Cara Membayar SBMPTN Lewat ATM Terlengkap

Diposting pada

Cara Membayar SBMPTN– Era modern saat ini apapun bisa dilakukan secara elektronik dan online. Begitupula dengan pendaftaran SBMPTN yang bisa dilakukan secara online sehingga siapapun bisa mendaftar SBMPTN baik dimanapun dan kapanpun.

Baca: 6 Kesalahan Yang Menjadi Penyebab Kamu Gagal SBMPTN

Membayar SBMPTN sebenarnya sangat mudah sekali bukan. Bayangkan saja jika pendaftaran SBMPTN menggunakan loket, adapa berapa puluh ribu loket yang harus melayani pendaftar SBMPTN? Jadi beruntunglah pendaftar yang dapat menggunakan media internet.

Kalian sudah mendaftar tapi belum tau cara bayarnya? Eit, kalian berarti belum terhitung terdaftar sebagai peserta SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri) karena pendaftaran yang kalian lakukan itu adalah pendaftaran awal untuk mendapatkan PIN dan KAP

Setelah melakukan pendaftaran awal kalian akan mendapat PIN dan KAP tetapi belum dapat kalian gunakan, mengapa? Klaian harus membayar dahulu, kemana? Ke Bank BNI atau Mandiri. Harus ke bank? Tidak, kalian dapat juga membayarnya melalui ATM terdekat. Bagaimana caranya? Simak cara- cara di bawah ini, indonesiastudents.com akan mengulas lebiah dalam tentang cara membayar SBMPTN lewat ATM.

Cara Membayar SBMPTN Lewat ATM

Pada dasarnya yang akan dicontohkan disini, adalah pendaftaran SBMPTN lewat ATM Madiri dan BNI. Akan tetapi bisa juga dilakukan diseluruh ATM yang dimiliki, berikut caranya;

Cara Bayar SBMPTN Melalui ATM Mandiri


Pertama: Masukan PIN ATM Kalian, Kemudian Masuk Menu Bayar

Kedua: Pada Menu Bayar, Selanjutya Kalian Pilih Menu Pendidikan

Ketiga:  Selanjutnya Kalian Masukan Kode Perusahaan atau Instansi (Jika SBMPTN, kodenya 10000)

Keempat: Setelah itu Masukan 11 Digit Kode Bayar yang ada di Slip Pembayaran yang Kalian Dapatkan Setelah Melakukan Pendaftaran Awal

Kelima: Setelah itu masukan 11 digit kode bayar yang ada dislip pembayaran yang kalian dapatkan setelah melakukan pendaftaran awal.

Keenam: Setelah kalain masukan 11 digit angka tersebut pilih item pembayaran, ketikan nomor yang ada di sebelah kirim, setelah itu tekan ya.

Ketujuh: Setelah itu akan muncul menu konfirmasi, periksa kembali nama dan KAP kalian jika sudah benar tekan YA

Kedelapan: Transaksi yang kalian lakukan sudah selesai dan tunggu struk dari ATM tersebut keluar yang akan menjadi bukti bayar kalian.

Demikinalah untuk cara membayar SBMPTN melalui ATM Mandiri atau cara bayar SBMPTN melewati ATM Bank Mandiri, adapun untuk proses pembayaran jika peserta didik menggunakan ATM BNI adalah sebagai berikut;

Cara Bayar SBMPTN Lewat ATM Bank BNI


Pertama: Masukan PIN ATM BNI kalian, lalu pilih menu lainnya;

Kedua: Kemudian, kalian pilih menu pembayaran

Ketiga: Selanjutnya, kalian pilih menu berikutnya

Keempat: Setelah itu, kalian pilih menu Universitas

Kelima: Pada menu Universitas, kalian pilih SBMPTN

Ketujuh: Sama seperti ATM lainnya, Masukan 11 digit Kode Pembayaran yang kalian dapat pada pendaftaran awal.

Kedelapan: Cek kembali nama dan KAP yang kalian miliki apakah sudah sesuai atau belum, jika sudah tekan YA

Kesembilan: Slip akan keluar setelah kalian menakan Ya, ambil slip sebagai bukti pembayaran kalian

Demikianlah cara membayaran SBMPTN melalui ATM Mandiri maupun BNI, dan juga berlaku pada ATM apapun baik BRI, BCA, atau yang lainnya. Tidak sulit bukan? Jelas tidak, jangan sampai hal yang mudah seperti ini kalian tidak bisa atau menyuruh orang lain melakukannya. Setelah kalian melakukan pembayaran, selanjutnya kalian lakuan login dan melakukan pendaftara data diri kalian. Trimakasih, baca juga artikel SBMPTN Lainnya: