Pengertian Ide Pokok dan Unsur Paragraf Lengkap

Diposting pada

indonesiastudents.com– Ide pokok adalah istilah yang tak lagi asing bagi kita, sebab disetiap pelajaran Bahasa Indonesia, baik ditingkatan SD, SMP, SMA, atau perguruan tinggi selalu tak lepas daripada ulasan mengenai ide pokok. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini, indonesiastudents.com akan mencoba memberikan pembahasan mengenai pengertian ide pokok dan usur-unsur ide pokok.

Pengertian Ide Pokok


Ide pokok dapat diarikan sebagai salah satu unsur paragraf yang menjadi hal pokok yang diungkapkan dalam paragraf dan menjadi inti dari keseluruhan isi paragraph yang dituliskan. Sebutan lainnya untuk ide pokok, yaitu gagasan pokok, pokok pembicaraan, pokok pikiran, pikiran utama, gagasan utama, gagasan inti, dan inti masalah.

Cara mengetahui ide pokok dalam paragraf sebenarnya sangatlah mudah, dimana ide pokok tersebut dapat diketahui secara eksplisit dan implisit dalam kalimat pokok.  Secara eksplisit  maksudnya terdapat pada kalimat inti (inti subjek dan inti predikat) yang terdapat di kalimat pokok atau kalimat utama.

Unsur-Unsur Paragraf Lainnya Selain Ide Pokok

Setelah kita mengulas pengertian ide pokok, selanjutnya tulisan ini akan mencoba untuk mengulas lebih dalam tentang unsur-unsur paragraf lainnya selain ide pokok. Diantranya adalah sebagai berikut:

Topik dan tema
Topik berasal dari kata Bhasa Yunani, yaitu topoi  yang berarti tempat. Topik diartikan sebagai pokok pembicaraan karangan. Tema berasal dari kata Yunani tithenai ‘menempatkan’. Tema diartikan sebagai suatu perumusan yang dijadikan landasan penyusunan karangan.

Kalimat Pokok
Kalimat pokok adalah kalimat inti suatu paragraf yang pernyataan di dalamnya merupakan gagasan menyeluruh yang dapat mewakili pernyataan-pernyataan lain dalam paragraf itu. Sebutan lain untuk kalimat pokok, yakni kalimat utama atau kalimat topik.

Ciri-ciri kalimat utama atau kalimat topik adalah sebagi berikut:


  • Biasanya dapat ditemukan ide pokok.

  • Berisi permasalahan yang potensial (topik) untuk diuraikan lebih lanjut.
  • Kalimat pokok adalah kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri.
  • Kalimat pokok mempunyai arti yang jelas tanpa dihubungkan kalimat lain.

Gagasan Penjelas
Gagasan penjelas dapat diartikan sebagai gagasan yang peranan atau fungsinya menjelaskan ide pokok. Oleh karena itulah gagasan penjelas selalu terdapat di dalam kalimat penjelas.

Kalimat Penjelas
Kalimat penjelas adalah kalimat yang mendeskripsikan kalimat utama. Di dalam kalimat penjelas bisa diketahui gagasan penjelas.

Ciri-ciri Kalimat Penjelas sebagai berikut:


  • Makna atau arti kalimat penjelas akan jelas jika dihubungkan dengan kalimat lain dalam suatu paragraf.

  • Pembentukan kalimat penjelas dengan menggunakan kata penghubung (konjungsi).
  • Isi kalimat penjelas tentunya menjelaskan dan mendukung kalimat pokok.

Judul
Judul dapat diartikan sebagai bagian wacana atau paragraf yang memayungi karangan. Judul biasa disebut juga titel, predikatif, atau kepala karangan.

Syarat-syarat judul, antara lain sebagai berikut:


  • Harus sesuai dengan isi: dengan membaca sebuah judul, pembaca sudah
    mempunyai gambaran terhadap isi karangan.

  • Provokatif: judul memengaruhi pembaca untuk segera membaca isi karangan.
  • Sensasional: judul dibuat berbeda untuk menarik minat pembaca
  • Singkat: berbentuk frasa mudah diingat. Jika judul dibuat panjang kurang
    mendapat perhatian pembaca.
  • Logis dan spesi¬k: judul haruslah masuk akal dan spesi¬k.

Pungtuasi
Pungutasi adalah paragraf atau wacana haruslah menggunakan tanda baca.


Demikianlah ulasan mengenai ide pokok, cara mencari ide pokok, dan juga syarat paragraf lainnya dari ide pokok. Yang meliputi topik atau tema, kaliamat penjelas, judul, gagasan penejelas, dan lain sebaginya. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mempelajari hal ini dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Trimakasih, baca juga artikel lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *