5 Pengertian Agresif Menurut Para Ahli

Diposting pada
pengertian agresif menurut para ahli
Pengertian Agresif Menurut Para Ahli

Arti agresif seringkali di sama artikan dengan agresi. Meskipun demikian sebenarnya ada sejumlah perbedaan terhadap agresi dan agresif. Perbedaannya jika agresif dipergunakan sebagai kata sifat, selain itu juga agresif dipergunakan lebih luas untuk menerangkan sejumlah prilaku yang terjadi pada seseorang atau sekelompok.

Bahkan menurut Koeswara (1988), sebagai ahli psikologi mengatakan jika sangatlah seluit untuk dibedakan, hal ini lantaran pengertian keduanya menjadi kabur untuk mengatagorikan mana agresif dan mana agresi. Meskipun demikian, dalam ulasan kali ini akan memberikan arti agresif secara umum dan arti agresif menurut para ahli.

Agresif

Agresif adalah bagian daripada penggambaran atas adanya tingkah laku yang dilakukan oleh inividu atau kelompok dalam melampiasan perasaan frustasi atau perlawanan yang ditunjukan untuk menghukum secara fisik maupun psikologis.

Fenomena-fenomena atau prilaku agresif ini sering terjadi di dalam lingkungan masyarakat, misalnya saja seorang remaja di dalam lingkungan sekolah yang masih menempuh pendidikan belum mampu mengontrol emosi mereka sehingga sering terjadi tawuran antara sekolah sampai menelan korban jiwa.

Pengertian Agresif Menurut Para Ahli

Adapun definisi agresif menurut para ahli, antara lain;

  1. Koeswara (1998)

Menurutnya, definisi agresi adalah tingkah laku yang dijalankan individu atau kelompok dengan tujuan melukai, menyakiti, atau mencelakakan pihak lainnya.

  1. Adriani (1985)

Arti agresif adalah bagian daripada pola tingkah laku berupa fisik atau verbal (perkataan) yang memiliki tujuan untuk melukai pihak lain.

  1. Agresif dalam Psikologi dan Ilmu Sosial

Pengertian agresif pada dasarnya merujuk pada tingkah laku atau prilaku yang memiliki tujuan untuk membahayakan objek lain (orang lain) dengan motif utamanya keinginan menyakiti pihak lain, baik secara fisik, non fisik, atau secara instrumental (Ibid, Hal 17).

  1. Barbara Krahe (2001)

Arti agresif ialah segala sesuatu dalam bentuk tindakan maupun perbuatan yang dilakukan oleh inividu untuk menyakiti orang lain

  1. Strickland

Menurutnya, agresif adalah segala tindakan yang dilakukan dengan niat untuk melukai, menyakiti orang orang alain agar orang lain tersebut mengalami penderitaan atau kerugian.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat dilakukan jika agresif adalah bagian daripada bentuk perbuatan yang dilakukan dengan tujuan melakui pihak lain (orang lain) sehingga ia mengalami kerugian atau kehancuran. Adapun sebagai tindakan tersebut biasanya dilakukan dalam bentuk fisik dan non fisik, seperti perkatan dan lain sebaginya.

Demikianlah pengertian agresif menurut para ahli, semoga dengan adanya pengertian ini dapat memberikan pemahaman bagi para pembaca yang sedang mencari literasi tentang arti agresif.

Rate this post