2 Contoh Fermentasi di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada
Contoh Fermentasi
Contoh Fermentasi

Fermentasi diakui ataupun tidak, sejatinya menjadi istilah yang cukup sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, oleh karenanya dalam tulisan ini kami akan menjebarkan mengenai pengertian fermentasi dan contoh fermentasi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Fermentasi

Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel dalam keadaan anaerobik (tanpa oksigen). Sehingga secara umumnya fermentasi diartikan sebgai salah satu upaya daripada respirasi anaerobik. Akan tetapi meskipun demikian setidaknya terdapat definisi yang lebih jelas yang mendefinisikan fermentasi, yaitu respirasi dalam lingkungan anaerobik dengan tanpa akseptor elektron eksternal yang ada.

Contoh Fermentasi

Contoh yang lazimnya dapat kita temui dalam kehidupan yang kita alami, ialah;

  1. Gula

Adanya gula yang dipergunakan sebagi bahan yang umum dalam fermentasi. Beberapa contoh hasil fermentasi ini adalah etanol, asam laktat, dan hidrogen dan komponen lain dapat juga dihasilkan dari fermentasi seperti asam butirat dan aseton.

Reaksi yang dapat ditimbulkan di dalam fermentasi berbeda-beda tergantung pada jenis gula yang digunakan dan produk yang dihasilkan. Glukosa (C6H12O6) melalui fermentasi akan menghasilkan etanol (2C2H5OH). Reaksi fermentasi ini dilakukan oleh ragi dan digunakan pada produksi makanan. Adapun reaksi kimia yang terjadi adalah sebagai berikut: C6H12O6 → 2C2H5OH + 2CO2 + 2ATP    ∆H = -118 kJ/mol.

  1. Tapai Singkong

Tapai tanaman singkong menjadi salah satu bagian daripadanya adanya fermentasi di masyarakat. Tape ini sendiri sangatlah digemari ketika ada kegiatan ataupun hajatan, oleh karena alasan itulah maka wajar saja jikalau setiap pembuatannya membutuhkan fermentasi.

Demikianlah tulisan mengenai pengertian fermentasi dan contohnya lengkap. Semoga saja dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat bagi segenap pembaca yang sedang mendalami tentang istilah “Fermentasi”. Trimakasih.

4.1/5 - (11 votes)