Pengertian Diferensiasi Sosial Menurut Para Ahli, 5 Bentuk dan Contohnya

Diposting pada
Pengertian Diferensiasi Sosial Menurut Para Ahli
Pengertian Diferensiasi Sosial Menurut Para Ahli

Diferensiasi sosial pada hakikatnya menjadi salah satu bahan pembelajaran terpenting dalam kehidupan bermasyarakat, yang kita kenal setiap arti kelompok sosial memiliki lapisan-lapisan tertentu dalam kehidupannya.

Diferensiasi sosial sendiri berasal dari Bahasa Inggis yakni deferent yang memiliki makna perbedaan atau segala bentuk klasifikasi terhadap perbedaan. Sebagai penjelasan lebih lanjut di dalam tulisan ini akan menguraikan tentang pengertian diferensiasi sosial menurut para ahli, bentuk dan contohnya.

Diferensiasi Sosial

Diferensiasi sosial diakui ataupun tidak menjadi bagian daripada proses sosial dalam bentuk pembedaan masyarakat ke dalam kelas sosial yang bisa didasarkan pada kebudayaan yang ada. Sehingga dalam hal ini membentuk pola interaksi yang berbeda. Namun dalam satu tingkatan.

Pengertian Diferensiasi Sosial

Diferensiasi sosial adalah serangkaian pengelompokan warga masyarakat secara horizontal yang berdasarkan kesamaan terhadap berbagai ciri tertentu yang ada pada kemajemukan sosial, seperti ras, etnis, klen, dan agama sehingga tidak adanya pembedaan yang berarti.

Pengertian Diferensiasi Sosial Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi diferensiasi sosial menurut para ahli. Yaitu;

  1. Soerjono Soekanto, Diferensiasi sosial adalah variasi pekerjaan yang berkaitan dengan prestise inidvidu atau kelompok dalam kehidupan bermasyarakat.

Bentuk Diferensiasi Sosial

Adapun untuk jenis diferensiasi sosial di masyarakat. Antara lain;

  1. Diferensiasi RAS

Diferensiasi RAS adalah diferensiasi sosial yang berdasarkan pada kesatuan yang terdapat pada asal muasal manusia. Menurut Ralph Linton ada tiga RAS utama di dunia ini, yaitu RAS mongoloid, Negroid, dan Kaukasoid. Diferensiasi RAS ini terjadi karena adanya kondisi geografis dan iklim yang berbeda, faktor makanan, dan faktor perkawinan atau amalgamasi.

  1. Diferensiasi Suku Bangsa

Diferensiasi suku bangsa adalah defrensiasi atau perbedaan manusia berdasarkan suku bangsa yang ada pada suatu wilayah.

Diferensiasi suku bangsa ini muncul biasanya dilandasi dengan suatu bentuk persamaan antarsuku bangsa, yang meliputi dasar kehidupan sosial yang sama kekerabatan, asas hak atas tanah yang sama, asas hukum ada yang sama, dan lembaga adat istiadat yang sama (bentuk perserikatan alami)

  1. Diferensiasi Klen

Deferensiasi klen adalah diferensiasi yang dilandasi pada faktor keluarga atau kerabat. Diferensiasi klen ini merupakansuatu pandangan terhadap religio magis (kepercayaan), kesatuan geologis (keturunan),  dan tradisi. Bentuk klen yang harus kita pahami ada 2, yaitu klen atas garis keturunan ibu (matrilineal), dan klen atas garis keturunan bapak (patrilineal)

  1. Diferensiasi Agama

Defrensiasi Agama adalah perbedaan atau penggolongan tingkatan manusia berdasarkan pada agamanya, agama itu sendiri meliputi emosi keagamaan, sistem keyakinan terwujud dalam pemikiran,, upacara keagamaan, tempat ibadah, umat agama dan masyarakat.

  1. Diferensiasi Profesi

Diferensiasi profesi adalah bagian daripada sistem pengelompokan berdasarkan jenis pekerjaan yang berkaitan dengan keterampilan khusus yang dimiliki oleh seseorang. Contoh yang melekat pada diferensiasi ini misalnya adalah Profesi sebagai guru

  1. Diferensiasi Jenis Kelamin

Diferensiasi jenis kelamin adalah pembagian berdasarkan kepemilikan organ genital, sehingga pada jenis deferensiasi ini tidak ada tingkatan yang berarti antara perbedaan seorang berjenis kalamin laki-laki dan perempuan dalam kehidupan.

Contoh Diferensiasi Sosial

Contoh yang bisa dijabarkan dalam diferensiasi sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Dokter dan Buruh Tani

Berkaitan dengan sesuatu yang tidak menunjukkan bahwa satu individu lebih tinggi dibandingkan individu lain. Sehingga anggapan tersebut memunculkan pada tindakan atau pandangan seseorang yang dianggap lebih tinggi dari orang lain. Contohnya seorang dokter lebih tinggi dari seorang buruh tani atau pria lebih tinggi daripada wanita, semuanya diaggap sama karena memiliki fungsi dan perannya masing-masing, adapun untuk tingkatan kemampuan dan kwaltiasnya antara dokter dan petani diapahas dalam bentuk stratifikasi sosial.

Demikialah pembahasan atas pengertian diferensiasi sosial menurut para ahli, bentuk, dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari literatur mengenai “Diferensiasi Sosial”.

Rate this post