3 Pengertian Kesadaran Menurut Para Ahli, Jenis, dan Fungsinya

Diposting pada
Pengertian Kesadaran Menurut Para Ahli
Pengertian Kesadaran Menurut Para Ahli

Kesadaran pada hakekatnya memiliki arti atau definisi yang sama dengan mawas diri (awareness). Dimana proses pembentukan kesadaran ini sendiri menjadi hal terpenting dalam kehidupan manusia, hal ini di karenakan berkaiatan erat dengan pemikiran yang terpusat.

Bahakan dalam Ilmu psikologi, bahasan kesadaran didefenisikan sebagai tingkat kesiagaan individu pada saat ini proses terhadap proses terhadap rangsangan eksternal dan internal, artinya terhadap peristiwa-peristiwa lingkungan dan suasana tubuh, memori dan pikiran. Adapun untuk menjelasakan tentang kesadaran, berikut ini mengutib beberapa pengertian kesadaran menurut para ahli;

Pengertian Kesadaran

Kesadaraan adalah suatu tingkat kesiagaan individu pada saat ini terhadap stimulus internal dan eksternal. Yaitu terhadap peristiwa-peristiwa lingkungan dan sensasi tubuh, memori, dan pikiran.

Sehingga dalam pengertian ini tentusaja adalah kemampuan individu mengadakan hubungan dengan lingkungan serta diri sendiri (melalui panca indra lainya) dan mengadakan pembatasan terhadap lingkungan serta diri sendiri (malalui perhatian).

Pengertian Kesadaran Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian kesadaran menurut para pakar, berikut ini;

  1. Freud

Menurutnya, pengertian kesadaran adalah bagian kecil dari jalannya kehidupan psikis mahluk hidup, sehingga hubungan atau perbandingan antara kesadaran dan ketidaksadaran dalam kehidupan lebih banyak dilalui dengan ketidaksadaran.

  1. Carl Gustav Jung

Dalam pandangannya, kesadaran terbagi menjadi dari 3 macam, yang mana satu denga lainnya saling keterkaiatan, yaitu keasadaran, ketidakdasaran kolektif (collective unconscious), dan ketidaksadaran pribadi.

  1. Bucke

Sebagai salah satu ahli yang merupakan penggagas teori psikologi pertamakali, mendefinsiikan bahwa kesadaran manusia adalah bentuk realitas transpersonal yang bersifat terbuka, sehingga mampu melahirkan pandangan yang didasarkan pada pengalaman.

Jenis Kesadaran

Berikut jenis kesadaran dan penjelasannya. Antara lain;

  1. Kesadaran Pasif

Kesadaran pasif bisa diartikan sebagai bagian daripada proses bentuk kesadaran yang dilakukan mahluk hidup dalam menerima berbagai bentuk stimulus internal dan eksternal.

  1. Kesadaran Aktif

Kesadaran aktif  ialah suatu bentuk kesadaran yang dialami mahluk hidup dalam kehidupannya, yang mana ia selalu mencari, menelaah, dan menyeleksi padangan yang ada.

Fungsi Kesadaran

Kesadaran memiliki fungsi yang tidak boleh terpisahkan. Antara lain;

  1. Dapat digunakan dalam membuat keputusan, sehingga seseoarang dapat mengambil keputusan pergia atau tidak, bekerja atau tidak, melanjtkan pendidikan atau tidak.
  2. Dapat digunakan dalam mengarahkan atau mengendalikan tindakan merencanakan, memulai dan mengarahkan tindakan. Mesalnya dalam keadaan sadar seseoarang dapat melakukan kegiatan seperti membereskan ruangan, member obat, bahkan mengganti balutan.
  3. Dapat memantau prilaku penyesuaian prilaku. Dalam keadaan sadar seseoarang dapat menyiapakan diri bila menghadapi masalah, dan mencari jalan keluar terhadap suatu masalah, atau penyesuaian diri bila lingkungan terasa asing.

Demikianlah penjabaran tentang pengertian kesadaran menurut para ahli, jenis, dan fungsinya dalam kehidupan. Semoga dapat menjadi literasi atau pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang ‘Kesadaran”.

Rate this post