Pengertian Perpustakaan, Jenis, dan Tujuannya

Posted on

Perpustakaan Adalah

Perpustakaan adalah gudang pengetahuan untuk penggunaan posterior. Pengetahuan manusia dapat direkam dan dilestarikan di berbagai media. Beberapa tahun yang lalu, dokumen yang ditulis atau dicetak dalam kertas dianggap sebagai media terbaik.

Tetapi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini multimedia elektronik telah banyak digunakan untuk pelestarian pengetahuan di perpustakaan apa pun baik itu perpustakaan umum, akademik, nasional atau khusus.

Sejak awal peradaban manusia telah menekankan pada penyimpanan informasi dengan cara yang berbeda. Namun harus diakui bahwa perpustakaan pada zaman kuno tidak seperti perpustakaan masa kini. Perpustakaan itu dinamis dan tumbuh seiring dengan peradaban manusia. Desakan peningkatan sosial, ekonomi, intelektual dan dalam arti budaya mengharuskan pengembangan berbagai jenis perpustakaan. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang perpustakaan, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, jenis, dan tujuan perpustakaan.

Perpustakaan

Perpustakaan adalah kumpulan sumber informasi dan sumber daya serupa, yang dapat diakses oleh untuk keperluan referensi. Perpustakaan menyediakan akses secara fisik atau digital. Koleksi perpustakaan dapat mencakup buku, majalah, koran, manuskrip, film, peta, cetakan, dokumen, mikroform, CD, kaset, kaset video, DVD, Blu-ray Disc, e-book, buku audio, database, dan format lainnya.

Ukuran perpustakaan berkisar dari beberapa rak buku hingga beberapa juta item. Perpustakaan pertama terdiri dari arsip-arsip bentuk tulisan paling awal-tablet tanah liat dalam tulisan paku yang ditemukan di Sumeria, beberapa berasal dari tahun 2600 SM.

Perpustakaan pribadi yang terdiri dari buku-buku tertulis muncul di Yunani klasik pada abad ke-5 SM. Pada abad ke-6, pada akhir periode Klasik, perpustakaan-perpustakaan besar dunia Mediterania tetap milik Konstantinopel dan Aleksandria.

Pengertian Perpustakaan

Dalam arti harfiah, perpustakaan adalah kumpulan buku. Sebenarnya kata Library dalam bahasa Inggris mengacu pada koleksi buku yang dikumpulkan untuk studi, penelitian, referensi dan rekreasi. Hal ini sejalan dengan kata perpustakaan itu sendiri, yang dalam bahasa Latin “Librarium” yang sebenarnya dari kata “Liber” yang berarti sebuah buku.

Pada awalnya sejarah arti kata perpustakaan adalah “tempat di mana buku-buku ditulis“. Selama paruh kedua abad ke-14 istilah “Perpustakaan” didefinisikan sebagai tempat menyimpan buku untuk membaca, belajar atau referensi. Pada abad ke-19 kata “Perpustakaan” menunjukkan sebuah bangunan, ruang atau set kamar yang berisi koleksi buku untuk penggunaan umum.

Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli

Adapun definisi perpustakaan menurut para ahli, antara lain:

  1. Sulistyo, Basuki (1991), Perpustaan didefinisikan sebagai sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca tidak untuk dijual.
  2. Lasa (2007: 12), Perpustakaan didefiniskan sebagai kumpulan atau bangunan fisik sebagai tempat buku dikumpulkan dan disusun berdasarkan sistem tertentu atau keperluan pemakai.
  3. Sutarno NS (2006: 11), Perpustakaan mencakup suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan atau gedung tersendiri yang berisi buku koleksi, yang diatur dan disusun sedemikian rupa, sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan jiwa sewaktu-waktu diperlukan oleh pembaca.
  4. UU No.43 Tahun 2007 Pasal 1 Ayat 1, Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/ atau karya reka secara profesional dengan sistem yang bagu guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi bagi para pemustaka.
  5. Trimo dalam Sinaga (2005: 220), Perpustakaan adalah sekumpulan bahan pustaka, baik yang tercetak maupun rekaman yang lainnya, pada suatu tempat tertentu yang telah diatur sedemikian rupa untuk mempermudah pemustaka mencari informasi yang diperlukannya dan yang tujuannya utamanya adalah untuk melayani kebutuhan informasi masyarakat yang dilayaninya dan bukan untuk diperdagangkan.
  6. IFLA (Internastional Federation of Library Associations and Institutions), Perpustakaan didefinisikan sebagai kumpulan bahan tercetak dan non cetak dan/ atau sumber informasi dalam komputer yang disusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai.
  7. UNESCO, Perpustakaan merupakan setiap koleksi buku cetak dan bahan grafis atau audio-visual terorganisir yang diselenggarakan oleh staf untuk menyediakan dan memfasilitasi penggunaan bahan-bahan yang diperlukan untuk memenuhi informasi penelitian, kebutuhan pendidikan dan rekreasi pengguna.
  8. S.R Ranganathan, Perpustakaan adalah lembaga publik atau lembaga yang ditugasi mengurus buku, membuat buku-buku tersebut dapat diakses oleh mereka yang membutuhkan penggunaannya.

Jenis Perpustakaan

Perpustakaan memiliki beragam macam, tergantung pada tujuan perpustakaannya, koleksi yang tersedia, masyarakat yang dilayani, badan atau pihak yang berwenang menyelenggarakan perpustakaan tersebut. IFLA (Internasional Federation of Library Association) membuat pengelompokkan jenis-jenis perpustakaan, yaitu sebagai berikut;

Perpustakaan Nasional (National Library)

Perpustakaan Nasional merupakan perpustakaan yang didirikan di ibukota negara dan merupakan perpustakaan induk dari semua jenis perpustakaan yang ada di negara tersebut. Untuk Negara kita, Indoneisa, Perpustakaan Nasional didirikan di Jakarta.

Perpustakaan Nasional memiliki beberapa fungsi, diantaranya yaitu sebagai;

  1. Pusat referensi nasional, Fungsi sebagai pusat referensi nasional menunjukkan bahwa perpustakaan nasional harus dapat menjawab pertanyaan apa saja, oleh siapa saja yang ada hubungannya dengan Indonesia.
  2. Perpustakaan deposit, Fungsi sebagai perpustakaan deposit menunjukkan bahwa perpustakaan nasional memiliki tugas dan bertanggung jawab dalam melestarikan seluruh penerbitan yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar negeri tentang Indonesia.
  3. Suatu badan yang menerbitkan Bibliografi Nasional, Bibliografi Nasional merupakan suatu daftar buku-buku yang ada di Perpustakaan Nasional Indonesia dan perpustakaan lain yang ada di Indonesia terbitan Indonesia dan tentang Indonesia. Bibliografi Nasional Indonesia tersebut juga disebarluaskan ke berbagai Instansi lain agar mereka bisa mengetahui koleksi yang ada di Pepustakaan Nasional.

Beberapa waktu yang lalu, Perpustakaan Nasional berada di bawah wewenang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, tetapi kini telah diakui sebagai lembaga Pemerintahan Non Departemen da bertanggung jawab langsung kepada pemerintah.

Perpustakaan Umum (Public Library)

Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang memiliki tugas untuk mengumpulkan, menyimpan, mengatur dan menyajikan bahan pustakanya untuk masyarakat umum. Penyelenggaraan perpustakaan umum dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa memandang latar belakang pendidikan, agama, adat istiadat, umur, jenis dan lain sebagainya.

Koleksi yang ada di perpustakaan Umum pun terdiri atas beraneka ragam bidang dan pokok masalah sesuai dengan kebutuhan informasi dari pemakainya. Perpustakaan Umum memiliki beberapa fungsi, diantaranya yaitu sebagai:

  1. Pusat informasi, yaitu untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat pemakai preservasi kebudayaan, yaitu perpustakaan memiliki fungsi untuk menyimpan dan menyediakan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan kebudayaan masa lampau, masa kini dan sebagai pengembangan kebudayaan di masa yang akan datang.
  2. Pengembangan pendidikan, yaitu untuk mengembangkan dan menunjang pendidikan non formulir diluar sekolah dan universitas dan sebagai pusat kebutuhan penelitian.
  3. Sarana rekreasi, yaitu dengan bahan-bahan bacaan yang bersifat hiburan perpustakaan umum dapat digunakan oleh masyarakat pemakai untuk mengisi waktu luang.

Perpustakaan Perguruan Tinggi (University Library)

Perpustakaan perguruan tinggi merupakan perpustakaan yang diselenggarakan untuk mengumpulkan, memelihara, menyimpan, mengatur, mengawetkan dan mendaya gunakan bahan pustakanya untuk menunjang pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Perpustakaan Perguruan Tinggi memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai;

  1. Jantung dari seluruh program pendidikan yang ada di Universitas, artinya yaitu perpustakaan harus bisa membantu dan menjadi pusat kegiatan akademis lembaga pendidikannya.
  2. Pusat alat-alat peraga untuk bahan pengajaran atau instructional material center
  3. Pelaksana pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi

Perpustakaan Sekolah

Pengertian perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang mengumpulkan, menyimpan, memelihara, mengatur dan mengawetkan bahan pustkanya untuk menunjang usaha pendidikan dan pengajaran di sekolah. Penggunanya adalah para siswa, tenaga pengajar dan staf sekolah lainnya.

Perpustakaan sekolah memiliki beberapa fungsi, diantaranya yaitu untuk;

  1. Menunjang kegiatan belajar dan mengajar.
  2. Sarana pengembangan bakat dan keterampilan.
  3. Pusat media sekolah.
  4. Sarana penelitian sederhana.
  5. Sarana rekreasi.

Perpustakaan Khusus (Spesial Library)

Perpustakaan khusus merupakan perpustakaan yang diselenggarakan oleh kantor atau instansi tertentu dengan tujuan untuk menunjang kegiatan kantor atau instansi dimana perpustakaan itu berada. Perpustakaan khusus memiliki beberapa fungsi, yaitu untuk:

  1. Keperluan perencanaan, penagambilan keputusan dan pemecahan persoalan.
  2. Kebutuhan riset dan pengembangan para staf yang terlibat dalam berbagai tugas penelitian dan pengembangan.
  3. Kepentingan pendidikan dan latihan yang diselenggarakan oleh kantor dan instansi tersebut.
  4. Tempat pemeliharaan dan perawatan dokumen dari kantor atau instansi yang bersangkutan.

Perpustakaan Wilayah

Perpustakaan wilayah merupakan perpustakaan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan berkedudukan di setiap ibu kota Propinsi, bertugas mengumpulkan serta melestarikan semua penerbitan daerah yang bersangkutan. Perpustakaan Wilayah memiliki beberapa fungsi yaitu;

  1. Sebagai perpustakaan referensi di wilayahnya.
  2. Perpustakaan deposit yang memiliki tugas untuk mengumpulkan semua penerbitan di daerahnya.
  3. Suatu badan yang bertugas membuat bibliografi
  4. Pusat kerjasama antar perpustakaan daerah
  5. Pemilik wewenang untuk membina perpustakaan-perpustakaan yang ada di daerahnya.

Perpustakaan Keliling

Pada dasarnya, perpustakaan keliling merupakan perluasan dari pelayanan perpustakaan umum. Dalam memberikan pelayanannya, perpustakaan keliling bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain dengan tujuan mengunjungi pemakai.

Perpustakaan keliling memiliki beberapa fungsi, diantaranya yaitu;

  1. Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di daerah, terutama di daerah pedesaan dan daerah terpencil.
  2. Pemerataan pengembangan pendidikan.
  3. Sebagai media penerangan bagi masyarakat
  4. Memasyatakatkan perpustakaan dadn minat baca di kalangan masyarakat

Tujuan Perpustakaan

Secara umum, perpustakaan bertujuan untuk menyediakan layanan perpustakaan yang berorientasi pada pengguna dengan memberikan layanan berkualitas tinggi yang secara efektif akan berkontribusi pada pengembangan wilayah melalui pemanfaatan berbagai media dan teknologi kontemporer, dan dengan demikian melayani kebutuhan informasi dan rekreasi melalui bacaan bagi semua orang, tanpa memandang ras, agama, jenis kelamin, kredo, atau usia.

Sedangkan secara lebih rinci perpustakaan bertujuan untuk membantu masyarakat dari segala umur dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melelui jasa pelayanan perpustakaan agar mereka dapat:

  1. Mendidik dirinya sendiri secara berkesimbungan
  2. Tanggap dalam kemajuan pada berbagai lapangan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik
  3. Memelihara kemerdekaan berfikir yang konstruktif untuk menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik
  4. Mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan dapat menggunakan kemempuannya untuk dapat menghargai hasil seni dan budaya manusia
  5. Meningkatkan tarap kehidupan seharihari dan lapangan pekerjaannya
  6. Menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dan dalam membina saling pengertian antar bangsa
  7. Menggunakan waktu senggang dengan baik yang bermanfaat bagi kehidupan pribadi dan sosial

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai materi pengertian perpustakaan menurut para ahli, jenis, dan contohnya yang ada di dalam kehidupan masyarakat. Semoga melalui artikel ini dapat memberikan wawasan serta menambah edukasi mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,