2+ Pengertian Herbarium Menurut Ahli dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Herbarium Menurut Ahli dan Contoh Tumbuhan Herbarium

pengertian Herbarium menurut para ahli

indonesiastudents.comHerbarium pada dasarnya berasal dari istilah “hortus dan botanicus” yang memiliki arti kebun botani. Herbarium lebih dikenal untuk pengawetan berbagai macam tumbuhan. Akan tetapi herbarium juga biasanya digunakan untuk mengenal dan mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan. Untuk tumbuhan yang memiliki batang besar bagian tertentu saja yang dijadikan herbarium, seperti bagian daun, bunga atau akar.

Baca: 5 Pengertian Pertanian Organik Menurut Para Ahli Lengkap

Herbarium pertama  kali dipergunakan oleh Turnefor pada tahun 1700. Saat itu ia membuat herbarium untuk tumbuhan obat yang dikeringkan sebagai koleksi.Pada perkebmbangan selanjutnya, Luca Ghini Professor Botani di Universitas Bologna melakukan herbarium dengan mengeringkan tumbuhan di bawah tekanan dan juga melekatkannya di atas kertas pada tahun 1490 sampai tahun 1550.

Meskipun herbarium sampai saat ini mengalami perkembangan yang signifikan tak jarang banyak diantara kita kurang memahami pengertian herbarium, oleh karena itu indonesiastudents.com akan mengulas pengertian herbarium dan contohnya.

Pengertian Herbarium


Herbarium adalah partikel padatan yang dihasilkan oleh tumbuhan baik secara alami maupun nonalami yang diproses dengan pemecahan bahan yang dikeringkan dari bagian daun, bunga dan akar. Sehingga mampu memberikan informasi terbaik mengenai klarifikasi berbagai tumbuhan.

Sedangkan menurut para ahli, salah satunya Ramadhanil (2003), fungsi herbarium adalah sebagai bahan peraga tentang pelajaran atau menjadi bahan penelitian agar dapat membantu mengidentifikasikan tanaman sebagai bukti keanekaragaman Specimen.

Para ahli lainnya, herbarium dibuat dari spesimen yang telah dewasa, tumbuhan tersebut juga tidak terserang hama, kerusakan fisik atau penyakit lainnya. Tumbuhan berhabitus pohon dan semak disertakan ujung batang, bunga, daun, dan buah, sedang tumbuhan berbentuk herba disertakan disertakan diseluruh habitus. Herbarium kering dipergunakan untuk spesimen yang mudah dikeringkan, misalnya herbarium kering dimanfaatkan seperti daun, bunga, batang, dan akar, sedangkan herbarium basah dipergunakan untuk spesimen yang berair atau lembek, misalnya buah (Setyawan, 2005).

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa herbarium diterapkan atau dilakukan untuk tujuan ilmiah atau dalam upaya mengidentifikasi jenis-jenis kanduangan dalam tumbuhan tersebut. Adapun contoh tanaman yang bisa dibuat herbarium, antara lain;

Contoh Tanaman Herbarium


  • Tanaman Obat Alami, seperti temulawak, jahe, kunyit, lengkuas, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian herbarium menurut ahli dan contohnya lengkap. Semoga dengan adany pembahasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari definisi, arti, atau literasi tentang “Herbarium”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga:

 

2+ Pengertian Herbarium Menurut Ahli dan Contohnya Lengkap
5 (100%) 1 vote