPengertian Pidato, Jenis, dan Tujuannya

Bagi kalian yang memiliki hobi dalam mengikuti lomba pidato ada beberapa langkah yang harus di segera persiapkan agar menjadi juara. Meski langkah-langkah ini bisa dibilang sangat sederhana dan banyak kita dengarkan dimana-mana, tapi tetep!. Tak ada salahnya tho di tuliskan, dengan niatan berbagai karena berbagi itu tak akan pernah mengurangi.

Cara Juara Lomba Pidato

Berikut inilah bebera langkah yang harus dilakukan, agar seseorang dapat menjadi juara dalam lomba-lomba pidato. Diantarnya adalah sebagai berikut;

Persiapkan Naskah Dengan Naskah Kita Bisa Berbenah

Naskah dalam suatu Lomba Pidato sangat menentukan kemenangan. Bagimana tidak?, dengan naskah kita bisa lebih berbenah. Maksud berbenah adalah bisa lebih mensingkronkan antara isi dan konten tema yang akan kita hafal. Selengkapnya, baca; 6 Langkah Menyusun Naskah Pidato Dengan Mudah

Banyak orang ketika mengikuti lomba pidato antara naskah dan ucapan beda, itu sebenarnya tidak masalah yang penting isinya sama. Maka tak khayal, dengan membuat naskah yang baik, menghapalnya dengan sungguh-sungguh, menghayatinya dengan seksama menjadi langkah pertama agar kita bisa memenangkan lomba pidato.

Melatih Intonasi Agar Kata-katamu Terlihat Lebih Berisi

Intonasi suara juga menjadi segmen penting takalah kita mengkuti lomba pidato, apalagi berharap bisa menang. Alasan intonasi suara ini menjadi begitu sakral ketika diawal pembukaan. Intonasi suara usahakan jangan turun, diawal pembukaan haruslah stabil, malah kalaupun bisa di awal pembukaan di buat meninggi tapi jangan pula terlalu tinggi takutnya akan jatuh dikemudian kesempatan, barulah di bagian-bagian tertentu atur terus intonasi suara itu.

Misalnya saat lomba pidato dan akan menyampaikan pesan “Larangan” baiknya dibuat meninggi dan saat menasehati usahakan agak rendah dan pas penutup kembali di buat sedang-sedang saja. Intinya belajar terus masalah intonasi suara, melalui cara membaca naskah pidatonya.

Jangan Lupakan Mimik Wajah Agar Kata-Katamu Lebih Menggugah

Mimik wajah atau sederhanya adalah ekpresi wajah sangat diperlukan untuk menang dalam lomba pidato. Hal ini dilakukan demi melatih diri tetang kepedeaan (Baca: kepercayaan), selain itu juga dengan mimik wajah apa yang kita sampaikan akan lebih menggugah.

Sederhananya, mimik wajah saat pembukaan bisa dibuat dengan kesan penuh kewibawaan. Jangan dulu di buat bercanda karena itu erat kaitannya dengan norma dan etika saat kamu tampil di depan dewan juri.

Perhatikan Penampilan Karena Hal itu Akan Menunjukan Kesan dan Pesan

Penampilan juga harus di perhatikan saat akan maju dalam lomba pidato. Penampilan tak harus dengan pakaian yang mahal atau yang penuh kemewahan sebab terpenting penampilan saat lomba pidato adalah elegen. Elegan yang dimaksudkan bisa kamu lakukan dengan menyesuaikan momentum lomba pidato.

Misalnya saja begini, saat lomba pidato yang menyelenggarakan adalah lembaga pemerintah, seperti BKKBN yang sering menyelenggarakan Lomba Pidato Kependudukan, haruslah kamu membedakan antara tampilan saat lomba pidato di acara rohis anak sekolahan.

Beda penampilan disini dari segi pakain atau atribut yang di pergunakan. Dimana biasanya saat lomba pidato anak rohis selalu pakai peci dan lomba pidato yang menyelenggarakan BKKBN tidak perlu kamu pakai peci karena sifatnya lomba itu general untuk semua orang dan semua agama pula yang mendengarkan.

Hindari Kata-Kata Menghina Dewan Juri, Agar Kamu Tidak Dihabisi

Dewaan juri saat berlangsungnya lomba pidato ibarat sebagai raja yang harus di hormati, maka pantaslah jikalau dalam langkah sederhana agar menang dalam lomba pidato ini saya menuliskan pentingnya menghormati dewan juri.

Berangkat dari pengalaman, bahwa menghina dewan juri adalah tindakan tolol yang bisa menghancurkan harapanmu untuk menang.

Berikan Kata-kata Mutiara Sehingga Membuat Pendengar Fokus Pada Pembicaraan Yang Sedang Kita Lakukan.

Menyelipkan kata-kata mutiara merupakan salah satu bentuk metode pidato bisa menjadi solusi agar pembicaraan yang kamu lakukan bisa di dengarkan. Kata mutiara sebenarnya tak harus dari orang terkenal, kamu bisa kok merangkainya sendiri.
Adapun jikalau susah merangkai kata-kata mutiara tersebut, tak ada salahnya juga jikalau kamu mengambil kata mutiara dari tokoh yang sudah lazim di sebutkan, misalnya saja kata mutiara Mario Teguh, Kata Mutiara Soekarno, Kata Muiara Emha Ainun Najib atau kata mutiara dari para ulama dan lain sebaginya.

Lupakan Soal Grogi, Saat Inilah Waktumu Berprestasi

Sebagai penutup. Langkah sederhana untuk menang dalam lomba pidato yang terpenting jangan sekali-kali grogi, meski susah tapi hal ini harus dicoba terus menerus. Caranya belajar dulu ngomong di depan kaca, atau bejar berteriak saat mandi, belajar pede saat ada kesempatan untuk ngomong di depan banyak orang.

Banyak cara sebenarnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan grogi, dan selalu ingatlah bahwa grogi itu muncul karena kurangnya kita termotovasi sehingga menyurutkan niatmu menjadi anak atau insan yang berprestasi.

Selengkapnya, bisa Contoh (Juara 1) Teks Pidato Bahasa Indonesia Terbaik

Selamat mencoba, demikinalah berbagai kisan mengenai tulisan tentang cara sederhana agar juara dalam lomba pidato. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga menambah pengalaman bagi segenap pembeca yang sedang mencari refrensi mengenai tips dan trik juara lomba pidato. Trimakasih,

7 Cara Juara Lomba Pidato Berdasarkan Penilain Dewan Juri
4.7 (93.33%) 3 votes