6 Tips Memilih Jurusan SBMPTN, No 3 Penting!

Diposting pada

Tips Memilih Jurusan SBMPTN– Bagi siapapun yang telah melakukan Ujian Nasional (UN) dan ingin melanjutkan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi, pastilah jalur SBMPTN menjadi jalur utama atau yang pertama dilakukan. Alasannya jalur SBMPTN menjadi pilihan utama karena di jalur ini peserta didik dapat memilih berbagai universitas negri atau perguruan tinggi negri yang diinginkan.

Selain itu pula kelebihan jalur SBMPTN yang lainnya adalah soal kesempatan beasiswa, ada beberapa beasiswa yang memberikan keleluasaan bagi mereka yang lolos dengan jalur SBMPTN, misalnya adalah beasiswa BBM (Bantuan Beasiswa Miskin) mensyartakan mahasiswa yang lolos bukan dari jalur mandiri atau pararel.

Oleh karena itu jalur SBMPTN sampai saat ini menjadi jalur masuk perguruan tinggi favorit di Indonesia. Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut IndoesiaStudent.Com akan mengulas lebih dalam apa yang dimaksud dengan SBMPTN.

SBMPTN

SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Berasma Masuk Perguruan Tinggi Negri yang dilakukan oleh pemerintah setelah SNMPTN Undangan. SBMPTN bisa diikuti oleh para lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat yang ada di Indonesia.

Karena bisa diikuti oleh seluruh lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat maka tak khayal kesempatan lolos pada tes SBMPTN ini tidak bisa diremehkan. Bukan hanya bergantung pada afktor kecerdasan semata akan tetapi juga tergantung dengan keberuntungan, ada siswa cerdas sering mendapatkan juara kelas tetapi pada kenyataannya setelah tes SBMPTN tidak lolos, dan ada pula siswa biasa saja dengan kemampuan biasa tapi bisa lolos SBMPTN di perguruan tinggi negri favorit.

Baca: 11 Tips Lulus SBMPTN Kedokteran

Lalu bagimana agar bisa lolos SBMPTN?, jawabannya tidak ada yang pasti. Akan tetapi sebagai gambaran dalam tes SBMPTN seseorang pelajar harus merumuskan strategi yang tepat, strategi ini kemudian di ulas oleh indonesiastudents.com sebagai Tips Memilih Jurusan SBMPTN.

Tips Memilih Jurusan SBMPTN


Beberapa tips memilih jurusan SBMPTN akan dijabarkan sebagai setrategi agar lulus SBMPTN. Berikut stategi memilih jurusan tersebut;

Pertimbangkan PS di Jurusan yang Akan Diambil

PS atau passing grade adalah tingkatan  pendaftaran yang ada disetiap tahunnya. Di passing grade tersebut akan terlihat keketatan daripada jurusan yang diambil. Disini sebagai gambaran umum kamu bisa memilih jurusan tersebut di pilihan pertama, karena pilihan pertama jika tidak lolos penilaiannya maka kalian bisa mendapatkan kesempatan di pilihan SBMPTN yang kedua. Baca: 5 Jurusan SBMPTN dengan passing grade tertinggi di Indonesia

Pahami Ketersediaan Jalur Mandiri di Jurusan yang Akan di Ambil

Setelah melihat pasing grade jurusan yang akan dimbil, langkah selanjutnya untuk tips memilih jurusan SBMPTN adalah melihat ketersediannya jurusan tersebut pada ajulur mandiri. Alasannya karena ketersediaan yang ada akan mempengaruhi tingkat penerimaan mahasiswa di jurusan yang diinginkan tersebut.

Jangan Ikutan Teman Memilih Jurusan

Perlu diwaspadai, mengikuti seorang teman dalam memilih jurusan saat tes SBMPTN adalah kesalahan besar. Mengapa menjadi kesalahan besar?, jawabnya karena kita dan teman kita akan menjadi pesaing memperebtkan kursi masuk di PTN. Selain itupula kemampuan teman dan kita sebagai pendafar sangatlah berbeda, oleh karennya kamu harus pahmi, jangan sampai memilih jurusan di PTN dengan mengikuti teman.

Konslutasi dengan Wali Kelas dan BK

Konsultasi ini seharusnya menjadi hal dasar dalam memilih tips memilih jurusan di PTN. Alasannya karena dengan konsultasi kepada wali kelas atau BK mereka akan menyarakan mana jurusan yang setidaknya bisa direkomendasikan, adapun jurusan yang direkomenasikan adalah jurusan yang sesuai dengan kemampuan kita selama belajar di sekolah.

Jangan Asal Memilih Jurusan di Pilihan 2 dan 3

Asal dalam memilih jurusan memang banyak sekali dilakukan oleh para pelajar yang telah lulus SMA/MA/SMK/Sederajat, alasan mereka asal memilih jurusan karena melihat bahwa jurusan yang diinginkan adalah jurusan pertama. Padahal jurusan pilihan ke 2 dan 3 sebenarnya adalah kesempatan yang tak beda jauh dengan pilihan 1.
Skama yang baik dalam memilih jurusan adalah melihat passing grade di setiap universitas yang ada. Dengan melihat passing grade kita dalam menggolongkan pilihan sebagaimana pilihan pertama misalnya passing gadenya 5,0 maka pilihan kedia 4,0 dan pilihan ketiga 2,3 begitulah seterusnya. Semakin menjadi pilihan akhir semakin rendah pasing garde yang akan diambil.

Jangan Terpaku dengan Jurusan di PTN Favorit Coba Melihat Jurusan di PTN yang lain.

Sampai saat ini PTN yang menjadi pilihan utama oleh para siswa adalah PTN yang ada di pulau jawa, seperti UGM, UI, UB, ITB, IPB, dan lain sebaginya. Padaha jelas saja jurusan di PTN tersebut memiliki pesaing yang amat sangat tinggi. Sebagai upaya mengantisipasi kegagalan dalam memilih jurusan, coba melihat PTN di luar pulau jawa untuk pilihan kedua dan ketiga. Misalnya ingin mengambil Jurusan Kedoteran di UGM maka pilihlah UGM sebagai pilihan pertama, setelah itu Jurusan Kedokteran di Unila, dan terakhir adalah Jurusan Kedokteran di Untan (universitas Tanungpura). Langkah seperti ini bisa diterapkan dalam memlih tips memilih jurusan SBMPTN.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai 6 tips memilih jurusan SBMPTN semoga dapat bermanfaat bagi para calon pendaftar sekaligus calon mahasiswa yang ingin masuk prguruan tinggi melalui tes SBMPTN. Trimakasih, baca uga artikel SBMPTN lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *