6 Pengertian Globalisasi, Dampak, Dan Pengaruhnya Lengkap

Diposting pada

6 Pengertian Globalisasi, Dampak, Dan Pengaruhnya Lengkap

Pengertian Globalisasi, Dampak, dan Pengaruhnya

indonesiastudents.comGlobalisasi pada hekaketanya menjadi istilah yang familiar sekaligus seringkali ditemukan diberbagai jenis ilmu pengetahuan, istilah ini menurut para pakar dimulai tahun 1000 dan 1500 Masehi saat pedagang Cina dan India (jalur sutera) menjajahi seluruh belahan dunia. Hingga pada fase selanjutnya perkembangan globalisasi dilakukan oleh penguasaan muslim atas jalur perdagangan

Globalisasi identik dengan kemajuan tanpa menciptakan batasan-batasan tertentu, baik wilayah, negara, waktu, atau lain sebaginya. Sebagai penjelasan lebih lanjut, di dalam tulisan ini indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian globalisasi, dampak, dan pengaruh, baik secara teknologi, keterbukaan informasi, ekonomi, ataupun budaya.

Pengertian Globalisasi


Globalisasi adalah Istilah yang berkaitan dengan peningkatan keterkaitan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya popular dan bentuk interaksi lainnya. Globalisasi dikenal memiliki 2 teori besar, yakni teori globalis posistif/optimis dan teori globalis pesimis tradisionalis.

Sedangkan pengertian globalisasi menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli


Selo Soemardjan

Globalisasi adalah sebuah suatu proses terbentuknya sistem komunikasi dan organisasi antar masyarakat yang ada diseluruh dunia.

Nayef al Rodhan

Globalization is a process that encompasses the causes, course, and consequences of transnational and transcultural integration of human and non-human activities.” atau proses yang meliputi menyebabkan dan menimbulkan penggabungan antar bangsa berdasarkan aktivitas manusia dan dari non-manusia (Definitions of Globalization: A Comprehensive Overview and a Proposed Definition, 2006).

Laurence E. Rothernberg

Menurutnya, definisi globalisasi adalah suatu bentuk percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara setiap individu yang berbeda-beda wilayah atau geografis.

Anthony Giddens

Globalisasi adalah hubungan sosial yang merekatkan terhadap hubungan natar duania tanpa adanya batas, sehingga dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Arti globalisasi adalah suatu bentuk proses mengenai hubungan setiap manusia yang dapat mengintegrasikan hubungan tanpa jarak (sekat).

Robertson

Globalisasi adalah anggapan masyarakat lokal bahwa pengaruh global dan mengubahnya menjadi yang cocok dan dapat diterima oleh lokal percampuran budaya lokal dan asing.

Baca: 17 Pengertian Masyarakat Multikultural dan Cirinya Menurut Ahli Lengkap

Dari 6 pengertian globalisasi menurut para ahli diatas, baik dari Indonesia ataupun dari para pakar internasional dapat disimpulkan bahwa globalisasi adalah sebuah proses dimana batas-batas dalam suatu negara menjadi bertambah sempit karena adanya kemudahan dalam berinteraksi antar negara baik perdagangan, gaya hidup, informasi maupun dalam bentuk interaksi yang lain.

Ciri-Ciri Globalisasi


Dari berbegai ulaan mengenai definisi globalisasi dapat dikatakan bahwa globalisasi memiliki ciri sebagai berikut;

  • Bidang Ilmu Pengetahahuan dan Teknologi, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi salah satu cirri terjadinya globalisasi. Alasan ini diungkapkan karena dengan adanya kemajuan pada bidang pengetahuan dan teknologi masyarakat semakin mudah untuk melakukan transaksi ataupun komunikasi.
  • Bidang Agama
  • Bidang Politik dan Ideologi
  • Bidang Ekonomi, ciri ini dapat dilihat ketika sebuah masyarakat pada saat ini mengelami kerjasama antar wilayah atau Negara di dalam bidang perdangan.

Dampak Globalisasi


Setidaknya ada 2 dampak yang ditimbulkan dari globalisasi, diantaranya;

Dampak Positif Globalisasi


  • Terciptanya lapangan pekerjaan yang semakin luas, hal ini lantaran masyarakat tidak hanya bisa bekerja di dalam negri akan tetapi juga di luar negri

  • Mengalami kemajuan dalam bidang teknologi dan komunikasi yang sangat pesat
  • Meningkatnya berbegai sisi pembangunan karena adanya investor yang menamankan bisnisnya

Dampak Negatif Globalisasi


  • Urbanisasi, hal ini lantaran masyarakat banyak melakukan perpindahan dari berbegai wilayah

  • Kesenjangan sosial ekonomi, menjadi efek negatif globalisasi karena kalah dalam berkompetisi atau tidak menjadi produktif
  • Pencemaran Lingkungan, yang biasanya disebabkan kekuarangsadaran masyarakat di zaman globalisasi ini untuk menjaga kesetabilan alam.
  • Kriminalitas
  • Kenakalan Anak, menjadi efek negatif globalisasi karena anak cederung suka mengadopsi budaya Negara lain daripada mengadopasi budayanya sendiri

Pengaruh Globalisasi


Globalisasi kini sudah menyebar ke segala sektor dengan segala kelebihan dan kekurangannya, adapun menurut para pakar setidaknya ada 4 garis besar yang dipengaruhi atau terpengaruh oleh globalisasi, antara lain :

Teknologi


Aspek pertama adalah teknologi informasi. Informasi pada era globalisasi ini -yang sudah didukung oleh perkembangan teknologi – memiliki ciri dapat menyebar secara luas dalam waktu yang relative singkat. Jika kita membandingkan kecepatan penyebaran informasi dulu dan sekarang, didapati bahwa saat dulu, untuk menyamaikan kabar -misal menggunakan surat- butuh waktu yang cukup lama, sedangkan di era globalisasi ini, hanya dibutuhkan waktu beberapa detik dengan internet untuk dapat menyebarkan informasi.

Informasi


Ciri berikutnya adalah keterbukaan informasi, yaitu untuk mengakses suatu informasi yang akurat dapat dilakukan dengan mudahnya. Jika dulu kita mengakses informasi di perpustakaan daerah, sekarang kita bisa mengakses informasi tersebut di perpustakaan daring via telepon genggam.

Pertumbuhan Jumlah Pengguna Internet di Indonesia

pengaruh globalisasi
Sumber : Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII, 2016)

Melihat gambar di atas, jumlah pertumbuhan masyarakat yang menggunakan internet merupakan sebuah grafik eksponensial yang memiliki arti pertumbuhan yang terjadi sangat cepat, masif, dan dalam kurun waktu singkat. Tercatat saat 2015, sudah 139 juta penduduk atau sekitar setengah dari jumlah penduduk total Indonesia yang sudah menggunakan internet.

Ekonomi


Kegiatan ekonomi juga merupakan salah satu faktor yang sangat dipengaruhi dari adanya globalisasi. Globalisasi membuat batas batas geografi antar negara menjadi samar, sehingga muncullah ketertarikan antara ekonomi nasional dengan ekonomi internasional. Bisa dilihat dari adanya pasar pasar bebas yang dibentuk di dunia, dari  mulai Asean Economic Community (AEC), North America Free Trade Area (NAFTA), dan Central America Free Trade Area (CAFTA). Bentuk bentuk pasar bebas di dunia ini, di satu pihak memudahkan adanya aliran barang (goods), supply keinginan, distribusi tenaga kerja, dan aliran modal (capital) yang berasal dari dalam negeri menuju luar negeri, begitu juga sebaliknya. Munculnya kesempatan akan kemudahan aliran inilah yang bisa menjadi pisau bermata dua bagi Indonesi, karena jika pemerintah salah dalam menentukan kebijakan ekonominya sedikit saja, akan berdampak pada runtuhnya perekonomian nasional, dan berimbas pada turunnya nilai tukar rupiah pada jangka pendek, dan hiperinflasi pada jangka panjang.

Globalisasi ekonomi merupakan perpaduan dari perekonomian negara negara menjadi satu perekonomian global, yang bersambung menjadi jalinan kerjasama yang saling bergantung dan bertaraf internasional.

Budaya


Aspek terakhir yang dipengaruhi oleh globalisasi adalah budaya. Kebudayaan atau budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang di suatu komunitas, nilai nilai yang dipegang oleh setiap anggota dari komunitas tersebut, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Pada era globalisasi ini, sudah jarang dijumpai kebudayaan di masyarakat terutama di masyarakat perkotaan. Jika anda berada di Jakarta misalnya, sudah sangat jarang ditemukan jajanan khas betawi, disamping Jakarta merupakan kota metropolitan yang memang tempat berkumpulnya banyak orang dari luar Jakarta. Selain jajanan di Jakarta, ondel ondel, dan festival palang pintu yang sangat melekat akan betawi mulai ditinggalkan disamping palang pintu merupakan upacara menyambut pengantin yang dilamar. Selain di Jakarta-misalnya di daerah pedalaman seperti Mamuju, Sulawesi Barat- dimana kota tersebut merupakan ibukota provinsi dan merupakan kota pesisir yang sangat kental akan budaya suku bugis, Makassar dan dayak, namun dikarenakan adanya globalisasi, kebudayaan dari suku suku tersebut mulai ditinggalkan.

Demikianlah berbagai pembahasan mengenai pengertian globalisasi menurut para ahli, dampak, dan pengaruhnya, adalah benar bahwa globalisasi secara langsung atau tidak langsung, sadar atau tidak sadar telah mengubah pola kehidupan masyarakat kita. Globalisasi pun memberi dampak ke hampir semua segmen masyarakat, baik lokal maupun global tanpa terkecuali, dan budaya merupakan faktor yang sangat dipengaruhi oleh adanya globalisasi. Semoga bermanfaat, trimakasih atas kunjungannya jangan lupa baca juga: 5 Pengertian Pertanian Organik Menurut Para Ahli Lengkap