Pengertian Teks Editorial/Tajuk Rencana, Isi, dan Cara Menulisnya

Diposting pada

Pengertian Teks Editorial

Teks editorial disebut juga dengan dengan sebutan tajuk rencana bisa dikatakan salah satu pilar yang melandasi seseorang untuk menulis sebuah karya tulis ilmiah, baik itu arti esai, opini, atau yang lainnya. Meskipun begitu tak jarang diantara kita kurang begitu mehami tentang pengertian editorial, isi editoriat atau tajuk rencana, dan cara menulis tajuk rencana.

Oleh karenanya atas landasan uraian di atas. Tulisan ini selanjutnya akan mencoba memberikan gambaran seputar ulasan tentang pengertian editorial atau tajuk rencana beserta dengan isi yang ada di dalamnya.

Teks Editorial/Tajuk Rencana

Teks editorial ataupun tajuk rencana dapat diartikan sebagai pandangan redaksi terhadap peristiwa aktual, fenomenal, dan kontroversial yang terjadi di dalam negeri maupun luar negeri yang ditulis dalam penerbitan pers, surat kabar, dan majalah.

Pengertian Teks Editorial

Teks editorial adalah sistem kepenulisan yang tidak dicantumkan nama penulis karena editorial pandangan redaksi terhadap isu, bukan pandangan penulis. Dengan demikian, tidak ada kata “saya” dalam editorial. Opini yang ditulis redaksi diasumsikan mewakili redaksi sekaligus mencerminkan pendapat dan sikap resmi media yang bersangkutan.

Pengertian Teks Editorial Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi teks editorial menurut oara ahli, antara lain;

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Teks editorial adalah karangan pokok di dalam surat kabar, majalah, dan lain sebagainya.
  2. Dja’far H Assegaf, Definisi teks editorial adalah sistem pengulasan secara lengkap mengenai fakta atau opini yang ditulis secara singkat, logis, serta menarik dipelajari. Yang mana tujuannya tak lain untuk memberikan dampak mengenai suatu berita
  3. Aris Sumadiria, Arti teks editorial adalah bagian daripada sistem kepenulisan dalam arti opini yang berisi aspirasi, pendapat, dan sikap.

Macam Isi Editorial

Dalam editorial atau tajuk rencana di dalamnya harus memiliki, hal-hal sebagai berikut:

  1. Analisis, persepsi, dan konklusi dari redaktur terhadap permasalahan yang sedang terjadi, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah, kritik dan saran atas permasalahan, dan harapan redaksi atas peran serta pembaca
  2. Uraian berupa fakta dan opini di dalamnya tersusun secara sistematis, logis, dan menarik yang bertujuan untuk membentuk opini publik
  3. Pada editorial kadang terdapat juga ramalan atau prediksi juga analisis kondisi yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi serta meneruskan penilaian moral mengenai berita tersebut

Cara Menulis Editorial

Cara menulis editorial bisa dilakukan dengan menerapkan formula SPECS. Yang artinya SPECS adalah sebagai berikut:

  1. State the situation: menentukan sejak awal isu atau masalah yang ingin ditampilkan.
  2. Position: menentukan posisi redaksi terhadap masalah itu.
  3. Evidence: jika telah menentukan posisi diperkuat dengan bukti yang jelas.
  4. Conclude: menyimpulkan.
  5. Solution: memberikan jalan keluar atas isu yang ditulis.

Dari  uraian atas ulasan mengenai pengertian editorial atau tajuk rencana, isi yang harus ada dalam editorial, serta cara menulis editorial yang baik. Dapat dikatakan bahwa esensi sebuah editorial sebagai berikut:

  1. Editorial merupakan pendirian redaktur terhadap masalah yang aktual di bidang  politik, ekonomi, sosial, budaya, dan lain sebagainya.
  2. Editorial merupakan pandangan redaktur yang berkaitan dengan nilai moral.
  3. Editorial bertujuan memberikan penjelasan berita paling penting;
  4. Editorial merupakan prediksi redaktur atas peristiwa yang akan terjadi.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian teks editorial atau tajuk rencana menurut para ahli, isi, dan cara menulisakannya, semoga dapat bermanfaat. Bagi siapapun yang sedang atau akan mempelajari tentang editorial.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.