4 Pengertian Penelitian Deskriptif Menurut Para Ahli, 5 Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Penelitian Deskriptif Menurut Para Ahli

Metode penelitian deskriptif diakui ataupun tidak, banyak dipergunakan oleh seorang peneliti dalam kepenulisan karya tulis ilmiah. Baik skripsi, makalah, jurnal, ataupun lainnya. Namun yang pasti, jikalau dipergunakan dalam kepenulisan tesis dan desertasi haruslah dikorelasikan dengan metode penelitian lainnya. Yang bisa dengan survai, eksperimen, dan lainnya.

Di luar hal tersebut, tak kalah pentingnya juga mengerti sekaligus mengetahui terkait definisi penelitian deskriptif menurut para ahli, ciri, dan contohnya.

Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif madalah metode yang menggambarkan terkait dengan karakteristik variabel yang akan diteliti. Sehingga riset ini sendiri disebut sebagai metode penelitian observasional karena tidak ada variabel dalam penelitian yang dipengaruhi selama proses penelitian.

Namun pastinya, arti penelitian deskriptif tidak cocok dengan definisi metodologi penelitian kuantitatif atau kualitatif, tapi sebaliknya, dapat memanfaatkan unsur-unsur dari keduanya, sehingga seringkali dalam penelitian yang sama.

Penelitian Deskriptif Menurut Para Ahli

Adapun definisi penelitian deskriptif menurut para ahli, antara lain;

  1. Sugiyono (2005)

Metode deskriptif penelitian yang biasa dipergunakan untuk menggambarkan ataupun mampu menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Sehingga tujuan penggunannya tidak terlepas daripada penggambaran secara sistematis terkait dengan objek dan subjek yang akan diteliti.

  1. Whitney (1960)

Metode penelitian deskriptif adalah serangkaian pencarian fakta dengan penganalisisan interpretasi yang tepat. Sehingga objek studi penelitian berusaha mendeskripsikan suatu gejala sosial dan peristiwa yang terjadi pada saat sekarang atau masalah aktual.

  1. Nazir (1988)

Definisi penelitian deskriptif adalah suatu bentuk metode dalam meneliti terkait dengan adanya status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, sistem pemikiran, ideologi, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa yang terjadi saat ini.

  1. Poco Budi Sulistyo (2019)

Pengertian penelitian deskriptif adalah riset terkait dengan proses melakukan pengamatan yang cermat dan dokumentasi terperici terkait dengan beragam fenomena yang akutual. Tentusaja haruslah dijalankan sesuai dengan metode ilmiah.

Ciri Penelitian Deskriptif

Sedangkan ciri-ciri yang ada dalam penelitian deskriptif. Antara lain;

  1. Keberadaan variabel, Melakukan penelitian deskriptif, perlu diketahui terlebih dahulu variabel-variabel yang akan dianalisis, karena jenis penelitian ini tidak didedikasikan untuk pencarian variabel, tetapi untuk mempelajari variabel penelitian tersebut.
  2. Informasi kuantitatif, Dalam kebanyakan kasus, penelitian deskriptif mendapatkan data tentang kuantitas, bukan kualitas. Meskipun demikian, ada juga kemungkinan untuk memperoleh data kualitatif.
  3. Kebenaran – Seperti dalam semua jenis penelitian, data yang disediakan oleh penelitian deskriptif harus akurat dan reliabel.
  4. Klasifikasi informasi, Penelitian deskriptif dapat digunakan untuk mengklasifikasikan data yang dikumpulkan dalam penelitian yang sedang dilakukan, kemudian memisahkannya ke dalam kategori deskripsi yang berbeda.
  5. Desain penelitian, Biasanya, desain cross-sectional atau transeksional adalah yang paling banyak digunakan untuk melakukan penelitian jenis ini, meskipun dimungkinkan juga untuk menggunakan desain pra-eksperimental.

Contoh Penelitian Deskriptif

Sedangkan untuk contoh adanya penelitian deskriptif misalnya saja;

  1. Opini Penonton MotoGP Mandalika 2022

Dimana dalam contoh riset ini sendiri dilakukan untuk mampu menganalisis adanya opini yang berkembang di masyarakat terkait dengan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 di Indonesia. Mulai dari tanggapan yang positif sampai dengan negatif.

Pastinya, tidak luput daripada hal tersebut adanya penelitian ini juga menelaah fenomena pawang hujan yang terjadi dalam penyelenggaraan balapan motor terbesar di Indonesia tersebut.

Nah, demikinalah penjelasan yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian penelitian deskriptif menurut para ahli, ciri, dan contohnya. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Rate this post