7 Pengertian Bencana Alam Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Bencana Alam Menurut Para Ahli dan Contoh Bencana Alam

Pengertian Bencana Alam Menurut Para Ahli dan Contohnya

indonesiastudents.com– Indonesia adalah negara yang rawan akan bencana alam. Hal ini diungkapkan karena secara geografis Indonesia menjadi negara kepulauan yang terletak di antara pertemuan empat lempeng tektonik yakni, lempeng Benua Asia, Benua Australia, lempeng Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Alasan tersebut menjadikan Indonesia rawan bencana alam, seperti gempa bumi, gunung meletus, tsunami, dan lain sebaginya. Meskipun begitu tak jarang banyak diantara kita kurang mengerti tentang definisi atau pengertian bencana alam, oleh karenanya pada ulasan kali ini indonesiastudents.com akan memberikan pengertian bencana menurut para ahli;

Pengertian Bencana Alam


Bencana alam adalah serangkain kejadian yang terjadi di alam, kejadian tersebut dianggap mengancam perkembangan dan populasi manusia sehingga diperlukan suatu bentuk penanganan bencana yang meliputi analis dampak bencana terhadapa masyarakat dalam hal ekonomi, lingkungan, infrastruktur, keuangan, pemerintahan, dan pendidikan.

Sedangkan pengertian para ahli, mengenai definisi bencana alam atau pengertian bencana alam, adalah sebagai berikut;

Pengertian Bencana Alam Menurut Para Ahli


Kamadhis UGM (2007).

Bencana adalah serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh gejala-gejala alam, sehingga peristiwa tersebut mengakibatkan kerugian materi, korban jiwa, dan kerusakan lingkungan.

Kamus  Besar  Bahasa  Indonesia KBBI)

Menurut KBBI, definisi bencana alam adalah sesuatu hal yang menimbulkan atau menyebabkan penderitaan dan kerugian.

Purwadarminta (2006)

Bencana alam ialah suatu bencana yang terjadi di alam.

Undang-Undang  Nomor 24 th 2007

Bencana alam adalah serangkaian peristiwa  yang menjadi ancam stabilitas kehidupan manusia, baik yang disebabkan oleh alam atapun non alam.

Diva (2014)

Bencana alam adalah peristiwa yang terjadi di alam yang kenyataannya dapat dampak besar bagi populasi perkembangan mahluk hidup, baik manusia, tumbuhan, ataupun hewan.

Qoria (2014)

Bencana alam adalah seraingkain peristiwa yang berakibat mengancam populasi dan perkembangan manusia.

WHO (2002)

Menurutnya, bencana adalah kejadian yang mengakibatkan kerusakan, hilangnya nyawa manusia, gangguan ekologis, atau memburuknya derajat kesehatan pada suatu skala tertentu sehingga mengudang respon dari luar masyarakat.

Dari 7 pengertian bencana alam menurut para ahli diatas, dapat diakatakan jika bencana alam adalah fenomena alam yang dianggap sebagai hal yang negatif, karena menyebabkan kerusakan terhadap lingkungan, ataupun perkembangan mahluk hidup.

Sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai uraian tentang bancana alam, berikut akan dijabarkan pula contoh-contoh bencana alam;

Contoh Bencana Alam


  1. Contoh bencana alam geologis, seperti tsunami, tanah longsor, gunung merapi, dan alins segainya.

  2. Contoh bencana alam klimatologis, seperti banjir, adanya angin puting beliung, dan lain sebaginya.
  3. Contoh bencana alam ekstra-terestrial-Impact, misalnya saja suatu bentuk hantaman atau benda dari angkasa luar.

Demikianlah pemebhasan mengenai pengertian bencana alam menurut para ahli dan contohnya lengkap. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang encari refrensi mengenai “Bencana Alam”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 4+ Pengertian UMKM Menurut Para Ahli dan Penghambat UMKM Lengkap
  2. [Terbaru} Pengertian UMKM, Kriteria, Klarifikasi, dan Contohnya Lengkap
  3. 3+ Pengertian Platform Menurut Para Ahli Lengkap
  4. 6 Pengertian E-Commerce Menurut Para Ahli Lengkap