8 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli, Contoh, dan Cirinya [Lengkap]

Diposting pada

Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli

Indonesiastudents.comKearifan lokal harus senantiasa dijaga, ditengah derasnya arus globalisasi yang biasanya ditandai dengan perkembangan teknologi dan informasi. Sebab kearifan lokal dianggap mampu untuk meningkatkan dan mempertahankan karakter bangsa. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini, indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian kearifan lokal, contoh, dan cirinya.

Pengertian Kearifan Lokal

Pengertian kearifan lokal adalah pandangan hidup dan ilmu pengetahuan serta berbagai  strategi kehidupan yang berwujud aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat lokal dalam menjawab berbagai masalah dalam pemenuhan kebutuhan mereka. Dalam bahasa asing arti kearifan lokal sering juga dikonsepsikan sebagai kebijakan setempat “lokal wisdom” atau pengetahuan setempat “lokal knowledge” atau kecerdasan setempat “lokal genious”.

Definisi ini sangat dekat kaitannya dengan kebudayaan yang ada di wilayah-wilayah tertentu, termasuk di Indonesia yang memiliki banyak masyarakat dari berbagai sisi kebudayaan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Bahkan karena kondisi ini Indonesia disebut sebagai salah satu negara yang memiliki banyak masyarakat multikutural. Selengkapnya, baca; Pengertian Masyarakat Multikultural dan Cirinya Menurut Ahli

Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian kearifan lokal  menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

Rahyono (2009)

Menurutnya, kearifan lokal merupakan kecerdasan manusia yang dimiliki oleh kelompok etnis tertentu yang diperoleh melalui pengalaman masyarakat. Artinya, kearifan lokal disini adalah hasil dari masyarakat tertentu melalui pengalaman mereka dan belum tentu dialami oleh masyarakat yang lain.

UU No. 32/2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolahan Lingkungan Hidup.

Dalam UU Bab: I Pasal I Butir 30, definisi kearifan lokal adalah nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat antara lain melindungi dan mengelolah lingkungan hidup secara lestari, definisi ini diungkapkan sebagai salah satu aturan dalam menjaga kelestraian lingkungan hidup.

Apriyanto (2008)

Arti kearifan lokal adalah berbagai nilai yang diciptakan, dikembangkan dan dipertahankan oleh masyarakat yang menjadi pedoman hidup mereka, pedoman ini bisa tergolong dalam jenis kaidah sosial, baik secara tertulis ataupun tidak tertulis. Akan tetapi yang pasti setiap masyarakat akan mencoba mentaatinya.

Kamus Inggris-Indonesia

Pengertian kearifan lokal terdiri dari 2 kata yaitu kearifan (wisdom) dan lokal (local). Local berarti setempat dan wisdom sama dengan kebijaksanaan. Dengan kata lain maka local wisdom dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan, nilai-nilai pandangan-pandangan setempat yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya.

Paulo Freire (1970)

Menurutnya, pendidikan berbasis kearifan lokal adalah pendidikan yang mengajarkan peserta didik untuk selalu konkret dengan apa yang mereka hadapi. Hal ini sebgaimana Paulo Freire, seorang filsuf pendidikan dalam bukunya Cultural Action for Freedom (1970), menyebutkan dengan dihadapkannya pada problem dan situasi konkret yang dihadapi, peserta didik akan semakin tertantang untuk menanggapinya secara kritis. Oleh karena itu di perlukan adanya integrasi ilmu pengetahuan dengan kearifan lokal. Selengkapnya, baca; Pengertian dan Tujuan Strategi Pembelajaran Berdasarkan Kearifan Lokal

Warigan (2011)

Menurutnya, nilai-nilai yang ada kearifan lokal di Indonesia sudah terbukti turut menentukan kemajuan masyarakatnya. Kemajuan ini di dasarkan pada pemahaman mengenai kearifan lokal di Indonesia yang tidak tertutup dan mau untuk menerima perubahan sosial yang ada di negara-negara maju.

Al Musafiri, Utaya & Astina (2016)

Dalam penelitian yang dilakukan, menyebutkan bahwa kearifan lokal Using memiliki peran untuk mengurangi dampak globalisasi dengan cara menanamkan nilai-nilai positif kepada remaja. Penanaman nilai tersebut didasarkan pada nilai, norma serta adat istiadat yang dimiliki setiap daerah.

Sibarani (2012)

Pengertian kearifan lokal merupakan suatu bentuk pengetahuan asli dalam  masyarakat yang berasal dari nilai luhur budaya masyarakat setempat untuk mengatur tatanan kehidupan masyarakat atau dikatakan bahwa kearifan lokal adalah bentuk budaya warisan yang ada di dalam kehidupan masyarakat.

Dari 8 pengertian kearifan lokal menurut para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa materi kearifan lokal dan bahasannya ialah suatu bentuk kearifan setempat. Jadi kearifa lokal dapat dipahami sebagai gagasan dan pengetahuan setempat yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik dan berbudi luhur, yang dimilki, dipedoman dan dilaksanakan oleh seluruh anggota masyarakat.

Ciri-Ciri Kearifan Lokal

Ada beragam ciri dari kearifan lokal, antara lain sebagai berikut;

Warisan

Sejatinya, kearifan lokal yang berkembang di dalam kehidupan masyarakat adalah bentuk warisan peradaban yang dilakukan secara terus menerus dari generasi, ke genarasi. Keariwan lokal ini bisa dikatakan contoh kebudayaan di Indonesia yang memberikan nilai dan norma dalam kehidupan manusia.

Pengendalian Sosial

Ciri kedua yang melakat pada kearifan lokal ini adalah anggapan bahwa kehidupan manusia akan mampu untuk mengendalikan berbagai pengaruh dari luar, pengaruh ini bisa disebabkan karena adanya tekanan dalam globalisasi di dalam kehidupan mayarakat. Selengkapnya, baca; Pengertian Globalisasi, Dampak, Dan Pengaruhnya 

Dekat dengan Nilai dan Moral Masyarakat

Ciri ketiga dari earifan lokal biasanya adalah karektristiknya yang menyangkut nilai dan moral pada masyarakat setempat. Keadaan ini disesuaikan dengan rutinitas dalam kehidupan masyarakat, dengan adanya adat dan kebiasan masyarakat akan menganggapnya sebagai aturan.

Tidak Tertuliskan

Ciri kearifan lokal yang penting diketahui adalah tidak tertulisakan namun tetap diakui sebagai kekayaan dalam berbagai segi pandangan hukum. Ciri ini diungkapkan sebagai wawasan bahwa kearifan lokal yang ada di dalam masyarakat sebagai salah satu unsur kebudayaan.

Dekat dengan Masyarakat

Karektritik selanjutnya, mengenai adanya kearifan lokal ialah bentuk sifatnya yang melakat pada seseorang berdasarkan pada asalnya. Sifat ini bisa memberikan pengaruh postif sebagai salah satu identitas yang tidak bisa dihilangkan, baik dalam bahasa, pergaulan, dan lain sebaginya.

Contoh Kearifan Lokal

Beragam contoh mengenai kearifan lokal, antara lain;

Bahasa Daerah

Contoh kearifan lokal, Bahasa Gorontalo sebagai bahasa ibu di daerah sendiri bisa saja punah. Menurut data yang ada, dari 7 ribu bahasa di dunia, separuh diantaranya akan punah. Terkait hal ini, UNESCO berpendapat bahwa bahasa bahasa daerah di Indonesia juga dalam bahaya, sekitar 140 bahasa daerah terancam kepunahan

Tarian Daerah

Contoh kearifan lokal lain adalah tarian tradisional Gorontalo yakni dana-dana. Dahulu di kerajaan Gorontalo tarian ini hanya bisa dimainkan oleh pasangan suami istri ataupun saudara, tujuannya untuk menjaga keaslian dan norma-norma agama.

Namun berdasarkan fakta sekarang, tarian ini lebih menonjolkan fanatisme. Karena telah dimainkan oleh remaja laki-laki dan perempuan secara berpasangan. Selain itu gerakan asli dari tarian ini pun telah dikurangi dan dikombinasikan menjadi dana-dana kreasi yang dikemas dengan gerakan caca. Parahnya lagi, mayoritas remaja meninggalkan tarian ini dan lebih mengadopsi tarian modern seperti hip hop, breakdance juga harlem shake.

Musik Daerah

Contoh kearifan lokal selanjutnya alat musik daerah. Di Gorontalo sendiri alat music daerah seperti polopalo yang terbuat dari bambu kuning justru berada diambang jurang kehancuran. Faktanya remaja lebih memilih gitar akustik dan sejenisnya sebagai alat musik mereka. Hal ini membuat remaja Gorontalo berdalih bahwa polopalo hanyalah alat musik yang dimainkan oleh kakek-nenek dan kami anak muda tidak butuh! (W/RT/29 Oktober 2016). Mereka juga takut dicap kuno, cupu, tidak gaul dan tidak keren ketika memainkan alat musik tersebut. Padahal polopalo merupakan alat musik yang unik dan suara yang dihasilkan pun sangat khas dan indah.

Budaya panthungi lo Hulonthalo (pantun dengan berbahasa Gorontalo).

Contoh kearifan lokal terakhir adalah budaya panthungi lo Hulonthalo (pantun dengan berbahasa Gorontalo). Budaya ini kerap dimainkan saat penyambutan orang yang memiliki pangkat, kedudukan/jabatan tinggi seperti lurah pada prosesi pernikahan. Namun akhir-akhir ini diketahui bahwa sudah banyak prosesi pernikahan di Gorontalo yang tidak sesuai dengan adat, hematnya sudah menghilangkan budaya ini dan tergantikan dengan pernikahan yang bergelar modern

Dari berbagai penjelasan diatas, dapatlah dikatakan jika kearifan lokal sangatlah diperlukan pada saat ini,  apalagi dizaman globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat  dikhawatirkan dapat menyebabkan kecintaan pada nilai budaya lokal perlahan memudar. Agar eksistensi budaya tetap kokoh, maka kepada generasi penerus perjuangan bangsa perlu ditanam rasa cinta akan kebudayaan lokal khususnya daerah.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Kebudayaan, Unsur, Sifat, dan Manfaatnya
  2. Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli
  3. Proses Perubahan Sosial Budaya dan Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian kearifan lokal menurut para ahli, contoh keraifan lokal, dan ciri-ciri kearifan lokal. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “keraifan lokal”. Trimakasih,