2 Pengertian Kanker Menurut Para Ahli dan 3 Faktor Penyebabnya

Diposting pada
Pengertian Kangker Menurut Para Ahli
Pengertian Kanker Menurut Para Ahli

Penyakit kanker adalah jenis penyakit yang timbul akibat pertumbuhan tidak normal sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia.

Pada tahun 2012 sendiri setidaknya, sekitar 8,2 juta kematian disebabkan oleh kanker.secara nasional prevalensi penyakit kanker pada penduduk semua umur di Indonesia tahun 2013 sebesar 1,4% atau diperkirakan sekitar 347.792 orang terkena kanker.

Kanker

Diakui ataupun tidak, salah satu upaya pencegahan penyakit kanker adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Disamping dengan berolahraga yang rutin, pola makan juga harus dijaga. Disisi lainnya juga perlu untuk memperbanyak mengkonsumsi buah yang mengandung antioksidan yang tinggi, salah satunya adalah mengkonsumsi buah anggur.

Pengertian Penyakit Kanker Menurut Para Ahli

Adapun definisi kanker menurut para ahli, antara lain;

  1. WHO (2009)

Kanker adalah  istilah umum untuk satu kelompok besar penyakit yang dapat mempengaruhi setiap bagian dari tubuh.

Istilah lain yang digunakan adalah tumor ganas dan neoplasma. Salah satu fitur mendefinisikan kanker adalah pertumbuhan sel-sel baru secara abnormal yang tumbuh melampaui batas normal, dan yang kemudian dapat menyerang bagian sebelah tubuh dan menyebar ke organ lain. Proses ini disebut metastasis. Metastasis merupakan penyebab utama kematian akibat kanker.

  1. National Cancer Institute (2009)

Kanker adalah suatu istilah untuk penyakit dimana sel-sel membelah secara abnormal tanpa kontrol dan dapat menyerang jaringan disekitarnya.

Faktor Penyebab Kanker

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab penyakit kangeker, yaitu;

  1. Faktor Geografik dan Lingkungan

Karsinogen lingkungan banyak ditemukan dilingkungan sekitar. Contohnya seperti sinar matahari., dapat ditemukan terutama diperkotaan, atau terbatas pada pekerjaan tertentu. Hal tertentu dalam makanan dilaporkan mungkin merupakan faktor prediposisi. Termasuk diantaranya merokok dan konsumsi alkohol kronik.

Secara nasional prevalensi penyakit kanker pada penduduk semua umur di Indonesia tahun 2013 sebesar 14% atau diperkirakan sekitar 347.792 orang. Provinsi D. I. Yogyakarta memiliki prevalensi tertinggi untuk penyakit kanker, yaitu sebesar 4,1%.

Berdasarkan estimasi jumlah penderita kanker Provensi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Timur merupakan Provinsi dengan estimasi penderita kenker terbanyak, yaitu sekitar 68.683 dan 61.230 orang.

  1. Usia

secara umum, frekuensi kanker meningkat seiring pertambahan usia. Hal ini terjadi akibat akumulasi mutasi somatik yang disebabkan oleh berkembangnya neoplasma ganas. Menurunnya kompetensi imunitas yang menyertai penuan juga mungkin berperan.

  1. Hereditas

Saat ini terbukti bahwa pada banyak jenis kanker, terdapat tidak saja pengaruh lingkungan tetapi juga predisposisi herediter. Bentuk herediter kanker dapat dibagi menjadi tiga kategori.

Sindrom kanker herediter,  pewarisan satu gen mutannya akan sangat meningkatkan resiko terjangkitnya kanker yang bersangkutan. Predisposisinya memperlihatkan pola pewarisan dominan autosomal.

Kanker familial, kanker ini tidak disertai fenotipe penanda tertentu. Contohnya mencakup karsinomada kolon, payudara, ovarium, dan otak. Kanker familial tertentu dapat dikaitkan dengan pewarisan gen mutan.

Demikianlah bahasan mengenai pengertian kanker menurut para ahli dan faktor penyebabnya lengkap. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi setaip pembaca yang memerlukan literasi tentang “Kanker”.

5/5 - (1 vote)